D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Nov 2016

30

SATE MARANGGI CIBUNGUR, NUAAMPOOL ENA’E….

sate maranggi

*Postingan yang super duper telat banget, karena udah nyicipinnya sekitar 2 tahun yang lalu ;p.. Tapi ga papa lah yaa, karena sate ini memang JUARAK ENAKNYA 😉

Suatu pagi yang cerah…..

“Mam, makan siang ntar keluar yuk. Mau cobain sate ga? Ada yang enak kata temenku”, suami bertanya

“Boleh, makan di mana?” jawab sang istri 

“Rada jauh tapi. Ga pa pa ya. Di Cikampek”

*Langsung keselek. “Hehhh??! Jauh amat! Emang apa istimewanya tuh sate?”

 

Itu awal mula ajakan suami pas ngajakin makan sate Maranggi Cibungur. Rada aneh dari kebiasaan dia yang biasanya suka males kalo makan  harus di tempat yang jauh.  Wajarkan aku super heran pas diajakin kesana. Tapi ternyata, ga sia-sia “iya in” tawarannya makan di Cikampek demi seporsi sate Maranggi ini.

Lokasi rumah makannya mudah banget ditemuin. Keluar dari pintu tol Cikampek, kita langsung belok kanan dan jalan aja sampe nemu plang tinggi bertuliskan seperti ini di sebelah kiri jalan.

sate maranggi

Parkirannya gede, salah satu plus poinnya 😉

sate maranggi

Tempatnya luas banget. Terbagi menjadi toko souvenir, toilet, musholla, dan rumah makannya sendiri. Dengan layout  setengah terbuka, masih ada atap yang menaungi kepala, tapi sisi kiri kanannya ga terhalang penutup apa-apa. Kursi dibentuk memanjang tanpa senderan seperti kursi-kursi di warung bakso. Kita beruntung pas datang ada 1 keluarga yang baru selesai makan. Ga perlu menunggu lama langsung duduk  di situ yang kebetulan juga sisi kanannya menghadap ke arah  jalanan, sehingga ga terlalu pengap. Pelayannya sigap, begitu  hendak duduk, salah seorang langsung menghampiri dan mencatat pesanan kita. Empat  porsi sate daging sapi, 2 sup dengkul dan es kelapa muda jadi pilihan semua.

Ada toko souvenir juga

sate maranggi

sate maranggi

Seporsi sate (10 tusuk) dihargai Rp 35,000. Ga pake nunggu lama, makanan langsung cepet tersaji! Hanya perlu menunggu kurang dari 5 menit, 4 porsi sate daging Maranggi langsung ada depan mata. Kesan pertama pas liat, “Ihhh, ni sate cuma dikasih tomat aja gitu???”

Sate daging sapi, maranggi

sate maranggi

Jelas-jelas kesan yang menyesatkan ternyata. Karena potongan tomat-tomat segar ini udah dilumuri dan dicampur dengan cabe rawit merah ulek yang pedesnya langsung bikin kelimpungan dan menyengat semua panca indera!! Mata berair, hidung meler, kulit merinding, telinga berdenging dan pastinya lidah kepedesan 😀

Tomatnya udah dilumuri cabe 😉

sate maranggi

Petugasnya lagi ngulek cabe segitu! ;p

sate maranggi

Tapi begini ini  makanan yang aku sukaaaa ^o^!! Aaaghhh, dan ternyata daging satenya empuk, gurih berbumbu, yang tanpa dikasih apa-apapun udah maknyus enaknya. Beberapa bungkus nasi dalam daun pisang udah langsung tersedia di atas meja. Porsinya lumayan banyak, dan saking enaknya tuh sate, ga sengaja jadi kebablasan makan 2 bungkus nasi 😀 hihihihi….

Nasi bungkus daun tersedia di tiap meja

sate maranggi

Kalo sop dengkulnya rada biasa sih. Kuahnya bening, dan banyak banget taburan daun sop plus seledri. Tapi walo rasanya biasa, ini sop jadi pelengkap nikmat makan siang kita. Kuahnya yang panas, terasa gurih dan pedas karena merica. Tulang dengkulnya masih ada lilitan daging yang lembut dan kenyal. Ga kerasa aku sampe nyeruput habis kuah sopnya ^o^

Sop dengkul, yang walo biasa, tapi lumayan seger

sate meranggi

Dan penutup dari semua, es kelapa muda yang suueeger dan disajikan dalam gelas aluminium besar. Manisnya pas, daging kelapanya soft banget dan dingiiinnn! Badan yang kerasa panas karena udara di luar dan panas dari  cabe barusan, langsung terasa adem, nyeeessss…

Es kelapanya maknyuuuusss ^o^!

es kelapa muda

Ga rugi banget harus nempuh 1 jam perjalanan dari Jakarta ke Cikampek, kalo akhirnya puas  nyicipin kuliner enak begini. Pelayanan cepat, rasa juara, plus lagi, bagi yang ga suka sate, ada banyak penjual makanan lain yang juga ikutan jualan di sana. Tapi kita ogah nyobain, secara yaaa, juara makanannya si sate ini ;p. Ngapain juga nyoba yang lain. Dan parkiran mobil-mobil depan restorannya, itu mostly berplat B. Even beberapa tamu yang sempet kita tanya, dia memang sengaja ke Cikampek  cuma untuk makan sate Maranggi 😉 . Ihhhh, jadi pengen kesana lagi kaaaan 😀

106 tanggapan untuk “SATE MARANGGI CIBUNGUR, NUAAMPOOL ENA’E….”

  1. rivai hidayat mengatakan:

    besok cicipi satenya di purwakarta mbak.
    rasanya juarak…banyak pilihan tempat juga 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya nih, aku benr2 pengen cobain yg di purwakartanya langsung mas… udh dgr sih di sana memang satenya enak2 yaa… ntrkan aku mw mudik nih… biasanya lewatin purwakarta.. mw ajak suami berhenti utk kuliner ah 😉

  2. Lintang mengatakan:

    Aku liat ini malem-malem mendadak pengen, tapi jauh xD

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahaha, iyaa.. jauh bgt yak.. aku jg jd ga bisa sering2 kesana -__-.. di jkt ada jg sih yg jual, tapi males aku dtgin, krn takut rasanya ga sama 😀

  3. CatatanRia mengatakan:

    waduh mba jauh aja di cikampek hihihi tapi untung kebayar ya mba sama rasanya yg memuaskan 😀 jadi kangen makan sate lg, udah berapa bulan puasa makan sate *glekk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, iyaaa, kebayar ama jauhnya ;p.. tp sbnrnya krn lwt tol, jd ga terasa jg mbak.. dan untungnya ga macet 😀

  4. Hastira mengatakan:

    benar2 bikin ngiler ini mah

  5. meriskapw mengatakan:

    Kemaren abis ngelist kuliner di Jogja, eh ada sate maranggi juga. Kayaknya harus nyobain nih kalau jadi ke Jogja, semoga sama enaknya sama yang cibungur 😀

    Btw, aku tadi bacanya cibubur mbak, ternyata cibungur, haha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Iyaa itu tulisannya bikin silep mata yaa.. akupun juga srg silep bacanya jd cibubur ;p. ahahah.. eh tapi, di purwakartanya sendiri sate maranggi ini beda2 sausnya loh mbak.. kmrn baca di blog sapa gitu, dia cobain marangginya yg di wanayasa.. dan itu beda sausnya ama yg di cibungur ini :D.. makanya aku jg penasaran nih pgn coba yg di wanayasa

  6. Madura Bersatu mengatakan:

    deh deh deh….
    enak banget keliatanya… kayanya yang punya darting jangan coba coba lewat situ deh nanti malah kkegoda sama satenya hehee 😀

  7. berbagifun.com mengatakan:

    apapun satenya, baliho nya Teh Botol Sosro, heuheuheu
    aku penasaran dari dulu ama sate maranggi
    sering masuk liputan TV

    pengen jadinyaaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tapi kita ga minum sosro di sana ;p heheheh.. aku ga suka rasa sosro… aneh .. mending minum yg lain deh drpd sosro 😀

  8. Intan Sudibjo mengatakan:

    sampai sekarang belum kedapatan sate maranggi, emang iya katanya sih enak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Kalo aku sih suka bangeetttt ;p.. ini sate simple, tp dagingnya udh berbumbu, dan cuma dikasih tomat dan cabe ulek tok.. enaknya udh ketagihan mbak 😀

  9. Lutfi Retno mengatakan:

    Katanya sate di sini memang enak dan empuk banget ya? Salam kenal 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enak mas ;).. aku suka banget.. jd pengen kesana lagiii 😀

    • sulis mengatakan:

      Mantep mbak..apalagi kalau penyuka pedes.. Langsung tambah dan tambah lagi nasinya.. ☺☺

      Aku juga klo cari t4 makan, liat dulu parkirannya..klo susah parkir, seenak apapun..biasanya mending cari t4 laen.

  10. Ery Udya mengatakan:

    Kalau enak gitu, gak sia-sia deh, jangankan satu jam perjalanan, 2 atau 3 jam juga dijabanin. Wkwkwkwkkw

    Memang terlihat sedap sekali itu, tomatnya seperti jebakan batman jadinya. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, beneeeer.. jebakan batman bgt ;p.. aku kirain cuma tomat tok, ternyata ada cabe2nya di dalam 😀

  11. evylia hardy mengatakan:

    Aku pernah denger ttg sate maranggi ini, tapi yaaa belum pernah nyobain lha wong jauh jee. Misal suatu saat kesampaian ke sana, aku paling2 nyuil tomatnya dikiiit aja, soalnya ga tahan pedes ^^

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, bilang aja mbak ke petugasnya.. bisa diminta kok harusnya, supaya ga pedes… :).. iya kamu hrs cobain kalo lg kemari 😉

  12. nia nastiti mengatakan:

    Wah bener2 ke Cikampek demi sate maranggi aja nih Mba? Salut 😀

  13. April Hamsa mengatakan:

    Penasaran sama rasa sop dengkul, aku blm pernah makan soalnya hehe TFS

  14. helena mengatakan:

    di Jalan Bekasi Timur ada Sate Maranggi juga, yang di deretan jualan mebel itu lho mba. Pernah coba?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      jujur ya mbak, aku ke bekasi itu bisa diitung ama 1 tangan ;p.. apalagi bekasi timur hahahaha… 1 jari kali… di mananya itu ya?

  15. Emakmbolang mengatakan:

    mulutku dah ngescesss sama bau cabe ulegnya. Nggak terlalu mahal ya mbak cuman 35.000 untuk 10 tusuk.

  16. nitalanaf mengatakan:

    Ajegile nyampe ke Cikampek ? tempatnya luas ya mba. Sambelnya emang kelihatan tomatnya aja ya tapi banyak juga ya sambel sate segitu.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      cabenya nyaru ama tomat mbak ;p.. pdhl itu pedeeees loh.. jd rasanya asem segar pedes :D.. dan satenya sndiri juga udh dibumbuin, jd enak puoool lah 😀

  17. Dewi Nielsen mengatakan:

    Mbaaaak..mau banget makan itu sate..emang iya ya, penampakannya biasa aja..pastinya rahasianya di bumbu yak 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeer… tomat segernya itu dan ulekan cabe yg jd penentu juga.. tp satenya sendiri dagingnya udh bermbumbu mbak.. enak lah pokoknya ;p

  18. Liswanti Pertiwi mengatakan:

    Kalau ingat sate Maranggi, jadi ingat kenangan di Purwakarta. Jadi kangen, udah lama ga ke Purwakarta.

  19. Swastikha mengatakan:

    Kok aku malah fokus sama es kelapanya ya? Seger banget kayaknya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nah ituuuu… memang seger mbak.. apalagi pake gelas stainles steel gini.. dinginnya aweeet 😉

  20. Dina Safitri mengatakan:

    Wah kayaknya enak banget ya mbak. Selama ini favorit saya sate madura, belum pernah coba sate Maranggi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sate madura aku juga suka mbak :D.. apalagi kalo ada lemak2nya gitu ;p.. beeuuh makin enak… harus cobain sate sapi maranggi berarti kalo kesini 😉

  21. Mugniar mengatakan:

    Bikin penasaran ih postingan Mbak Fanny 🙂

  22. Winda Carmelita mengatakan:

    Aih, itu sate sama tomatnya kok aku ngerasa laper ya Mbak. Pasti enak soalnya jadi seger. Nasi dibungkus sama daun pisang memang juara deh hehehe

  23. Riza Alhusna mengatakan:

    Aku ngiler mbakkk… Tapi kenapa jauh banget yah di Cikampek?? Keburu laper dong saya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu diaaa.. aku aja inget jauhnya itu yg bikin ga bisa sering2 kesana :D.. suami suka ngomel kalo nyupir kejauahan ;p hahaha

  24. Anis Hidayah mengatakan:

    Pokoknya yang pedas-pedas itu ya mbak Fanny ya yang paling josss,,,, Walaupun menyesatkan tomatnya dilumuri cabai.
    Aku mau yang ini…. hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      semua yg pedes2, kamu hrs cobain memang mas ;).. tapi kalo pedes ini sih, kyknya kamu pasti tahan lah 😀

  25. Isnaini S Ibiz mengatakan:

    Biar udah 2 tahun, tapi inget rasanya kauak baru kemarin. Xixixi. Ngikik pas nyobain potongan tomat dicampur cabe rawit uleknya sampe bikin hidung meler, kuping berdenging. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu saking terpesona ama rasanya mbak ;p.. makanya biar udh 2 thn, aku ttp inget rasanya 😀

  26. cumilebay.com mengatakan:

    Ini langgananku, aku bolak balik kesini.
    Eh nyobain tutut nya ngak ??? semacam keong gitu, enak lho hahaha
    Yang gw suka dari sate ini adalah sambel nya yg lumayan pedes

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      di sana sih aku ga cobain tututnya mas.. ga tau kalo ada itu ;p.. tapi aku prnh makan tutut di purwokerto ama di sibolga juga ada.. emang enak, walo aku sampe skr ga pinter ngisepnya ;p hihihihi

  27. sulis mengatakan:

    Eh..aku ninggalin koment di kolom yang salah mb fanny.. ☺ sate maranggi di tempatku msh jarang mbak…banyaknya sate klathak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sate klathak? kamu di jogja ya mbaa? aku pagi ini mw ke solo nih,.. ntr mw mampir jogja khusus kulineran :D… pgn coba deh sate klathak

  28. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Satenya nikmat hahahaha

  29. Yoga Akbar S mengatakan:

    Aku gak tau apa itu sup dengkul. 🙁

    Woah, 35 ribu. Termasuk murah, ya! Sayangnya jauh bangeeetttt! XD

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaah, iyaaa, jauhnya memang bikin males :D.. sop dengkul itu kyknya bagian lutut sapi Yog :D..

  30. Ranny mengatakan:

    Tempatnya lucuk bener Fan 😀 apalgi ada jualan gitu, duh aku paling gak kuat iman hahahah etapi satenya enak sik, jadi gpp yes makannya sampe jauh bener.
    Faan, asikk ke Solo ya, ntar aku inbox nomer WA ku ya, BBM ud aku hapus

  31. Yessi Greena mengatakan:

    Suka sate ya, mb? Kalau ke Salatiga harus coba Sate Suruh. Daging sapi juga 🙂
    Ada juga Sate Beringin, tapi yang ini sate ayam. Ntar deh kapan-kapan (kalau nggak malas…heheheheh) aku posting tentang sate-satenya Salatiga ya 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aaggghhhhhh, cepetan postingnyaaa.. aku tgl 8 ini mw ke solo, selalunya lewatin salatiga 😀

  32. Gustyanita Pratiwi mengatakan:

    Sop dengkul? Wow unik ya mb walau agak so so rasanya
    Tapi itu degan alias kelapa mudanya bowlehhhhh ah distuput duluk

    Trus irisan tomat di sambel marangginya juga mlimpah abizzz
    #krucuk2 baca ini pagi2

  33. wih mantap banget dah satenya ampe bikin melek nih mata, hehehe

  34. Ami Hamni mengatakan:

    Hoalaaah bikin ngiler liat foto sate nya hehe

  35. Dita Indrihapsari mengatakan:

    Aaakk jd pingin sate maranggi jugaaa. Suami pernah ngajakin jg mba, tp blum kesampaian sampe skrg hihi.. Walopun aku gak terlalu suka pedes tp tetep penasaran buat nyobain..

  36. Astin Astanti mengatakan:

    hallo Mbak, aku belum pernah cobaik sate Maranggi yang di Cikampek, catet ach, kapan lagi kuliner di situ

  37. Levina mengatakan:

    Aaaa…aku pernah makan di sini. Waktu mau benchmark ke PK … enak bener Mbak sate marangginya. the best ever …

  38. Rosanna Simanjuntak mengatakan:

    Aku suka banget ekpresi mbak yang ini :

    “Jelas-jelas kesan yang menyesatkan!”

    Hahaha… so do not judge book by its cover dalam hal ini nendaaang banget yak.

    Pasti hubby kalau diajak kesini, pasti dijamin merem melek kenikmatan. Dan nasinya dibungkus daun, huuuaaaa itu kuereeen, banget! Sukak banget sama aroma nasi panas plus daun. Mak nyoos!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahahaha… iyaaa… aku ngaku salah deh.. anggab enteng penampakannya ;p.. ternyata emg enaaaak bangetttt.. :D.. mau aja sih kalo balik lg kesana ;)..
      bener mbak, nasi dibungkus daun pisang itu slalu ueenaaak ya rasanyaaa ^o^

  39. Suluh Buah Papua mengatakan:

    Jauh nih dar rumah saya, tapi kalo kapan2 sempet lewat sini coba ah mampir. Itu sambelnya cuma tomat doang ya? Padahal saya sih sukanya sate pakai sambel kacang.

  40. lianny hendrawati mengatakan:

    Ini satenya lain dari yang pernah kulihat, biasanya pake bumbu kacang.
    Bikin ngiler ini satee apalagi liat es nya segeeeer.
    Satenya sendiri nggak pedas ya sebelum diberi tomat campur cabe itu?

  41. evrinasp mengatakan:

    saya nyobain yg di cipanas mbak, menurut saya agak aneh karena disajikan dengan sambal oncom, kata suami sih memang enak yg di purwakarta, tapi belum nyoba, kalo mbak sudah bilang enak pasti enak banget

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah, aku baru tau ada yg pake sambel oncom… kapan2 aku cobain jg ah mbak, biar tau beda rasanya gmn 🙂

  42. ihh sate ya aku sih ga trelalu suka sate.. tapi kayanya itu enak deh hihiii

  43. Meidi mengatakan:

    Oooommmoooooo, ini pasti sate maranggi yang mama sama papa sering mampir nih kalo ke Purwakarta
    aku tuh pernah ga ya makan di sini?
    tapi pengen bangeett, duh ini sampe rumah malah sakit coba kak, sebeel banget.
    Aku mau ketemuuu, belum ketemu sama si cimil1 cimil2 kan?

  44. Adriana Dian mengatakan:

    Ya ampun mbak, aku sih bahagia banget kalo diajakin suami makan jauh-jauh gituuu. Kalo perut kenyang sama makanan enak, hati pasti bahagia kan, belom lagi bisa untuk tulisan blog yaaaa. Hihihihihihiii. ngebayangin pedesnya itu tomat cabe merah langsung ngecessss… Duh, pengennnn, ntar sekali kali cobain aaaahhh. Makasi infonya mbaaaaakk

  45. Sophia Mega mengatakan:

    Sluuuurp. Enak kayaknyaaa.

  46. jual suplemenfitness mengatakan:

    Wuih enak banget tuh satenya, jadi pengen nyobain…

  47. kania mengatakan:

    terkenal banget sate ini, tempatnya luas, saya beberapa kali kesini mampir saat baru dan mau mudik 🙂

  48. Keke Naima mengatakan:

    Dulu waktu belum ada tol Cipularang, makan di sini jadi semacam kewajiban kalau ke Bandung. Pulangnya juga begitu, mampir dulu buat makan di sini. Setelah ada tol Cipularang, mulai jarang mampir. Pengennya langsung sampe Bandung aja.

    Saya pikir tadinya tempat makan ini akan ‘mati’ setelah tol Cipularang jadi. Tapi ternyata pas beberapa waktu lalu saya ke sini lagi ternyata tempatnya makin gede, makin bagus, dan makin rapi. Membuktikan kalau satenya memang juara. Buktinya walaupun udah gak setrategis dulu, tetep aja banyak yang datang

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbaa… pas aku dtg aja ruameee bangetttt… dan memang satenya enaaak ^o^.. pgn kesana lgi ihh…

  49. Mei Wulandari mengatakan:

    Halo mb Fanny salam kenal yaa, maaf baru sempet bewe balik .
    Aku juga suka banget sama yg namanya sate, tapi jujur belum pernah makan sate maranggi huhuhuhuu
    Gakpapa telat yg penting ditulis hehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaa, iya mba… kmrn kebetulan lg abis ide mau nulis apa ;p.. eh bongkar2 foto, ada sate maranggi ini 😀 dan inget blm ditulis

  50. Lusi mengatakan:

    Baru 2x ke sate maranggi waktu nengok suami yg lagi mburuh proyek tol Sadang itu. Udah lama banget ya berarti. Seru tempatnya, jual sate bisa rame banget gitu pembelinya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya ya mba… sate doang loh ini.. peminatnya bisa membludak :D.. tapi kalo memang enak, pasti dicari org trs sih 😀

  51. Heni Puspita mengatakan:

    Menggoda banget hua hua

  52. Ahmad mengatakan:

    pas bgt tu udah makan sate dibarengi lagi dgn es kelapa muda yang segar bgt .. komplit bgt tu

  53. kupingku ikut berdenging begitu liat baskom cabe rawitnya, Mba

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.