D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Mei 2024

14

TRIP BELARUS: MINSKLUX APARTMEN, PENGINAPAN DI PUSAT KOTA MINSK

rekomendasi penginapan di belarus

TRIP BELARUS: MINSKLUX APARTMEN, PENGINAPAN DI PUSAT KOTA MINSK ~ Ladies Trip kali ini, bisa dibilang yang booked tiket dan cari penginapan selama di sana, ya semuanya aku 😄. Rata-rata kalau akomodasi, hunting melalui OTA (Online Travel Agent),  Booking.com.

 

Apartemen kami selama di Azerbaijan dan Georgia berhasil ter-booking dari sana. Tapiiiii masalah muncul pas cari penginapan di Belarus, ga nemu cyiiin 😅. Karena ya itu tadi, efek dari sanction yang negara ini trima, susaaaah mau book tiket pesawat, atau hotel yang berkaitan dengan Belarus atau semua sanctioned countries.

 

Aku tuh sempat yaa booked tiket dari Azerbaijan ke Belarus, pakai BELAVIA AIR melalui website maskapainya langsung. Awalnya lancar, tapi giliran bayar pakai CC, langsung reject 🤣. Karena ternyata ga ada metode payment dari bank mana pun  yang bisa diproses kalo tujuannya ke Belarus. 

 

Solusi dari maskapai, transfer manual lewat bank, ditunggu sampe 4 hari kerja. Baru nanti tiket akan diissued ..

 

Ya ga bisa jugaaa beeeib, lah mau pake metode kartu atau manual dari bank transfer tetap akan ditolak , ataaaaau kalo pun bisa dijalankan, bakal lamaaaa, karena akan minta approval ke mana-mana. Ini pengalaman ku kerja di operasional HSBC selama 13 tahun yaa🤣. Jadi walau maskapainya mau nunggu 4 hari, tetap ga akan bisa itu 🤣

 

Akhirnya terpaksa pakai maskapai Azerbaijan Airlines. 

 

 

 

HUNTING OTA YANG BISA BOOKING AKOMODASI DI BELARUS 

Naaah, urusan penginapan Belarus, muter otak lagi ceritanya 😅. Agoda, dan Booking.com ga ada samasekali. Blaaas zero pilihan.

 

Traveloka ada, tapi sedikiiiit pilihan. Ga strategis pula.

 

Tiket.com agak lumayan banyak, tapi setelah bandingkan harga, mahal jatuhnya.

 

Barulah pas ubek-ubek Trip.com, langsung legaaaaa. Ga jadi ngemper hahahahaha. Pilihannya banyaaak, harga lebih murah daaaan pembayaran bisa di hotel/apartemen. 

 

Jadiiii, setelah baca banyaaaak referensi tentang hotel di Minsk, mana yang rekomen, dan lokasi WAJIB strategis, akhirnya aku putuskan stay di Minsklux Apartmen. 

 

Bagian depan penginapan MINSKLUX APARTMEN di tengah kota Minsk. Pintu merah itu entrancenya

rekomendasi penginapan di minsk belarus

 

Salah jaket, jadi nyaru kan ama pintu ;p

penginapan yang bagus dan aman di belarus minsk

 

 

 

 

KENAPA  MEMILIH MINSKLUX APARTMEN SAAT LIBURAN KE BELARUS?

Reviewnya banyak menyatakan   kalau apartemen ini bagus, strategis, deket stasiun MRT, kemana-mana enak, dan bahkan sampai di review khusus dalam postingan salah satu blogger luar. Makin mantap lah aku membooking ini.

 

Pembayaran dilakukan begitu  sampai apartemen. Yang bikin seneng, owner-nya, Andrei,  langsung email menanyakan jam berapa kami akan tiba, dan butuh sopir buat jemput ga?

 

Tentulaaaah ga ditolaaaaak tawarannya 😄😍. Kalo di Azerbaijan kami menolak dijemput driver, tapi Belarus wajiiib diterima. 

 

Secara ini negara bekas Sovyet, dulunya sistem diktator, kena sanction pula, daaaaan kami sampe jam 2 pagi waktu Belarus. Ga mungkin lah di tengah winter minus belasan derajat Celcius kami dorong koper cari taxi lewat 🤣. 

 

Ofkors lah tawaran si owner untuk menjemput dengan bayaran lumayan mahal tetap kami ambil 🤣. Sekali jemput EUR 50 beib 🤣🤣🤣. Ini ongkos taxi paling mahal yang pernah aku bayar selama trip ku kemana pun  sih 😂. Ya sudahlaah yaaaa. Daripada kenapa-kenapa di negara bekas Sovyet yeee 😄

 

Selesai urusan imigrasi yang bikin pucet karena ditanyain hal sama sampe 30 menit, kami akhirnya bisa kluar dan ketemu si driver. Baik banget orangnya. Tinggi besar, tapi ramaaah. 

 

 

Baca: Drama di Minsk Internasional Airport 

 

 

Dia bantu bawa koperku dan Fara, yang sizenya berat dan besar dengan 2 tangan kayak enteng bener, padahal kami berdua udah ngos-ngos an bawanya 😅. 

 

Jalanan menuju apartemen banyak tertutup es, jadi walau pun sepiii dan cocok buat balap liar kalau di Jakarta, di sini mah mobil tetep jalan dengan speed aman 😄. Ga lucu kalo sampe ban nyelip gara-gara   es . Yang bikin kami happy ketika masuk mobil, musik yang disetel lagu-lagu barat akhir 90an 😄. Musik kami banget laaah 🤣. 

 

 

 

KEJUTAN KEDUA DI MINSKLUX  APARTMEN

45 menit kemudian, mobil pun tiba di Minsklux Apartmen. Karena gelap, jujurnya belum bisa melihat sekeliling saat itu. Lagian kami ngantuk dan capek luar biasa. 

 

Driver bantu turunin semua koper, dan mulai buka pintu utama. Kami bersiap di belakang sambil pegang koper. Tadinya aku mau bawa sendiri koperku yang gede, tapi si driver kekeuh dia aja yang bawa.

 

Ternyata itu karena, ga ada lift cyiiiiiiiiiin menuju kamar kami di lantai 5 🤣🤣🤣🤣🤣🤣. Aku ama mba Fara udah misuh-misuh merasa tertipu 😂. Tapi salah kami sih, yang ga cek detiiiil tentang bangunannya. 

 

pagi-pagi buta disuruh naik ke lantai 5 sambil gotong koper hahahaha

rekomendasi penginapan di belarus

 

 

Nasib baik si driver mau bawain koperku yang segede gaban dengan berat 19 kg ke atas lantai 5 🤣. Kalo ga,  bisa bengek eikeh sampe kamar 😅.

 

Jujurnya, pas lihat tangga yang kami lewati, firasat ku udah mulai buruk sih , soalnya kok serem amat yaak, ga kayak bayangan di foto hahahaha.

 

 

 

BIAYA MENGINAP DI MINSKLUX APARTMEN

Sesampai di lantai 5, driver kasih tahu nomor pin ruangan dan pass key yang harus ditempel untuk membuka pintu. 

 

Untuk masuk butuh passkey dan pin

apartmen aman di minsk belarus

 

 

Di dalam kamar, kami selesaikan urusan pembayaran hotel dan jemputan bandara barusan. 

 

Total biaya yang kami bayar untuk menginap  4 hari  di Minsklux Apartmen sebesar USD 238 + EUR 50 untuk biaya jemput dari bandara. Berhubung kami belum tukar uang Rubel, jadi bayarnya pake USD semua. Trus si driver ga ada kembalian USD, terpaksa balikin dalam Rubel 😂😂

 

Mbuhlaah rate nya berapa. Aku percaya aja, yang penting ada kembalian hahahaha. 

 

Dan nantinya si driver ini akan jemput kami lagi di hari terakhir untuk diantarkan kembali ke bandara , dengan bayaran sama, EUR50. 

 

Pokoknya selama di Belarus kami memang ga tertarik naik kendaraan umum. Suhu minus sambil gotong koper di negara yang kami ga kuasai jalannya? No, thank you 🤣. Mending bayar mahal buat supir tapi aman 😄

 

 

 

KAMAR STUDIO BUAT BERTIGA, MINSKLUX APARTEMEN, BELARUS

Setelah si driver pulang, barulah mata ini bisa melihat keselurahan kamar. Setelah sebelumnya  dapat apartemen 2 kamar yang klasik elegan di Luxor Apartemen Baku, dengan harga lebih murah juga, jujur kami rada menciut excitement nya saat melihat kamar studio Minsklux ini. 

 

Pertama, penerangan kamar remang-remang, lampu ga bisa benar-benar terang maksimal,  dan ruangan berbentuk U. Jadi begitu masuk pintu, langsung ketemu kamar mandi, tempat tidur queen, lalu sofa bed, dan di depan sofa bed langsung dapur. Ga ada meja makan. 

 

Aku sampe lihat ulang foto di Trip.com . Samaaaa sih ruangannya, tapi bedanya di foto terlihat terang benderang, kenapa kenyataan  bagai hemat listrik, Beib???? 😂

 

area kamar tidur

penginapan di minsk belarus dekat city center

 

Sofabed untuk mba Fara

apartmen bagus dan murah di minsk belarus

 

 

Ini mah kayak foto cewe dan cowo yang suka pake filter, terlihat cantik glowing  padahal aslinya  butek 🤣

 

Aahhhh sebeeel aku 😅. Tapi dahlaah, nasi terlanjur jadi bubur kan. Sekarang kami harus modifikasi toppingnya supaya bubur ini tetep enak 😄.

 

Untungnya sih, walo tampilan beda dari foto, namun tempat tidur dan sofa bed nyaman banget. Bersih, dan hangat. Penghangat ruangan menyala di dekat sofa bed, jadi mba Fara milih tidur di sana.. Aku mah sejauh mungkin ga bakal tidur dekat heater 🤣. 

 

sudut ruangan untuk menggantung jaket

penginapan bagus di pusat kota minsk belarus

 

TV yang samasekali tidak kami hidupkan

penginapan rekomendasi di minsk belarus

 

 

 

 

KAMAR MANDI YANG LEBIH LUAS DARI KAMAR 😂

Kayak biasa, aku tuh wajiiiib mandi mau secapek apapun sebelum tidur. Dipaksain tidur tanpa mandi juga ga bakal bisa. Badan dah auto gelisah kalo tidur dalam kondisi kotor. 

 

Jadi langsung buka koper, ambil baju, trus masuk kamar mandi, yang ternyataaa, luaaaas looh 🤣. Malah lebih luas dari area kamar 😅.

 

penginapan di minsk yang bagus dan bersih

 

 

Di dominasi putih, ada  toilet tanpa bidet, lalu mesin cuci, heated hanging racks untuk menjemur pakaian, wastafel, dan shower room yang semburan airnya manteeep banget 😍👍. Air panas bikin otot badan yang tadinya  capek langsung lemes terasa. Sabun dan shampo lengkap tersedia, juga enaaak wanginya ❤️. 

 

Sampe-sampe mba Fara ngomong, ‘gw tidur di kamar mandi aja bisa ga, nyaman banget’ 😅. Terserah elu mba 🤣

 

 

 

DAPUR KECIL TAPI LENGKAP

Hari pertama, kami bertiga lelap  sampai subuh, lalu lanjut tidur lagi sampai jelang siang. 

 

Karena sedang winter matahari baru terbit sekitar pukul 9-10 pagi di Minsk, Belarus. 

 

Aku pun baru bangun begitu denger suara klentang klentong yang ternyata berasal dari mba Fara yang mau masak sarapan 😄.

 

apartmen studio di minsk belarus

 

 

 Iyeees kami selalu bagi tugas kalo sedang traveling. Aku selalunya ngurus segala tiket dan hotel, trus bersih-bersih kamar. Sementara Fara masak, dan Kina cuci piring 😄. 

 

Namanya dapur ruangan studio, jadi ya kecil aja. Tapi pas buka lemari, peralatan masak lumayan lengkap, juga disediakan aneka teh dan kopi. 

 

Kami sempet bingung pas hidupin kompor, yang ternyata harus pake cara manual. Knob nya diputar, tahan, lalu nyalain api pakai zippo. Aissssh, untung mba Fara berani, karena dipastikan aku dan Kina langsung keder duluan disuruh nyalain api kompor pake zippo, takut kena ke tangan 😂.. Kecuali nyalain api pake zippo stick yang biasa buat lilin ultah, panjang begitu, aku masih berani, karena ga mungkin nyamber ke tangan kan..😅

 

Pagi itu, karena belum belanja groceries, kami sarapan pakai mie instan  Indomie yang memang bawa dari Jakarta. Beuuugh makan mie panas, di kondisi dingin menggigit,  nikmat sekali 😍👍. Apalagi saat melihat kluar jendela, dan ternyataaa, ada taman bermain dengan salju tebaaal depan mata 😍. Langsung kebayang seandainya ada Fylly dan Vrstan mereka udah heboh main lempar salju mungkin 😄.

 

view daei depan jendela dapur

penginapan di minsk belarus yang berlokasi di tengah kota

 

 

Indomie seleraku ^o^. cuaca minus makan pake ini, best laah ;p

rekomendasi penginapan di minsk belarus

 

 

Tambahan fasilitas dapur, disediakan juga kulkas mini, jadi kami bisa belanja bahan masakan, lalu simpan di kulkas. 

 

 

 

LOKASI MINSKLUX MEMANG STRATEGIS, DEKAT TEMPAT BELANJA DAN WISATA

At least, lokasi Minsklux Apartemen memang strategis banget. Sesuai dengan semua testimoni yang aku baca. Yang paling penting dekat dengan tempat makan atau supermarket. 

 

Keluar dari apartemen, hanya jalan sedikit sesuai petunjuk owner, kami pergi ke EBPOONT supermarket. Bagusnya lagi, di sana juga ada money changer dengan rate bagus! 

 

Kalo ga dikasih tahu owner, ga bakal nyangka bangunan ini supermarket ;p

apartmen di minsk yang dekat supermarket

 

Trus masih harus naik ke atas

apartmen dekat dengan supermarket di minsk belarus

 

 

 

Apalagiiii, sekalian langsung tukar USD dan EUR yang dibawa ke dalam Rubel Belarus laaah.

 

Letak money changer BSB Bank, di sebelah kasir supermarket. Jadi memang tukar duit dulu, barulah belanja groceries di dalam. 

 

bsb money changer dengan rate bagus di minsk belarus
money changer terbaik di minsk belarus

money changer bagus di minsk belarus

 

 

Seperti biasa kami belanja aneka buah, butter untuk menggoreng, kopi, nugget, roti, dan apapun yang bisa buat sarapan.

 

 

 

SUMMARY

Terlepas dari tangga durjana yang harus kami naiki tiap kali pulang, belum lagi sambil bawa belanjaan yang segambreng, bikin napas ngos-ngosan yang untungnya winter, jadi ga kepanasan banget 😂, tapi apartemen ini memang recommended sebenarnya. 

 

vicinity area of minsklux Apartmen

apartmen aman untuk turis di minsk

 

 

Nyaman, walau pun kecil, lokasi sangat dekat kemana-mana, terutama tempat makan dan supermarket. Jadi mempermudah turis kalo ingin belanja dan melihat tempat wisata sekitar, yang bakal aku tulis di postingan terpisah. 

 

Harga sesuai lah, karena toh kami kuatir juga kalo stay di penginapan yang lebih murah tapi lokasi jauh, mengingat selama di sini aja susah  mencari taxi. MRT ada tapi membeli kartu pass nya kami ga paham. 

 

Jadi memang Minsklux apartemen ini udah paling bener untuk diinapi.

 

Oh yaaa, lokasinya juga dekaaaaat banget ke markas KGB 🤣🤣. Aku awalnya ga tahu kalo itu markas Inteligen  KGB, malah sempet foto-foto di sana hahahahahahah. Pas fotonya di-posting, temen yang pernah kesini, langsung DM, supaya jangan foto-foto gedung pemerintah atau beberapa patung terlarang. Karena aturan mereka sama seperti Korea Utara, ga bisa sembarangan jepret. 

 

KGB Headquarters di minsk belarus

tempat wisata di minsk belarus

 

 

Tapi masalahnya pas di Korut ada guide yang kasih tahu mana bangunan boleh difoto, mana yang tidak. Lah kalo di Belarus kami mana tahu itu bangunan pemerintah atau bukan. Alhasil udah terlanjur motret gedung KGB nya 😅.

 

 

Baca: Liburan ke Korea Utara, Seruuu Ternyata!

 

 

So, bagi siapa pun yang sama gilanya seperti kami bertiga, dan ada planning ke Belarus, boleh loooh dicoba stay sini. Cuma please siapkan kaki untuk naik ke lantai 5 tanpa lift yaa 😄

 

 

penginapan di minsk belarus yang aman

 

 

 

 

 

126 tanggapan untuk “TRIP BELARUS: MINSKLUX APARTMEN, PENGINAPAN DI PUSAT KOTA MINSK”

  1. Avi berkata:

    Haaah lantai 5? Kebayang gempor duluan. Kalo sehari2 tinggal di apartemen lantai 5 bisa cepet kurus yaa. Olahraga terus.

    Langsung ambil kalkulator ngitung 50 euro berapa rupiah😅. Yg penting aman lah.

    Oh yaa kalau ada money charger di depan supermarket berarti masih ada turis asing yg masuk ke Belarus y walau negara itu kena sanction?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha iya Mbaaa, langsung kurus stay di sini hari2 🤣.

      Sebenernya banyak turis ke sini. Tapi kebanyakan turis Eropa dan sekitarnya juga. Kalo muka asia tenggara, jarang terlihat 😅

      • Ujie Othman berkata:

        Mau jadi malas keluar gini, lantai 5 tanpa lif 😄

        Memang kurang selesa kalau dapat bilik lampu samar-samar. Syukur lain-lainnya cukup selesa.

        Apapun, semua ini jadi pengalaman yang sangat berharga.

        Seronok baca pengalaman Fanny.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          Saya tak baca pula kalo apartemen ini tanpa lift 🤣🤣. Mungkin kalo tahu dr awal, tak akan pilih ini 😅. Tapi tak apa, Krn fasilitas lainnya memang menutupi kekurangan yg 1 itu

  2. nurul rahma berkata:

    Mb Fara kocaakkk bgt masaa mau tidur di kamar mandi, gubraakkkk😆 tapi emang kliatan nyamaannn itu mbaa.. yg males mandi kyknya jd auto rajin…apalagi capeeeekkk abis naik turun lantai 5 ye kannn
    ya ampuuun ini destinasi yg anti mainstream yaakk, sukaaakkkk bgt bgt dgn cerita kalian bertigaaaaaa

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahah soalnya di antara kami bertiga, mba Fara yg paling kuatir dingin. Sementara kamar mandinya memang angeeet 🤣😄. Jadi dia paling seneng kalo udah waktunya mandi 😁

  3. Lantana Magenta Hermosa berkata:

    Kokoh dan klasik banget bangunan-bangunan di sana. Lihat disain apartment-nya dengan saluran air, elektrik, dan barangkali gas, yang terlihat dari depan bangunan, sepertinya bangunan ini sangat tua dan dibiarkan antik, tambahan lagi disain tangganya… Asiknya lihat the view from windowsill ditemani Indomie hangat tanah air.
    Nyantai dulu duduk di emmmpuukknya tumpukan snow

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha ga segitunya kami mbaa duduk di salju 🤣🤣🤣.

      Tapi memang sih kalo dah liat view snowy begini langsung seneeeng aja bawaan. Mungkin Krn Indonesia tropis sih yaa. Jadi sesekali mata hrs dimanjain Ama hal2 yg beda. Mungkin lain ceritanya kalo memang hidupnya di negara 4 musim..dah biasa yg begini 😄

  4. Puan Hazel berkata:

    Wah sedondon amat ya jaket fanny sama pintu 😆
    Tapi cantik fotonya cantik sbb background bersalji, very outstanding 👍
    Kadang foto promosinya langsung ngak sama dgn keadaan sebenar 🙁

    But I bet it was an enjoyable trip for you ladies 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahahaha itulaah tak menyangka pula door nya merah macam jaket saya 🤣. Kalo tau kan, bakal pakai jaket warna lain 😂.

      Belarus memang trip kami yg paling banyak drama, tp juga berkesan sangat ❤️

    • Cikcappuccinolatte berkata:

      Cantiknya view tepi tingkap tue ..

  5. Kakmim berkata:

    Ya ampun… murung terus bila homestay/hotel yg kita duduk x ada lif… nk angkut luggage tu yg nak menangis… hihihi… tp fasilitinya semuanya ok… kamar mandi tu mcm high tech sungguh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahah itulaah. Mungkin saya tengah letih saat booking apartemen ini. JD tak terlihat pula kalo tak ada lift di dalam 🤣.

      Kamar mandinya best! Di bawahnya tu bisa sebagai mini jacuzzi juga. Tp kami tak pakai

  6. Mz berkata:

    Cantik betul semua gambar yg berlatar belakangkan snow.rindu banget la tgk snow putihhhh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Snow memang lah favorit orang asia tenggara macam kita ya kak 😄. Itulah kenapa saya selalu memilih winter ketika datang ke negara 4 musim.

  7. RAWIWA berkata:

    Tidak mengapalah bayar EUR50 asalkan driver angkat bagasinya naik tingkat 5.
    Boleh murung dibuatnya sampai2 dari jauh kena naik tangga.
    Bagusnya apartment dekat dengan kemudahan awam.
    Bangunan EBPoont kelihatan seperti hotel dari luar rupa-rupanya gedung membeli belah.

    Bangunan KGB ada lagi tapi mungkin sudah tidak digunakan bila KGB dibubarkan dengan berakhirnya USSR.
    eihhh…. dari dulu terlalu banyak tonton filem aksi barat, tengok nama KGB pun sudah takut hahahah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Naah bangunan2 di sana itu sama sekali tak mirip dengan dugaan kita. Macam supermarketnya malah lebih mirip bangunan restoran. Dan banyaak lagi gedung yg kami salah duga semua. Ada satu gedung kami kira rumahsakit, ternyata kafe 🤣🤣

      Gedung KGB itu msh pakai kak..makanya cctv banyaaaak sangat di sana. Itu masih jadi bangunan inteligen mereka.

      • Cik Ash berkata:

        Alamak tingginya tingkat 5, kalau saya tak sanggup nak bawa beg tu, hahaha, tapi mujur la ada org tolong angkat walaupun kena bayar.

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          hahahahahah dia driver yg antar jemput kami , jadi memang dibayar… angkat koper itu saja nak tolong 😀

  8. carneyz berkata:

    Agaknya harga jemput ke apartment tu sekali dengan kos angkat bagasi ke tingkat 5 ya 😅 tapi apartment nya cantik bangat! Saya suka style apartment macam ni. Pemandangan luar apartment yg penuh salji pun Instagrammable gitu. Buatkan saya rasa nak ke Belarus jugak hihi.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Bersyukur kami dapat driver baik macam dia 🤣. Kalo tak, pingsan betul saya bawa koper seberat itu ke atas hahahahah.

      Hayuuuk kak, cobain travel kemari. Belarus cantiiik sangaaat. Dan utk Malaysian sama syaratnya, free visa tapi hrs penuhi syarat yg saya tulis di post sebelumnya.

  9. eryka berkata:

    itu brarti penginapannya hanya di lantai 5 saja kah mb? lantai lainnya digunakan apartemen pribadi gitu yak? kalo digunakan buat penginapan semua kan jadi bisa request lt 1 gitu gak sie hehe biar gak ngos2an naik tangga ke lantai 5
    kerennn ini mba fanny kok ya bisa kepikiran sampai jalan2 kesana negeri yang sepertinya memang jarang banget ya buat wisatawan berkunjung 😉

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Masing2 kamar yg punya beda mba. Kalo si owner memang mau sewain ya bisa aja. 😁. Kebetulan aja yg kami dpt, owner-nya punya dj lt 5.

      Aku tuh memang suka negara yg ga biasa. Soalnya aku JD banyak bahan utk cerita..beda kalo traveling ke negara2 mainstream, Korsel, Malaysia, Singapura etc.. yg kesana sudah banyak, yg ceritain juga banyak. Aku susah mau cerita hal unik lainnya 😄.

      Beda Ama negara2 antimainstream gini 😁. Dan utk dpt masuk page one Google juga JD LBH mudah. Saingannya ga banyak

  10. Dian berkata:

    Tangga durjana, haha
    Waduh aku bisa pingsan klo harus naik ke lantai lima sambil bawa koper 19 kg
    Untungnya driver mau bantuin ya mbak
    Jadi sangat berkesan ya perjalanan ke Belarus ini

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Hahahaha kalo sampe driver ga mau bantu, aku pun pingsan rasanya mba 🤣🤣🤣..untung aja baiiik dia. Pas pulang juga dia bantuin turunin

  11. Nur berkata:

    Beratnya luggage Fanny, sampai 19 kg, naik tingkat 5 lagi, boleh patah pinggang, kalau kak Nur. Hehe.. Tapi cantik ya, view salji. Makan mee segera semasa cuaca sejuk memang nikmat! 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Untunglah driver mau bawakan sampai atas 🤣🤣

      Saya jarang makan mie instan saat di Indonesia. Tp saat traveling gini memang laah suka..apalagi saat winter dingin kan 😄👍

      • Vicky Cahyagi berkata:

        Apartemen di sana walau dari luar terlihat klasik tapi begitu melihat interior kamar terlihat modern dan nyaman. Tentunya penghangat ruangan yang bagus menjadi keharusan di daerah bersalju

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          iyaa bener mas… heaternya bagus kok, kami ga pernah kedinginan di dalam kamar.. bukti kalo heaternya working 😀

  12. Ezna berkata:

    Kalau travel kakak selalunya punya beg berat. Hahaha…tak dapat bayangkan kena naik tangga bawa beg berat. Selalunya bawa 2 beg berat kalau travel. Apartment kalau dekat dengan supermarket, MRT bagus ya. Senang nak berjalan ke mana aja.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Samaaaa kak ;p hahahahha saya pun selalu bawa koper besar kalo jalan… ditambah pula koper medium atau kadang size kabin. memang tak bisalah hanya backpack.. itu bukan style saya traveling hahahaha

      tapi repotnya memang kalo dapat penginapan yg ternyata tak ada lift ;p

      • Hanny Nursanty berkata:

        Ya ampun lantai 5 tanpa lift dan tangga daruratnya mirip tangga ke basement Hi… Hi… Untung drivernya kuat dan baik ya mba.
        Mie rebus itu memang makanan saat liburan dan cocok segala cuaca semua orang suka, harus selalu ada di koper ya mba

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          jujur baru kali ini aku bawa indomie pas traveling mba.. krn biasa ogah hahahahah.. lbh suka cobain makanan asli di destination. tapiii temen2 ku yg nyuruh bawa, krn mereka mau makan indomie pas lagi dingin hahahahaha. ga nyesel sih, krn memang rasanya berkali2 jadi lebih nikmat ;p

          iyaaaa untung aja drivernya baiiiik. kalo ga udah pengsaan aku sampe kamar hahahaha

  13. ainun berkata:

    Kalau holidey pas winter, viewnya cakepp. Apalagi kalau kita buka jendela terus viewnya salju, kerenn
    Menarik sekali Belarus ini, meskipun belum banyak turis dari Indo atau juarang banget nemuin travel agent yang bikin tur kesana, tapi kalau pergi mandiri kayak gini ada serunya

    Kadang kita bisa melupakan point “negatif” kayak hotel atau apartemen yang minus lift, tapi selama hotel itu strategis buanget, masih bisa ditolerir. apalagi kalau ditambah ownernya baik poll.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      kalo negara begini memang aku prefer sendiri sebenernya, dalam artian ga pake travel… supaya bisa bebas eksplor aja…kalopun mau pake travel, mendingan open tur, jadi cari di negaranya.. lebih seru dan murah

  14. Nurzarini Ismail berkata:

    Saat sampai di tangga, itu nampak scary tapi dalam rumahnya ya allah, interior nice banget!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      yaaaa kaaan… saya tadi dah pikir buruk, scam kah yg saya booking ini.. ternyata pas lihat dalamnya bagus, okelaah legaaa jadi 😀

  15. Lala berkata:

    Takjub sama kamar mandi apartrmen nya, luas dan terasa nyaman meski liat via foto 😍 Kaget sama lantai 5 mesti naik tangga, lumayan banget suruh olahraga. Syukurnya driver baik hati mau bawain koper sampe lantai 5 dan suka melihat bangunan serta pintu apartemen nya, uniq, apalagi dari jendela apartemen bisa melihat view salju secakep itu🤩 beneran indah sekali, tetep yaa Indomie emang the best buat nemenin di cuaca sedingin di Belarus.
    Pas liat bangunan supermarketnya, takjub juga dikira itu galeri atau museum beneran artistik sangat.
    Secara keseluruhan sangat informatif serta mendetail sekali mba, seneng bacanya, makin kebayang-bayang dan yang mau travelling kesana bakalan kebantu sama banyaknya info dari mba. Jacket merah matching sekali sama pintu apartemen🤩 sungguh fresh

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      banyaaak gedung2 bangunan di sini yg ga mirip fungsinya mba ;p. jd kami suka salah juga kalo masuk.. kirain rumah sakit ternyta kafe roti hahahaha. luar biasa memang daya kreatifitasnya ;p.

      aku sukaaa sih stay di sini mba… mungkin karena salju juga yaa, jd vibe nya nyenengin ;p. mungkin kalo summer jadi biasa aja hahahah

      • Lala berkata:

        Hehehe, jadi gedung-gedung nya ga mencirikan misal bentuk gini adalah museum, bentuk gitu adalah pusat perbelanjaan, atau RS dkk.. Beneran uniq banget, selaku traveller pasti agak keder tapi seru juga.

        Jiwa explore tetap menyala dalam berbagai situasi pokoknya mah ya.
        Nah, pas banget dong mba kesana lagi musim dingin jadi beneran berasa nyaman karena udara nya dingin. Tahun depan ada rencana kesana lagi kah? Atau ada destinasi impian yang lagi diincar banget? Penasaran dan kepo deh jadinya..

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          ciri khas bangunan sovyet, gede, megah, besar, ga peduli apapun itu 😀

          ga nolak kalo ada kesempatan kesana lagi… mungkin untuk nemenin suami kalo dia penasaran mau liat belarus. tapi kalo aku dan temen2 kemarin, udh ga mau sih.. destinasi kami thn depan mongolia mba 😀

  16. Sibayukun berkata:

    Mba, jujur ngeliat tangganya nyeremin yakkk.. agak horror gimana gitu.. Tapi pas masuk ruangannya.. duillah, cakepp asli, ratenya juga termasuk yang murcee buat 4 hari…. Btw Mba Fan indomie yang dibawa varian apa?? kok ngiler sekali aku lihatnya 🤩..

    Mba Fan kalau semisal ke Negara suhu minus gitu,, AC disana jadi semacam heater kali ya??

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku td udah mikir jelek apa penginapannya juga serem kayak tangganya hahahaha. untunglah ga ;p

      indomie yg seri jepang itu loh bay.. banyak kok dijual.. ternyata enaaak.

      bentuk heater macam2.. sebenernya yg di penginapan belarus heaternya nempel di tembok dekat jendela. sistemnya central jd ga bisa diutak atik yg mirip ac itu memang ac.. tapi kalo kami tinggin suhunya, jd 31, anget ruangan hahahahahah

  17. Rivai Hidayat berkata:

    Aku lihat tangganya kayak landai. Bukan tangga dg kemiringan 30°. Ya walaupun tetap naik tangga 5 lantai itu melelahkan..wkwkwk

    Dingin-dingin makan indomie kuah. Sungguh pilihan yang tepat sekali..wkwkwk

    Berarti putin pernah ke markas kgb minsk..wkwkkw

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      harusnya pernah, kan sahabatan hahahaha

      dibilang landai juga ga sih mas, tapi ga curam banget.. cuma berasa apalagi pake jaket tebal.. dan di dalam gedung udah anget.. jd kami ngos2an nya berasa banget krn gerah ditambah lumayan tinggi ;p.. akhirnya pake jaket selalu di lantai paling bawah. biar ga gerah dan ngos2an

  18. Lendyagassi berkata:

    Aku juga kesulitan nyalain kompor pakai zippo.
    Banyak tereaknya daripada nyalanya… laah..??
    Keren banget siih apartementnya. Dan masalah gak ada lift, ini persis kaya varshownya Jung Hae In sama Im Siwan.
    Mereka berdua shock karena kudu angkat-angkat koper.

    Jadi apakah pas booking bakal tertera dapet kamar berapa dan ada lift atau engga?
    Info kaya gitu mungkin ga penting buat bule kalik yaa, ka Fann?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      aku beneran ga berani kalo itu ;p… udh nyerah kalo hrs idupin pake zippo.. untung mba fara jago ;p

      pas booking ga kliatan bakal di lantai ebrapa.. tp kalo fasilitas ada ditulis apakah ada lift atau ga.. aku aja yg ga teliti berarti waktu cek ;p

  19. Farrah MF berkata:

    Saya yang jadi mengah memikirkan perlu naik dengan bagasi berat hingga ke lantai 5 😂 saya harus berolahraga, kuatkan otot kaki kalau mau menginap di sini.

    Seperti biasa, seronok membaca catatan mba Fanny.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahha betuul betuuul lah… tak tahu nak cakap apa kalo sampai driver tak mau bantu.. syukur sangat dia baik dan membantu bawa koper yg besar ;p

  20. Endah April berkata:

    Mba Faaan itu fotonya yang dari jendela dapur bangus bangettt. Overall pemandangan salju dan bangunan dan pohon-pohonnya itu kayak di film-film yang minim dialog gitu, yang banyakan asmr wkwkwkwkwk. Itu kesan yang aku dapat waktu liat foto-fotonya. WNI tuh bebas visa kayaknya ya ke Belarus? Atau aku salah negara? Pokoknya depannya B gitu yang WNI bebas visa, cuman emang negaranya di Eropa Timur dan dikelilingi negara-negara yang gak bebas visa buat WNI😆

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iya mba, belarus bebas visa buat wni. dan syarat juga ga susah.. udh aku tulis di postingan sebelumnya yaa. yg mahal memang cuma tiket pesawat sih… lainnya mudah banget kok.. 😉

  21. Rani R Tyas berkata:

    Mantapee naik ke lantai 5, ditambah pake tenteng koper pula. Itu pak sopir yang gagah perkasa nggak sekalian diajak foto, Mbak?

    jadi Belarus tuh meski bekas negara Soviet, tetep ada aura seram-seramnya to Mbak Fan?

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      negara bekas sovyet kebanyakan masih seremm.. kecuali azerbaijan kemarin ga sih… udah ga ada berasa pengaruh sovyetnya..

      tapi belarus ini masih kuat banget.. jd ga bsa sembarangan ngelakuin apapun.

      itulaah aku nyesel ga ada foto ama si driver mba :D.. baik banget orangnya ;p.. mau bantuin bawa koper yg berat2

  22. rezkypratama berkata:

    dari ceritanya mbak fanny sih
    pertama
    dingin banget
    yang kedua naik ke lantai 5 tanpa lift
    dan diakhiri dengan makan indomie kuah dengan pemdangan salju
    syahdu banget mbak fanny

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahah, indomie ga bisa failed sih , apalagi kalo dimakan saat suhu minus begitu.. beuuugh nikmatnya dia naik berkali lipat ;p

  23. heni hikmayani fauzia berkata:

    Seruuu banget yaa mba Fanny….jalan-jalannya…Duh jadi mupeeng pengen kesana juga. Keren banget tempatnya yaaa…..Saya tuh yaaa kalau lihat foto-foto luar negeri itu serasa lihat lukisan…pada bagus-bagus bangeeet…apalagi ini pas musim salju ya mbaa…ih keren pisaan

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      makanya aku lebih suka traveling saat winter mba.. musim lain ga suka.. apalagi summer, itu ga akan pernah mau hahahahhaa. dan aku ga kuat panasa juga… makanya tiap mau jalan lebih suka akhir tahun atau awl tahun di mana negara 4 musim masih dingin

  24. sulis berkata:

    Mudah-mudahan yang punya apartemen mbaca ini, terus terketuk hatinya untuk nambah fasilitas lift..ha..ha. Lumayan ngos-ngosan juga sih mba klo 5 lantai. Olahraga tiap hari, dan kadang harus berkali-kali kan berarti? 😀

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahah pemilik gedungnya biasa ga bisa segampang itu nambahin fasilitas mba.. kecuali udah disepakati semua.. krn fasilitas naik, uang maintenance apartemen pasti ikutan naik:D lagian kalo cuma 5 lantai, biasa mereka masih sanggub utk naik turun sendiri hahaha

  25. Dedew berkata:

    Kalau sedang traveling harus mengantisipasi berbagai hal yang tidak sesuai ekspektasi ya kayak ternyata apartemennya lantai lima tanpa lift dan kamarnya remang-remang untung bersih dan nyaman

  26. Krabat Kramat berkata:

    Wah..lantai 5. I can’t imagine had to up and down three or four times a day..wallah…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahah, kalo tanpa koper besar tak masalah kak.. tapi krn harus bawa koper ini yg kami nak patah pinggang jadinya ;p

  27. Miss Mirror berkata:

    Bagus sekali drivernya ya Fanny, willing to carry yr luggage di “tangga durjana”.
    Hihi.

    Teksi 50 euro. Kalau convert to RM, approximately RM300 (agaknya la.. lama I tak buat kira2 euro).

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyeees kurang lebih kak :D.. lumayan laah buat jajan di restoran mahal dah bisa hahahahah

  28. mulan berkata:

    Dapurnya lengkap ya Fanny, tapi di tangga 5. Pintu merah nampaknya menyerlah, tapi Fanny dengan jaket merah, lagi sangat menyerlah cantik dan sweet nya. Thanks Fanny kongsi trip yang sangat awesome, sangat detail. Apartment yang bagus, dekat dengan berbagai keperluan.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahah selalu ada plus dan minus tiap menginap di manapun kan 😀 .. tapi bagi saya, as long as bukan masalah kebersihan, saya masih oke kak.. anggab lah ini olahraga melatih otot hahahaha

  29. Fenni Bungsu berkata:

    Menurut daku nggak salah jaketnya sih kak. Cuma fotonya aja, mungkin bisa miring, kak Fanny bersandar di pegangan tangga, jadi ala-ala eonni di drakor atau film India gitu, hehe.

    Untuk kamar sebenarnya asik ya kak.
    entah mengapa tak ada elevator, mungkin karena biar pada banyak gerak kali yak, alias hidup sehat… eeaaa

    Tapi yak kalo bawa barang banyak, yah wassalam juga sih naik tangganya begitu dan 5 lantai pula, huhu. Untung gak pake heels

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha aku memang ga jago pose mba ;p.. foto diri tiap traveling cuma dikit, krn ga suka juga dan ga fotogenic pun.. cukup 1-2 foto biar ada bukti hahahaha

      isssh kalo pake heels dan patah kakiku ;p. aku trakhir pake heels bisa sampe 10 cm itu zaman belum nikah… setelah punya anak, sorry sorry lah hahahahaha. aku pun heran kenapa dulu sudi pake heels padahal bikin kaki sakit ;p

  30. Fieza Sani berkata:

    aduhhh tak ada lif..kalau husband saya ni, dah bising..haha..moral of the story next time kena check lebih detail tempat penginapan sblm proceed untuk booked..haha..tak pe pengalaman tu fanny..wahhh boleh tahan yea yang booked driver tu, EURO 50..vengsan..haha..tapi dari jalan kaki dgn bawak beg lagi..balk lah bayar je untuk guna servis driver…

    btw bentuk bangunan kat sana, old school gitu..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      daripada get lost di tengah malah berushu minus di negara antah berantah kak, lebih bagus bayar mahal buat antar ke apartment hahahahahah

  31. ~uncle gedek! berkata:

    Tak payah hidupkan tv Fann… dapat tengok reflection Fann dalam tu pun dah cukup…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha, lagian nonton tv di sana dah macam orang deaf uncle.. tak paham mereka cakap apa ;p

  32. mamatisya berkata:

    sronoknya travel bila ada snow….berat beg 19kg nk naik tingkat 5….nasibaik ada yg tolong bawa ye

  33. enny berkata:

    Aku bingung mau komen apa.baca cerita ini tanpa skip.yang jelas jadi kepikiran, sebelum meninggal kira2 bisa sampai juga ya ke negara ini?hahaha,pikiran iseng aja

    apartemennya tampak luar gimana gitu ya, gak ada lift pula tapi ternyata dalamnya keren juga
    senengnya yg liburan..alhamdulillah

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      duluuu, aku ga kepikir bakal sering traveling mba.. apalagi keluargaku tipe yg ga suka kluar rumah.kalo papa cuti, lebih suka di rumah aja drpd ngajakin anak istri jalan2.

      tapi krn ketemu jodoh anak diplomat, yg mana tyraveling udh jadi makanan dia ;p, akhirnya aku ketularan suka jalan… dan ga pernah nyangka bisa sampai ke negara2 yg jarang didatangin WNI begini 😀

      jadi sebenernya, mungkin aja.. kalo memang niatnya kuat pengen datang ke suatu tempat, dan semesta mendukung, pasti akan terkabul 😉

  34. Nursini Rais berkata:

    Beli tiketnya ruet ya, ananda Fanny. Coba kalau diserahkan ke nenek ini urusan begitu, tak bakal bisa berangkat, udah berangkat, gak bisa pulang. Hahaha….

  35. Nova Rio berkata:

    Seneng banget kalo lihat foto” trip luar negri. Moga aja bisa jalan” keluar juga hehe

  36. Heni berkata:

    Gak kebayang mbk Fanny and cs naikin tangga sampe lantai lima, tapi mayan olahraga toh mbak😄, yang tadinya hawa dingin berasa anget dikitlah setelah naikin tangga wkkwk..tetep ya mie instan jadi penyelamat di saat dingin dan lapar 👍,kalo di foto yg pintu merah ga ada tulisan ,gak kliatan emang foto mbk Fanny nya😁

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      iyaaa langsung panas memang badan kami ;p. berasa olahraga naiknya.. apalagi walopun koper besar dibawa ama si driver, msh ada koper kabin yg tetep aja berasa berat hahahah

  37. Warisan Petani berkata:

    Sejuknye dikelilingi ais

  38. Citu berkata:

    Lindo lugar. Te mando un beso.

  39. mamapp berkata:

    seronoknya mama tengok gambar fanny satu persatu, selesa sungguh penginapan di sana dan yang paling best ialah makan indomie dan hirup kuah panas2 sambil tgk salji

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      Betuuuuul mum :D.. memang yaaa mie kuah itu sellau cocok dimakan saat cuaca dingin :D.. lebih mantap kalo ada chili padi pula hahahaha

  40. Sha Mohamed berkata:

    Pergh!! Tinggi bangat tuh tempat menginapnya.. Memang kena senam kaki lah jawabnya.. Tapi okaylah kemudahan yang disediakan.. Bangunan pun dekat dengan tempat makan dan kedai beli belah..

    Cantik betul tengok salji putih tu.. huhuhu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      cuma saat check in dan check out saja yg kami berasa patang pinggang di apartemen ini hahahahaha . krn hrs bawa koper.

  41. mrhanafi berkata:

    satu journey yang mencabar juga …

    apa-apapun pasti sangat seronok kerana dapat main ais atau salji..

    sejuk tu

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      saya suka tantangan :). makanya ketika traveling ke negara tak biasa begini, rasanya memang naikin adrenalin tapi juga merasa puaaas sangat setelahnya

  42. Nurul Sufitri berkata:

    Wuiiiiih, markas KGB yak kayaknya dulu hihihihi 😀 Berarti pilihan nginep mbak Fanny dkk udah bener, strategis. Tapi emang minusnya adalah ga ada lift, tangganya kok serem amat ya, hororrrr wkwkwkwkw. Kamarnya kelihatan hangat dan nyaman mbak. Walaupun mungkin pencahayaannya kurang. Fasilitas cukup lengkap ya itungannya. Unik juga cerita pengalamannya nih. Kayak TTS nyari sana-sini. Bahagia banget pastinya ya bisa trip Belarus 🙂 Makan Indomie mantaaap, untung bawa dari sini.

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahaha bener mba…. penginapan ini walo ga ada lift, tapi kami rasain sangat nyaman dan strategis.. Jadi ga masalah juga dipikir2 ttg tangga nya..

      untung aja temen nyaranin bawa indomie, soalnya aku sendiri ga pernah bawa makanan dr indonesia hahahaha

  43. anies berkata:

    kalau pakai CC pun kena reject… susahlah bagi orang yang tak ada ada CC ni… jenuh cari payment mode yang sesuai..

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      harus rajin mencari pakai website atau aplikasi lain yg bisa menerima pembayaran kesana, atau mau tak mau cash bayar di tempat tujuan 😀

  44. anies berkata:

    tingkat 5? hahaha sama mcm rumah lama saya dulu
    masa mula2 pindah
    rasa nak pengsan bila tengok tak de lif

    sama juga masa g mesir mula2 dulu
    pun tak ada lif juga
    dah laa luggage berat macam batu!

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      saya masih beruntung ada yg bantu bawakan koper berat berarti yaaa hahahaha. tp 1 koper lagi tetap bawa sendiri ;p

  45. anies berkata:

    cantik bangunan2 kat sini…
    dah macam bangunan2 kat scotland pula…

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      minsk memang cantiiiik kak… bangunannya khas negara bekas komunis banget.. besar megah mewah :D. stasiun bawah tanahnya juga klasik mewah

      • anies berkata:

        hebat tu…
        tapi tu laa kan… kenapa produksi hollywood, bollywood ec tak buat shooting filem kat sini.
        cantik kot seni binanya?
        asyik2 london, asyik2 paris… haihhh..

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          karenaaaaa masuknya aja susaaaah ;p.. kayaknya negara ini terlalu banyak larangan kak… macam korea utara… ga semua tempat bisa difoto.. ada aturannya.. itu pasti yg buat tak banyak orang nak buat film di sana ;p

  46. anies berkata:

    tiada yang lagi nikmat dapat makan maggi mi di luar negara dalam keadaan sejukkkkk
    saya faham perasaan tuuuu
    seleranya kalah dengan rasa steak mahal
    hahahha

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahhaha betuuuul… nasi baik bawa indomie.. biasanya saya males bawa indomie kemanapun krn lbh suka mencoba makanan lokal.. tp ada bgs nya juga ternyata, saat stok makanan blm dibeli, at least ada ganjel perut 😉

      • anies berkata:

        time winter perut cepat lapar…
        dan laparnya tu… lain macam!
        lepas 2 jam makan dah terasa lapar…
        nasib baik tak ada telur… lagi syahdu makan mi segera dalam winter
        hahahaah

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          hahahaha tapi setelah itu kami beli telur, sausage kak.. makan dengan mie lagi ;p.. sedaap hahahah

  47. anies berkata:

    tebal betul salji kat sini…
    boleh tenggelam kaki ni
    😉

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahah betuuul.. salah satu best country kalo nak cari salju ;p. pasti ada saat winter

      • anies berkata:

        nanti boleh compared salji kat Harbin pula
        mana lagi tebal dan halus?
        plus bersih…
        hehehe

        • Fanny Fristhika Nila berkata:

          hahahahahah siaaap.. nanti saya compare… penasaran sangat dengan harbin ini.. krn katanya lebih dingin dari belarus

  48. Shujindakara berkata:

    Tangga gedung KGB pasti lebih durjana lagi kali ya hahaha!

  49. Emma berkata:

    Effortnya gede banget menuju kamar ya mbak😂😂 kalau saya pasti butuh air dalam beberapa langkah hihii.

    Tapi vibes negara lain luar biasa ya walaupun lelah untuk naik tapi tentunya tetap bahagia deh, ye kan mbak🤭🤭

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahahah untungnya winter mba… jd ga kepanasan dan ga mudah capek walo harus mendaki banyak tangga hahahahah. ga kebayang kalo summer atau negara tropis yg udara lebih lembab… capeknya dobeel hahahaha

  50. Mugniar berkata:

    Yang mau ke Belarus …. cus ke Misklux Apartmen …. menarik banget nih pengalaman Mbak Fanny dalam tulisan ini 🙂

    • Fanny Fristhika Nila berkata:

      hahahahaha, negaranya juga unik sih.. jd pengalaman yg didapat juga beda dari negara lainnya 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archives

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.