D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2016

08

RM CINANGGELA, BELA-BELAIN KE BANTEN, DEMI SAMBEL HONJE

rm cinanggela, sambel honje

Bisa dibilang ini satu-satunya rumah makan yang aku datangi hanya karena menyajikan sambel honje ato kecombrang. Apalagi mengingat lokasinya yang hampir 100 km dari Jakarta ;p.. Tau dong pak suami eyke paling ga suka disuruh nyupir yang jaraknya jauh begitu ;p. Diminta ke daerah Selatan Jakarta aja dia bisa ngomel panjang kali lebar, apalah lagi disuruh nyebrang ampe Banten wkwkwkwkw … Tapi, berkat kelicinan dan bujuk rayu dari istrinya ini, suami langsung terjebak nyupirin kita sekeluarga menuju RM Cinanggela 😀

Warung Cinanggela, Banten.. Kecil, tapi rasa makanannya BESAAR 😉

RM CINANGGELA

Jangan tanya lokasi pastinya di mana, yang pasti jauuuh…Masukin aja nama RM Cinanggela di WAZE, pasti keluar, trus tinggal klik dan ikutin aja arah petunjuknya :D.. Pokoknya, jaraknya kurleb 100 Km dari ibukota tercinta :D.

Aku sengaja bela-belain kesana, karena tau di sini menjual sambel kecombrang yang aduhai rasanya.. Rumah makannya sendiri menyajikan aneka pepesan, dan seafood plus lalapan..Kita berangkat dari Jakarta sekitar jam 12 siang, dan sampe di sana jam 15.30.. Hahahaha, 3.5 jam bok menahan laper :D..

RM CINANGGELA

Untung aja tempatnya udah rada sepian, jadi kita ga usah waiting list terlalu lama, apalagi bagian dalam warung memang kecil.. Tersedia beberapa lapak untuk lesehan, juga ada meja kursi bagi yang ga sanggub lagi duduk melantai lama-lama..

Bagi yang mau lesehan….

rm cinanggela

Lauk yang kita pilih, 1.5  ekor ayam kampung dibakar , 2 ikan Kuek, aneka pepesan seperti jamur, oncom, pepesan peda, pepesan udang , dan botok nasi sayur -> yang kita pilih hanya karena namanya unik :D.

Untuk sambelnya, disajikan sambel terasi, sambel tomat dan pastinya, sambel honje yang jadi alasan utamaku jauh-jauh kesini.

Trus rasanya gimana???

Cuy, kita memang lagi laper berat, tapi rasa makanan di warung sederhana ini juga AJIIIIB dan bikin namboh-namboh ;p. Ayam kampung bakarnya empuk! Dicocolin ama sambel honje ato terasi, sama enaknya! Ikan Kueknya punya tekstur tebel, dan durinya samasekali ga mengganggu. Ntah karena memang ikannya masih segar, ato bumbu bakarannya yang enak, tapi daging ikannya berasa manis. Amis? Ga samasekali!

Ayam kampung bakar, empuk dagingnya!

rm cinanggela

Ikan Bakar Kuek, yang manis dan ga amis

rm cinanggela

Juga aneka pepesan yang kita coba… Pepes jamur dan oncomnya endeeuus dimakan gitu aja, tapi lebih nikmat saat bertemu nasi panas. Dan botok nasi sayur ini terasa seperti nasi tim, hanya saja lauknya cuma sayur.. Aku nyeseeel cuma bawa pulang 1 :(.. Mana jauh banget lagi kalo kesana :D.. kalo tau rasanya enak begitu, aku beli banyak ;p.

Pepes Oncom

PEPES ONCOM

Botok nasi sayur yang mirip nasi tim.. Orang Banten, tau ga nama sayurnya? Lupa karena unik namanya

BOTOK NASI SAYUR

Pepes Jamur

img20161207151235

Pepes Udang serundeng, makan ama nasi panas! ^o^

pepes udang

Untuk sambel honjenya, memang  mantap.. Rasa kecombrang yang kuat dan wangi, bikin sambelnya terasa unik.. Aku akuin rasa pedesnya ga menyengat, sehingga untuk orang yang ga kuat pedes mah, pasti bisa masuklah.. Sambel tomatnya segar, cocok banget pas dicocolin ama lalapan.. Mungkin sambel terasi yang level pedesnya sedikit lebih tinggi dari si honje :D. Walopun untukku yang penyuka pedes akut, ini masih ga pedes sih ;p.. Tapi lumayanlah, ada sedikit yang gelitikin  lidah.

Sambel Honje, yang bikin aku rela datang jauh-jauh hanya untuk ini 😀

rm cinanggela, sambel honje

Paling happy saat membayar dooong.. Aku yang nebak-nebak sekitar 500an ribu pasti ada, harus bengong pas dikasih coret-coretan bill yang hanya menunjukkan angka Rp 300,000 untuk semua total makanan dan minuman yang kita pesan :D… Tapi yang paling ngenes sih, ternyataaaa, harga sambelnya GRATIS sodarah-sodarah.. hahaha… Tau gitu, aku bawa pulang agak banyakan ;p

81 tanggapan untuk “RM CINANGGELA, BELA-BELAIN KE BANTEN, DEMI SAMBEL HONJE”

  1. Anis Hidayah mengatakan:

    Weh, weh, weh,,, walau jaraknya sekitar 100 Km, tetep aja ya mbak ya, Mbak Fanny nekat buat cari sambel honje atau kecombrang ini. Kalau saya mah agak memeng mbak, kalau nggak sekalian mampir kemana gitu. Keren, keren mbak,,,,, kasihan suaminya, hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa duunk ;).. kalo udh penasaran, aku bakal cari sampe ketemu hihihihi ;p.. walo harus sedikit menjebak pak suami hahahaha ;p

  2. ericka mengatakan:

    aduhh lapaarrr hihihi .. btw kecombrang itu apa ya mbak? saya tinggal di Jawa Timur, jadi gak ngerti dengan istilah kecombrang 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bentuknya sih mirip bunga mbak… wanginya tajem, tapi enaaak ;).. kalo disumatra ini biasanya jd campuran ke dalam sayur ubi tumbuk ato utk tumisan… ada jg yg bikin jd sambel 😉

  3. lianny hendrawati mengatakan:

    Wah postingan ini juga bikin ngiler Fan. Pengin nyicip botok nasi sayur sama sambel honje nya *glek.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo ke banten, wajib datangin mbak ;).. serius ini enaaak, dan harganya yaaa, bikin ngelus dada saking murahnya 😀

  4. Winda Carmelita mengatakan:

    Sebagai penggemar sambal, aku langsung cari resep Sambal Honje hahahha … Untungnya sebelum baca blognya mbak fanny aku udah abisin sambel ijo di kantor :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku dulu pernah nemu olshop yg jual sambel kecombrang, dan itu enaaaaak! pedes banget… tp sayangnya dia udh ga jualan :(.. sebel deh ih…

  5. Yessi Greena mengatakan:

    Perjuangan banget ya, mba..100km untuk sambal kecombrang. Untungnya enak ya..dan dapat sambel gratis pulak 😀

  6. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Botoknya menarik perhatian 🙂
    Sukak sama botoknya hahahaha

  7. Gustyanita Pratiwi mengatakan:

    Wakakkk sama paksuamiku jg klo disuruh nyetir jauh mending tidur , klo mau disetitin traktir maksi ma bensin mbul, kt dia

    Owalah jadi itu combrang tah, takpikir leunca tadi
    Tapi aku ga terlalu suka kecombrang smriwing gitu berasamya hihi

    Klo menu sesundaan gini emang manteb, byk pepesannya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, justru krn rasanya unik dan semriwing aku sukaaa ;p… ini mah sayuran yg sering bgt dipake dimasakan batak nit.. makanya aku udh terbiasa ama rasa kecombrang dr kecil 😀

  8. nova violita mengatakan:

    aduh.. liat ayam kampung bakar ngangkang gitu…

    perutku kriuk-kriuk… hhmm..lezat..

  9. Cumilebay mengatakan:

    Ok aku juga akan merayu para groupies untuk diajak ke serang, sambel nya menggoda banget

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tapi kurang pedes mas..itu aja kurangnya.. ato bisa kali ya diminta bikin yg super pedes :D.. next kesana aku mau minta gitu ah

  10. Gustyanita Pratiwi mengatakan:

    Btw aku bacanya mpe neguk2 aer liur aaaakk kebayang bumbu bakaran ikannya huhu

  11. Liswanti Pertiwi mengatakan:

    Aduh itu ayam bakar dan ikan juga sambelnya menggoda sekali neh mba. Aku lapeer, ngeces deh. Andai dekat rumah.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku jg sebelnya knpa lah ini jauh sekaliiii -__-.. jd ga bisa sering2 dtg… pak suami juga bisa merong2 kalo tiap minggu diajak kesana ;p

  12. Memez mengatakan:

    Ihhh sebel/…. bikin ngiler aja sihhh. Tapi ya jadi penasaran sama rasa sambal Honjenya ini 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo suka kecombrang, pasti suka ini mbaa ;).. rasa honje itu unik.. wangi lagi ;).. buatku sih semua tumisan yg dimasak dgn honje pasti enak

  13. Isnaini S Ibiz mengatakan:

    Ngelihat sambel honjenya, pingin nyobain mbak. Apalagi semua sambel gratis ya. Botok nasi sayurnya juga kepingin nyobain. Ah, aku kalo bw kesini pasti bawaannya laper. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihihi…. aku memang hobi makan mbaak ;p.. iya botok nasinya itu aku sukaaaaa ^o^… kirain bakal aneh, abisnya dibilang isinya sayur tok.. trnyata sama aja kayak nasi tim ayam, cuma yg ini pake sayur 😉

  14. MeriskaPW mengatakan:

    Penasaran sambel honjenya, baru tau ini ada sambel dari kecombrang. Di rumah makan Ciganea gitu gak ada ya mbak?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      banyak kalo di sini mba… kecombrang itu gampang ditemuin.. dan memang paling enak kalo dijadiin sambel ato utk tumisan 😉

      rm ciganea aku malah blm prnh kesana ;p.. jd ga ngerti jg mereka ada sambel kecombrang ato ga…

  15. Dine Aisah mengatakan:

    Masyalloh ngeliat beginian pas makan siang.. salah banget ya rabb.. wkwkwkwkwk.. pepes jamurnya kesukaan banget itu mba..
    terimakasih sharing post nya..
    salam kenal ya..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaa, aku jg suka bgt ama pepes jamur :D.. dan biasanya pepes enak itu memang di warung2 makan jawa barat ya :D..

  16. Larasati Neisia mengatakan:

    Pas jam makan siang, pas ngeliat ini *senderan ditembok*
    penekanan sambel gratis itu jaman sekarang mah lumayan ya mbak, secara sambel-sambel sekarang ada rate nya hahahha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahaha beneeeer… aku mah sambel itu kyk lauk utama soalnya ;p… gpp deh ga ada ikan, yg penting ada lalapan dan sambel 😀

  17. Ami Hamni mengatakan:

    Kalo deket si bisa tuh nyoba beli buat mamah yang doyan juga samel gituan hehe

  18. Alid Abdul mengatakan:

    Allahu Akbar, aku ngeces lihat ayam bakarnya yang mekangkang itu T___T
    Btw aku belum pernah makan sambel kecombrang, di Jawa Timur nggak umum sih 🙁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kecombrang memang lbh banyak di sumatra sebenernya mas… tapi daerah kyk jawa barat juga banyak dan seringnya dijadiin sambal :D.. kalo di sumatra utk campuran tumis ama daun ubi tumbuk

  19. nitalanaf mengatakan:

    Kecombrang itu sendiri saya belum tau ? tapi sambel kecombrangnya mantep ya. Jauh banget kulinerannya ?

  20. Keke Naima mengatakan:

    kalau lihat tempatnya kelihatannya adem. Makanannya juga enak-enak kayaknya. Tapi saya gak suka honje. Kalau sambal lain ada kali, ya? 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      adaaa…sambel tomat ama sambel terasi mba ;).. tp sejujurnya sambel2 di sana memang ga pedes sih ;)..

  21. Dewi Nielsen mengatakan:

    Ikan bakar kueknya,botok nasi sayur sama pepes udangnya..omg..pengen order 😀 huaaaa..yang ada hanya bisa baper…disini nggak ada…

  22. velli, md. mengatakan:

    suka sambel mbak? monggo dateng ke medan dan rasakan nikmatnya sambal Andaliman khas medan.
    dijamin namboh2 makannya..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      udah doooong ;p.. aku kan org medan.. orang tua masih di sana :D.. makanya aku suka semua makanan yg pedes2 😉

  23. Rahmi mengatakan:

    Waah selalu suka aku dengan menu yang ada sambelnya. Menggiurkaaan ??

  24. Rudi Chandra mengatakan:

    Ngiler liat makanannya.
    nikmat banget tuh..

  25. Mugniar mengatakan:

    Mbaak, 100 km jaraknya?? WIih tapi terbayar ya dengan kepuasan menikmati masakan2nya 🙂
    Saya penasaran sama yang namanya kecombrang,belum pernah nyicip 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      harus cobain mbak… di makasar harusnya ada kok :).. enak itu rasanya… wangi… bentuknya kayak bunga gitu kalo blm diapa2in

  26. Eda Wardani mengatakan:

    enaknyooooo, bikin ngiler-ngiler deh tuh 🙂

  27. Bundasaladin mengatakan:

    Wah pepesnya menggoda banget
    Belum pernah makan kecombrang. Rasanya kayak apa ya?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      wangi mbak ;).. enak bangt.. kalo di sumatra honje ato kecombrang sering di pake utk sambel , tumisan ato daun ubi tumbuk ala batak ya… 😀

  28. jual suplemenfitness mengatakan:

    Wah sambel honjenya emang bikin ketagihan…

  29. Wahyu mengatakan:

    Kecombrang, baru denger namanya mb 😀
    Kata suami ada warung duren enak di banten mb, saya lupa namanya apa, tapi uantri dan selalu habis. Kedai es duren apa ya namanya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      wah kalo itu saya ga tau mbak :D.. kmrn ke banten cuma niat nyari sambel kecombrang alias honje ini 🙂

  30. Yasinta Astuti mengatakan:

    Aku malah ngiler liat pepes oncom qiqiqi
    Udah lama banget ga makan itu, sambelnya juga sih, ahh kan jadi laper aku mbaaaaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya, oncomnya termasuk enaaak :D.. aku aja jd suka …pembantuku ga seenak ini jg kalo masak oncom..

  31. CatatanRia mengatakan:

    ciyuss mba sambalnya gratis, tapi jauhnya gak nahan 😀 harus lewatin berapa kota untuk bisa sampe kesana 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha…iya bener, gratis.. aku baru tau pas mau bayar hahahaha ;p.. coba kalo tau belakangan ;p..

  32. Indah Nuria mengatakan:

    Astagaaaa itu sambel dan makanannya.. bikin ngileeer 😉

  33. fika mengatakan:

    aku nyerah deh mba sama diary kulinermu keren banget bisa menjelajah tempat di manapun hehehe… Semoga bisa kesini suatu hari nanti

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hihihihihi….aku slalu penasaran ama tempat2 yg gini mbak ;p..apalagi kecombrang itu fav ku banget ;p.. sejauh apapun kalo emg ada yg enak. pasti aku dtgin deh 😉

  34. Sie-thi Nurjanah mengatakan:

    Dari jauh tampak seperti rujak bebek 😀
    Apa sambel pecak y..deuhh jd pingin icip-icip

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeer.. sepintas mirip rujak bebek mbak ;p.. aku baru sadar ih…tapi sama segernya loh ama rujak bebek ;p

  35. Alris mengatakan:

    Wuuiih…sambel honje-nya bikin ngeces nih.
    Terbayar lunas ya, walau jauh tapi makanannya enak dan…murah lagi. Top markotop dah…
    Ayam kampung bakar itu menggoda sekali.

  36. Alris mengatakan:

    Eh, di pasar anyar deket stasiun Bogor ada lo yang jual honje. Jualnya deket rel.
    Lumayankan kalo ke Bogor bisa belanja honje buat sambal di rumah.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      untungnya di deket pasar rumahku dijual mas ;p.. jadi enak kalo kgn sambel honje bisa lgs beli 😀

  37. Dwi Ananta mengatakan:

    Lumayan juga ya perjalanannya kalau aku bakalan caranky nahan lapar selama itu mbak ? paling bener makan dulu di rumah terus di sana makan lagi ??

    Belum pernah nyobain sambel honje, jadi penasaran~

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, iya, aku ga nyangka aja sejauh itu ;p.. makanya bela2in ga makan dulu :D.. tapi ga rugilah menahan laper kalo memang enak 😉

  38. Ahmad mengatakan:

    sambal honje aku blm pernah denger mbak… gimana ya rasanya ??? pastinya lezat ya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enak mas ;).. Memang ga begitu pedes, tapi rasa sambelnya unik karena wangi dari honje nya itu 😉

  39. pokoknya mengatakan:

    uuuuuuuuuuuu mantab kakak bikin ngilerrrr 😀

  40. dhonnies mengatakan:

    nama sambelnyaunik, Sambel Honje. 😀
    pasti enak banget itu disantap dengan nasi panas

  41. Vika mengatakan:

    Walah2… Mantap banget liat makanannya… Saya sekarang tinggal d banten nih mba.. Ntr iseng2 mau kesana ah… Tq informasinya ya mba..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.