D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2013

18

WISATA ALAM NGANJUK, AIR TERJUN SEDUDO…

DSC03592
Aku selalu suka air terjun. Dari dulu..

Kalo ditanya kenapa, mungkin karena air terjun selalu berlokasi di daerah sejuk, tinggi ato pegunungan. Dan aku, amat sangat suka dingin (“,). Itu juga alasannya kenapa aku ga begitu suka pantai yang identik dengan panas, dan selalu traveling saat winter kalo ke negara 4 musim ;p

Balik ke air terjun…

Indonesia boleh bangga karena mempunyai banyak ragam air  terjun yang tersebar di mana-mana. Beberapa memiliki bentuk yang unik  , beberapa terkenal karena mistisnya, dan kebanyakan karena keindahannya. Saat traveling keliling Jawa inipun, aku banyak  memasukkan list air terjun yang mau aku datangi, salah satunya, Air Terjun Sedudo , di Nganjuk Jawa Timur.

Letaknya sekitar 30 KM  dari kota Nganjuk, tepatnya sih di desa Ngliman, kecamatan Sawahan. And a reason why I’m  so excited to see  this waterfall, simply because it’s inluded in the top ten of the tallest  waterfall in Indonesia. Lebih  pastinya, urutan ke 6, dengan tinggi  105 meter.

Untuk menuju air terjun ini, jalan yang kita lewati lumayan terjal, tapi untungnya bagus. Jalan menanjak  dan berkelok  terus  sampe kita tiba di lokasi. Tapi begitu dekat, tadaaaaaa…..air terjunnya malah udah terlihat tanpa kita harus  turun ke bawah ^o^. Lumayan nguntungin banget, karena di traveling ini aku mengajak papa dan mama, yang notabene udah ga kuat harus turun jauh ke bawah, dan balik menanjak lagi. Makanya mereka lumayan seneng pas tau kalo air terjun Sedudo ini bisa dilihat dari atas. Dengan jelas pula.

Tapi kita berdua, aku dan suami, tetep dong mau turun ke bawah ;). Ga afdol kalo sampe ga basah-basahin badan dikit ama airnya..

Dari beberapa air terjun yang udah pernah aku datangin, air terjun ini  bisa dikatakan lumayan ramah terhadap turis-turis yang datang. Gimana engga, untuk turun ke bawah aja udah dibikinin tangga yang bagus, sehingga bener-bener mempermudah kita turun ke bawah, dan jaraknya juga ga terlalu jauh. Dijamin ga bikin ngos-ngosan napas.  Air terjunnya sendiri terbentuk dari banyak sekali sungai di atasnya, yang menyatu dan membentuk air terjun ke bawah. Di tengah-tengah tangga, ada sebuah warung yang menjual gorengan dan minuman untuk siapa aja yang mungkin kecapean saat pulang ato menuju air terjun. Ibu bapak yang menjual, ramah banget. Walopun jujur aja, makanan yang dijual ga enak samasekali (hambar, keras dan dingin). Tapi keramahan mereka bikin kita betah duduk lama-lama sambil minum di warungnya 😉
Tangganya beneran tangga yang udah bagus 😉
Bapak dan Ibu pemilik warung

Begitu turun ke bawah, udara yang lumayan dingin plus percikan-percikan air mulai terasa karena tiupan angin. Karena kita datang masih dalam bulan Muharram, beberapa  pengunjung yang datang terlihat mandi, even ada yang keramas di bawah air terjun ;p. Karena dipercaya airnya bisa bikin awet muda. Ada juga beberapa yang menggunakan airnya untuk memandikan barang-barang pusaka, yang memang biasa dilakukan  tiap bulan Muharram.
Airnya dipercaya bisa bikin awet muda ;p

Karena ga nyangka kalo lokasi air terjunnya mudah dilalui dan air yang jatuh ke bawahnya juga hanya membentuk kolam kecil, bukannya sungai berarus  deras, aku jadi ga bawa persiapan baju ganti apapun. Nyesel.. Di sekitar air terjunnya sendiri, ada sih warung-warung yang menjual kaos, celana dalam dan peralatan mandi ato baju ganti, tapi harganya mahal!! Ogah banget belinya. Belum lagi ngebayangin pake baju yang belum dicuci gitu, hihhhh..langsung geli.
Warung-warung untuk membeli baju ganti

Ya udah deh, harus puas dengan foto-foto depan air terjunnya aja, sekaligus nyicip-nyicip  dikit basahin kaki di kolamnya. Tapi suamiku sendiri, pastilah, langsung  nyebur dan mandi tepat di bawah siraman air terjunnya yang lumayan dingin!! Butiran-butiran air yang jatuh, ada yang terasa lembut, tapi ada juga yang terasa sakit saat mengenai kulit, karena bener-bener jatuh dari atas langsung tanpa mengalir melalui tebing-tebingnya.
Raka lagsung mandi di air terjun ^o^

Aahhh…. bersyukurlah negeri ini punya banyak sekali wisata alam, yang sebenarnya bisa jadi aset besar  untuk menarik banyak turis ke negara kita 😉

2 tanggapan untuk “WISATA ALAM NGANJUK, AIR TERJUN SEDUDO…”

  1. nova violita mengatakan:

    Air terjunnya cantik…. seumuran gini baru sekali ke air terjun.. , air terjun lembah anai ..sumbar.. pengen kapan-kapan ke air terjun lagi..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Kalo aku memang penggemar air terjun mba :).. apalagi kalo air terjunnya trkenal tinggi dan susah dicapai, wooo…makin tertantang utk datangin 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.