D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Mei 2016

31

RAME-RAME WISATA KE MAKASSAR ;)

malino highland

Ga terasa,  setahun sudah dari terakhir kali HSBC mengadakan outing untuk semua karyawannya. Di tahun ini, lagi-lagi kita sebagai staffnya , kembali dikasih budget liburan untuk outing bareng bersama branch ato department masing-masing. Kalo tahun-tahun sebelumnya, branch ku memilih Bali, Padang, Jogja dan Belitung, untuk tahun ini kita sepakat memilih Makassar sebagai destinasi liburan. Happylah pastinya, secara aku belum pernah ke Makassar. Lumayankan, gratis tis bisa kesini berkat kantor 😉

Sebelum boarding ke pesawat

team makassar

Berangkat Jumat malam, kita langsung ke bandara seusai jam kerja. Pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta-Sorong transit di Makassar, untungnya ga mengalami delay ato keterlambatan samasekali. Syukurlah, karena kalo semua lancar, sampe ke hotel itu bakal sekitar jam 1.30 pagi waktu Indonesia Tengah.

Esok paginya, acara padat jelas sudah menanti. Hanya punya waktu 3 hari 2 malam,  kita  ga mau terlambat ato berlama-lama supaya tempat-tempat yang ada di list, bisa didatangin semua. Ini nih, beberapa tempat wisata yang kita kunjungi selama di sana 😉

1. MALINO HIGHLAND

Inget Makassar biasanya langsung keinget pantai. Tapi bagi pecinta gunung, ada loh objek wisata dataran tinggi yang dikenal dengan nama Malino Highland. Berjarak  sekitar 2 jam dari kota Makassar, kita berangkat dengan menggunakan bus pariwisata. Kesananya samasekali ga macet, hanya saja jalannya sempit dan berliku. Untungnya sepanjang jalan disuguhi dengan pemandangan alam nan hijau dan nyejukin mata. Cuaca cerah saat kita tiba di Malino. Dataran tinggi 1300 mdpl, yang terasa sedikit panas, tapi tetep sejuk di kulit, apalagi anginnya lumayan kencang. Di Malino kita bisa naik kuda, melihat zoo, metik strawberry, pergi ke air terjun ato sekedar puas-puasin foto dengan background perkebunan teh yang luas banget! Aku bareng teman-teman sih lebih suka foto-foto doang ;p. Awalnya pada pengen ke air terjun, tapi begitu tau masih harus jalan kaki 2 jam ;p, semuanya mundur teratur. Aku yang sebenernya suka banget wisata air terjun, ikut-ikutan mundur , mengingat sepatu 7 cm yang sedang dikenakan wkwkwk ;p. Daripada dipaksain bisa bikin  patah ya bok ;p

Malino highland

malino highland malino highland malino highland

Puas foto-foto, kita sepakat pindah ke kebun strawberry. Nah, karena sudah include dalam paket wisata, di sini kita bebas memetik strawberry maksimal 15 buah per orang.  Walopun tau sih ada beberapa temen yang nakal, metik lebih banyak dari jumlah yang sudah ditentukan. Pada makan di tempat nih. Aku sih jijik ya, secara tuh buahnya kan nempel di tanah ato kena kotoran ntah apa ;p. Dicuci bersih dulu dong. Puas metikin  strawberry, nantinya buah-buah kita bakal dihitung ulang ama penjualnya, lalu dibungkus rapi.

Karyawan bank beralih job jadi pemetik strawberry ;p

kebun strawberry malino

Nah saat menunggu temen-temen lain, sempet tertarik tuh ama beberapa sayuran yang dijual dekat situ. Ada cabe, kacang merah, buah jambu biji dan wortel lokal. Semuanya ditaro dalam keranjang ukuran sedang. Iseng aja nanya berapa harganya, dan kita semua shocked pas si ibu penjual bilang SEKERANJANG itu Rp 10,000!!! Aggghhhh ibu becandakan???! Bikin kita semua end up dengan rebutan beli sayur mayur di Malino Highland hahaha ;p. Sayangnya stok si ibu ga banyak. Cuma bisa untuk 3 pembeli buat masing-masing sayur dan buah. Aku berhasil beli sebaskom kacang merah dan jambu biji ;). Padahal awalnya ngincer cabe merah, kan cabe di Jakarta mehooong Cyiiin ;p

Serba Rp 10,000!!!!

malino highland

2. MUSEUM ISTANA RAJA GOA (BALLA LOMPOA)

Sebelum lanjut ke Malino Highland, museum ini yang pertama kali kita datangin karena searah. Istananya ada 2, tapi yang 1 nya hanya replika. Di dalam, kita bisa melihat ruangan luas berisi foto-foto raja Goa, silsilah keluarga, pakaian-pakaian yang dulu mereka kenakan, senjata-senjata, dan perabotan istana jaman dahulu. Mau foto-foto dengan menggunakan baju adat Sulawesi Selatan? Bisaaa, bayarannya kalo ga salah hanya Rp 30,000.

BALLA LOMPOA, MAKASSAR

BALLA LOMPOA BALLA LOMPOA

3. SAMALONA

Samalona Island kita datangin keesokan harinya. Awalnya cukup excited mau ke pulau ini, karena banyak review yang memuji pulau ini  cantik. Dari foto-fotopun memang keliatan cakep, sepi dan bersih. Kenyataannya….. hmmmm… kok rada kecewa ya :(. Dulu mungkin pulau ini bersih dan sepi, tapi pas kita datang, pantainya sedikit kotor, dan boro-boro sepi, ruameee puuoool! Ini  si tukang perahu apa salah nurunin kita ke tempat yang rame ? Karena jujurnya kita ga ngelilingin  pulau. Bisa jadi  sisi lain pulau ini memang sepi. Jadi ga pengen lama-lama  di sini, cuma sekedar main games yang sudah tertulis di itinerary untuk ngerebutin voucher dari kantor.

SAMALONA

SAMALONA SAMALONA

Menuju Samalona,  kita harus naik boat yang banyak disewakan. Satu boat bisa memuat 6 orang, tapi jangan tanya harga sewanya ya 😀 , karena buat kita, inikan  udah termasuk biaya tur yang dibayar  ama kantor :p

SAMALONA

4. BENTENG ROTTERDAM

Benteng ini ga jauh dari dermaga kayu Bangkoa yang menuju Samalona. Hanya karena keterbatasan waktu dan saat itu teriknya ampun-ampunan, ga banyak juga dari kita yang mau naik ke benteng ;p. Semua lebih tertarik untuk cepet-cepet shopping. Tapi bagi yang suka ama peninggalan sejarah seperti ini, wajiblah singgah sebentar untuk melihat bentengnya 😉

Dermaga kayu bangkoa

dermaga kayu bangkoa

5. PANTAI LOSARI

Hotel tempat kita menginap selama di Makassar, deket banget ama Losari.. Tingal ngesot lah ;p. Malam hari, saat acara tur memang free, banyak di antara kita yang jalan-jalan menuju pantai. Lautnya sih  ga kliatan karena gelap, tapi masih oke kok untuk sekedar cuci mata sambil foto-foto di sekitaran pantai.

losari

Ada banyak  penjual  makanan di Losari saat malam. Tinggal pilih, karena sepanjang  jalannya berderet gerobak-gerobak  yang menjajakan pisang epe, jagung bakar dan sarabba (Minuman jahe khas Makassar). Oh iya, deket Losari juga ada pusat wisata kuliner Makassar loh. Mulai dari seafood, mie titi, otak-otak dan ntah apa lagi saking banyaknya. Puas banget kulineran di sini.

Cumaaa.. mau foto dengan latar tulisan LOSARI ato CITY OF MAKASAR,  susah banget karena ruaaamee. Makanya, kebanyakan dari temen-temen balik ke Losari saat siang hari , karena cuma saat itu huruf-huruf raksasa bertuliskan kata-kata tadi tidak dikuasai oleh ABG-ABG yang sering nemplok di hurufnya ;p. Tapi tahanin aja panasnya ya 😉

losari

6. SHOPPING

Daaaan… ini nih yang paling ditunggu dari semua tempat wisata Makassar. Tau kenapa? Maaan, harga barang-barang di sini itu……. MURAH-MURAH cuuuy ^o^. Gilaaa, aku ampe kalap belanjanya! Kita dibawa ke daerah Somba Opu. Di sana ada banyak banget toko-toko kerajinan, souvenirs, dan emas ;). Udah ga rahasia lagi kalo emas di Makassar itu designnya cantik-cantik. Tapi harga emas lagi tinggi, jadi mendingan belanja kain-kain songket khas daerah sini yang cantik  dan berwarna-warni. Kaos-kaos souvenirnya juga murah dengan kualitas kain yang lembut dan nyaman. Harga cuma Rp 30,000!! Kalo songket dimulai dari harga Rp 38,000 sajah! Memang sih bukan tipe songket yang berat itu. Tapi kalo sekedar dipake untuk acara nikahan, udah cukuplah ya songket begini ;). (Recommended toko untuk songket di Somba Opu: Toko Keradjinan, terima kartu kredit dan debit)

Bagi yang ingin  belanja snack khas Makassar, coba ke toko Cahaya (Alamat: Jl Sulawesi no 181). Di sini  cemilan khasnya komplit, mulai dari kue-kue kering, kacang-kacangan, sampe sirup markisa dan minyak tawon!!  Memang sih agak lebih mahal daripada Somba Opu, karena tempatnya gedean dan pake AC 😀 . Teman-teman kantor banyak  yang memborong minyak tawon di Cahaya, karena walopun di Jakarta sudah ada yang menjual, tapi kan lebih mahal dan banyak KW nya ;p

Muka-muka seneng karena abis ngeborong ;p

makassar

Jadiii …masih mau liburan  ke Makassar? Mauuu pake bangeeettt ^o^!! Cinta deh ama kota ini, terutama kuliner  dan harga barang-barangnya itu yang super murah !! Surgalah untuk para shopaholic 😉

Bye Makassar, see you soon 😉  #LangsungCariTiketPromo

ps. Untuk kuliner, ntar ya, bakal  dibahas terpisah di postingan berikutnya 😉

 

135 tanggapan untuk “RAME-RAME WISATA KE MAKASSAR ;)”

  1. Dessy mengatakan:

    Waaah asiiik..
    Makin pengen ke makassar deh mba 🙂

  2. Ophi Ziadah mengatakan:

    dah beberapa kali ke makassar tp blom pernah ke malino highland niih…
    puncaknya makasar keknya yaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sepertinya mbak.. 1300 mdpl gitu ;).. adeeem tempatnya.. tdnya kita mau diinepin di sana, tapi dipikir2 ntr takut bosen krn memang bisa dibilang sepi tempatnya.. kecuali kalo tujuan ke makassar memang pngen menyepi yaa 😉

  3. lianny hendrawati mengatakan:

    Wah seru banget kalo pergi rame-rame gitu ya. Asyik!
    Itu sueer sekeranjang cuma 10 ribu, murah abis. Bener-bener deh bisa kalap belanja ya kalo ke situ. Btw kalo kacang merah dimasak apa biasanya? Aku belum pernah nih masak kacang merah.
    Nunggu postingan kulinernya, pasti bikin ngiler 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      di masak sop kacang merah mbaak ^o^.. enaaaak itu.. aku puas makan sop kacang merah pulang dr sana ;p.. bentar yaa postingan kulinernya 😉

  4. Elisabeth Murni mengatakan:

    Wah asyik banget mbak bisa piknik ke Makassar free hehe. Malino Highland kelihatannya asyik ya, jadi pengen piknik kesana. Maklum saya juga pecinta pegunungan.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      toooosss lah ;).. aku pun selalu milih daerah pegunungan kalo wisata , krn ga bikin pusing kepanasan 😀

  5. ijeverson.com mengatakan:

    Malino kayakanye kren, buat foto2 gitu juga mantep, esensi travellernya dapet tuh. kalau pantai losari sih udah cukup legend, banyak sih yang foto sama tulisan warna merahnya itu. hohoho. Makassar asik ya, selain bisa wisata kayak ke pantai atau mendaki.. ada jug awisata budayanya. bisa shopping ria pula… gokil

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu diaa.. makanya kemarin pas diksh pilihan mw pantai semua, ato ada dataran tingginya, kita semua kebanyakan milih ada dataran tinggi juga ;).. biar beragam wisatanya jev.. tapi beneran aku suka nih ke makassar… trutama harga2 brg2nya serba murceee ;p

  6. Nurul Fitri Fatkhani mengatakan:

    Akhirnya meskipun panas-panas bisa mejeng di depan huruf City Of Makasar ..hi..hi..
    Tapi beneran ya..hasil buminya harganya murah banget.
    Ternyata di sana juga ada kebun strawberry ya..kalo di Bandung mah, adanya di Lembang tuh. kelihatannya pemandangannya juga asri.
    BTW asik banget, mbak, bisa liburan gratis..tis.. he..he..he

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahaha iya mbak.. harus bgt panas2an kalo mw foto dpn tulisannya .. kalo pas malam ato sore mah, jgn ditanya deh.. ruameeeee org duduk2 di hurufnya ;p

  7. Okti Li mengatakan:

    wow. Keren sekali ya perusahaannya 😉 asyik Mbak Fanny bisa jalan-jalan gratis terus
    moga makin menambah semangat kinerja dan prestasinya ya 😉

    Biar bisa jalan-jalan gratis lagi, hehe
    btw, lokasi wisatanya bagus-bagus ya… sayang jauh, haha… kalau gratis saya juga mau 😉

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tujuannya emg supaya staff ga jenuh ama kerjaan mbak :D.. makanya tiap thn dikasih jatah jalan2 :D.. sebelumnya aku jg blm prnh ada planning ke makasar krn tiket ke sana cendrung mahal :D.. makanya pas kantor ngadain outing kesitu, lgs ikut 😀

  8. cumilebay.com mengatakan:

    Kok ngak ada acara berburu kuliner hahahaha
    Eh aku baru tau malino highland ini kece juga

  9. evylia hardy mengatakan:

    Jadi inget masa-masa bareng temen kantor dulu….
    Belanja sayur sama buahnya bisa tahan gak ya segernya waktu sampe di rumah?

  10. winny mengatakan:

    penasaran banget ama malino ini kak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bagus mbak.. tapiiii aku kash tau aja, ini lbh cocok utk org yg suka tempat yg ga terlalu rame, yg suka tempat adem, yg suka yg sepi2 deh.. jd kalo memang yg dicari tempat rame, malino kurang cocok mbak 🙂

  11. Nunung Yuni A mengatakan:

    Waah seneng banget ya karyawan HSBC dapat jatah jalan-jalan dari kantor. Bisa jalan-jalan gratis. Eh tapi aku sebagai nasabah CC HSBC juga pernah dapat jalan-jalan gratis ke Singapura tahun 2010 lho sama AirAsia.BAik ya emang HSBC.Hihi..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      AAAGHHHHH, pake cc hsbc yg airasia yaa.. aku sediiih CC nya udh selesai kerjasama ama hsbc, dan ga dilanjutin lagi :(.. jdnya point CC nya ga bisa dituker lg ke airasia :(..

  12. kania mengatakan:

    maauuuu mba kalo disana serba murah 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, yg suka shopping mah bisa kalap mbaak ;).. aku aja budget belanja yg tadinya ga mau banyak, jd bengkak 😀

  13. Grace Melia mengatakan:

    Tiap ke sini selalu mufeng beraattt, belum pernah blas euy ke Makassar. Mau banget diajakin dong mbaaa :p

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ayuuuuk mbak… KEB ngadain tur bareng gitu ;).. kalo diksh tau dr jauh2 hari, mau atuh aku ikutan juga, bisa arrange cuti ;).. tapi serius, makasar itu baguuus 😉

  14. Bok..mewah bgt sik hsbc outingnyaaaa…bank gw mah cuma sanggup ke bandung, carita dst..sediiihh..hahaha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahaha, eh tapi thn dpn blm tau bisa gini ato gak var ;p.. kan 2017 kita integrasi ama bank ekonomi :D.. mau dsesuaikan semua benefitnya -__-.. ga tau deh jd lebih bgs ato ga -__-

  15. devi mengatakan:

    makasar tempatnya bersih banget ya, heheh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Lumayan lah ;).. cuma di pantainya sempet dikit kecewa krn sedikiit kotor.. moga2 turisnya makin sadar utk slalu jaga kebrsihan yaa

  16. sasha mengatakan:

    wihh, ngiler banget kalau lihat kulinernya, pengen suatu saat kesana, doakan ya mas hehehe

  17. Molly mengatakan:

    Aku juga belum pernah ke Makassar mba, suami yang udah. Kulinernya jagoan katanya siy ya, tapi bisa kolesterol tinggi juga hahaha.

  18. ami mengatakan:

    wah, seru ya. Malino Highland pengen banget kesana..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbak, adeeem tempatnya.. suka deh aku, apalagi krn aku memang ga tahan panas.. makanya malino lbh cocok kalo di aku

  19. Jalilah mengatakan:

    Seronoknya bercuti di sana. Semua adegan terlihat begitu menarik. Harus membawa keluarga saya untuk berlibur di sana waktu berikutnya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      haruuus.. di makasar mah semua wisata ada.. mau pantai, gunung , kuliner doang ato hanya sekedar belanja 😉 kompliit

  20. avizena mengatakan:

    wah..baju adatnya keren
    jadi pengen makan coto makassar dan es pallu butung..hemmm yummy

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Bentar aku bahas ttg kulinernya mbak ;).. makanan di sana cuma ada enak, dan enak bangetttt ;p

  21. Roosvansia mengatakan:

    Astagaaaaaa, kenapa bagus bangettttttt. Sayangnya agak jauh ya mba, kalau ngga dah jadi destinasi prewedd orang Jakarta hahahhahahahha.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      he eh… jauuuh ;p.. tiketnya kalo ga promo juga lumayan :D.. beneran deh pgn balik lg kesana mbak 😉

  22. Aireni Biroe mengatakan:

    Sering lihat kalau ada teman yang ke Makasar, foto mereka yang pasti ada itu di pantai Losari, Mbak

    dan itu, soal sekeranjang yang serba 10ribu, aku ngebayangin aksi rebutannya, hehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      wkwkwkwwk iya mbaakk.. rebutan kita.. tp kmudian pada bagi2.. soalnya skeranjang itu banyaak loh 😉

  23. Beautyasti1 mengatakan:

    Emas emas nya gak di foto mba? Penasaran sama bentuk emas nya makassar.. Btw nungguin kulineran nya di makassar nih.. Hihihii

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      minggu2 ini kok kulinernya ;p.. ini krn lg sibuk ama kantor -__-.. jd susah update

  24. ILYAS AFSOH mengatakan:

    kapan2 main ke makassar solo traveling , kayaknya oke

  25. Keke Naima mengatakan:

    Itu yang di samping kacang merah, apa aja? 10 ribu mah murah banget, ya. coba di Jakarta kayak gitu 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu yg disamping kacang merah buah jambu biji ukuran mini mbak.. ;).. aku beli itu jugaa… manis sepet rasanya.. tapi td diksh tau ama mbak mugniar yg asli makasar, katanya kalo malino memang murah.. tp begitu udh dibawa turun ke kota, sama aja jd mahal ;p

  26. Uwien Budi mengatakan:

    Foto-fotonya kurang banyak , Mbak. hehe

  27. tutyqueen mengatakan:

    sampai sekarang masih penasaran dengan pantai losari, semoga bisa kesana 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      udh terlalu rame sih mbak kalo pantainya.. yg asik dr losari sih mnrtku krn rame ama penjual makanan 😉

  28. Rani R Tyas mengatakan:

    Aishh murah bingits mbak kalau Rp 38.000,- seperti apa mbak kainnya? Ada fotonya kah?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ada sih sbnrnyaaa.. tp aku memang ga upload di blog yg songket :D.. kalo penasaran email aja deh 😀

  29. Adriana Dian mengatakan:

    Pantai Losari itu famous banget ya mbak tulisan yang gedenya itu. Hihi. DUk aku nungguin banget nih foto coto makasar, duh yang dijakarta aja enak apalagi yang asli makasar yaaaa. Ditunggu postingan kuliner makasarnya ya mbaaaak 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      minggu ini kok ttg kulinernya :D.. duuuh, inget makanannya aku jd pgn ke makasar lagi 🙁

  30. Mugniar mengatakan:

    Kalo mau foto2 memang asyiknya siang hari kalo di Pantai Losari, Mbak Fanny karena sepi hehehe.
    Sayuran memang murah di Malino. Sayangnya kalo sudah di Makassar, bisa naik berkali-kali lipat karena melalui perantara, Mbak.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah jd sama aja kyk hrg jakarta kao udh dibawa turun yak :D.. untung kita borong di atas ;p

      • Mugniar mengatakan:

        Kalo dibandingkan dengan harga Jakarta, kata orang2, masih lebih murah di Makassar, Mbak 🙂

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          pastinya ya mbak :D.. jakarta mah serba mahal apa-apa -__- .. makanya org jakarta seneng kalo nemu kota yg barangnya murah2 ;p

  31. Sie-thi Nurjanah mengatakan:

    Wah..wah..asyik banget mba. Outing bareng tmn kantor ke destinasi2 seru

  32. Fubuki Aida mengatakan:

    wuihhh rupanya makasar banyak juga ya objek wisatanya. yang kutau cma losari 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah bnyaak mbak ;).. mulai dr dataran tinggi ampe pantai, komplit. museum juga ada.. trs wisata kulinernya jg ga abis2 😉

  33. DoNurdians mengatakan:

    mantap banget emang makassar..semoga suatu saat bisa kesana

    salam kenal

  34. Beautyasti1 mengatakan:

    Aku udah pernah comment di postingan ini mba fanny.. Kok gak ada ya.. Hhhmmm… Penasaran sama emas emas ala makassar, gak ada foto nya ya mba? Hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga kepengin beli emas mbaa :D.. adaaa kok komenmu ;)..selalu masuk..

      kmrn krn emg ga ada niat beli emas, makanya ga ada masuk juga ke tokonya.. takut kalap hihihihi ;p

  35. Efi Fitriyyah mengatakan:

    SI Ibu penjual saur itu ajakin ke Jakarta aja biar kalau mau belanja bisa dapet yang murah hihihi (ya kali, si ibunya tukang sulap, ga kudu nanam dan metikin panennya). Dateng dini hari trus paginya langsung jalan ga bikin teler ya, mak karena acaranya jalan-jalan asik. Kalau disuruh meeting bakal beda rasanya huehehe… Ditunggu cerita kulinerannya.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihihi, sampe jkt itung2an si ibuk lgs beda deh :D.. sbnernya capeeek mbak.. tapi krn liburan sih yaa, jd ga kepikir ;p.. ke malinonya jg 2 jam, jd bnyk yg tidur di bis

  36. gustyanita pratiwi mengatakan:

    lalu sayur mayurnya ini jadi oleh olehkah mb fan? diangkut pake pesawat? layu ga ya? huwa tapi godaan banget emang klo serba sepuluh ribu
    mana buahnya eksotik gitu
    aku pernah ke losari tapi sampe plang merahnya doang ahahahha
    yang aku takjud, jam 12 malem suasana kota makassar ini masi ramai kan mb fan..gila perputaran roda bisnis di sini, kenceng abiz

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sebenernya yg kita beli itu kyk kacang merah, wortel, buah jambu biji, dan cabe merah nit.. jd sbrnya ini ga mudah layu ;p…

      beneeer, itu jam 1 pagi aja masih ruameee byangettt :D.. asik jadinya..

  37. Kang Nurul Iman mengatakan:

    Wadaw seru banget liburannya jadi pengen deh coba berkunjung ke sana.

  38. Diarysivika mengatakan:

    Mba enak banget sih kerja di Bank jalan-jalan mulu. Kayak kakak iparku kerja di Bank yang cutinya setahun dapat 1 bulan dan rewardnya sering jalan-jalan ke luar negeri

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      masing2 ada benefit dan negatifnya mbak :D.. kita org bank kadang suka iri juga ama perusahaan minyak misalnya, yg gajinya ampun2an ;p.. tapi ya sudlah, disyukurin aja apa yg didapet 😀

  39. MeriskaPW mengatakan:

    Aku pikir di Makasar itu serba mahal, eh ternyata malah murah-murah ya? Kacang merahnya itu murah banget, pas buat bulan puasa, bisa dibikin sup atau Es, apakah aku harus terbang ke Makasar untuk berburu kacang merah? Haha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulah mbaaak… kita para ibu-ibu sampe histeris pas denger harganya sera 10 rb ;p hahahahaha, gilaa, kyk nemu harta karun pas dgr ibunya bilang harga segitu 😀

  40. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Pantai Losari katanya sebagai sudut etrindah melihat sunset di Sulawesi hehehehe.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      duuuh, iya nih, kita ga dpt sunset, krn baru bisa ke losari pas malaaam, ama pas sianggg ;p mana dapet lagi sunsetnya..

  41. Riska Ngilan Haryono mengatakan:

    Sampai saat ini aku masih penasaran banget bisa pergi dan jalan-jalan ke Makassar mbak. Tapi aap daya belum kesampean karena mungkin berat di ongkos ya, hehe 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      makanya aku baru bisa pergi sekarang stlh ditraktir ama kantor ;p.. tapi jd semangat mbak cari tiket promo kesana ;)..

  42. Pungky mengatakan:

    Aku cuma pernah transit di makassar, belum pernah ke sana beneran. Tapi dari pesawat, liat hamparan hijau yang mirip di foto Malino Highland itu, bikin pengen turun dan main lama lama :3

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa mbak pungky… malino nya cakeeep ^o^.. adeem bgt di sana.. asal memang suka ama yg sepi2, pasti suka deh ama malino

  43. alvi kamal mengatakan:

    wah baru dari makassar ya, saya sekarang domisili di makassar. kalau ke makassar lagi mungkin bisa jalan-jalan bareng 😀 ditunggu kedatangannya mbak…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah aku baru tau kamu di makasar skr ;).. kayaknya sih bakal kesana lagi Vi… bnr2 suka bgt ama makanan dan brg2 di sana ^o^

  44. Dee - @HEYDEERAHMA mengatakan:

    Wah, semoga next aku bisa dapat kesempatan liburan ke Makassar juga biar bisa menikmati pemandangan super awesome di Malino Highland :3

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      amiiin…. cakep kok di sana.. apalagi kalo tujuan wisatanya memang mau nenangin pikiran dari kebisingan ya mba 😉

  45. Sari Novita mengatakan:

    enaknya puting Ke Maksaar..cakep pemandanganya n kuluturnya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bagus mbak, aku sukalah kesana.. ini aja udh pgn lg ke makasar.. kuliner kemarin blm puas ;p

  46. tesyasblog mengatakan:

    Sempet makan seafood yang juara di Surya Super Crab ga Fan? Aku beberapa kali ke Makassar tapi kerja, jadi wisatanya cuman sempet wiskul aja nih. Belum pernah tau ada Malion Highland segala. Issshh keren banget sih outingnya:D

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga mbaak :(.. kita udh dipilihin semua tempat makannya… pas wktu kosong, udh terlalu kenyang utk kuliner berat lg.. makanya kita nyemilinnya yg ringan2 pas free time :D.. itu kenapa aku msh pgn balik ke makasar ^o^

  47. Fahmi Anhar mengatakan:

    wuaaa seru banget sih mbak acara outing kantormu, kalau kantorku selalu lokalan aja, ke kota-kota sebelah karena budget dari pusat terbatas. hiks.

    tapi view Malino highlands cakep juga ya? Instagramable.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      malino cakeep.. ^o^ apa lagi untukku yg memang ga suka pantai :D.. tp ini cocok utk yg nyari tempat2 sunyi mas, ato memang mw beduaan aja ama pasangan ;p.. sepi dan ga bnyk tempat hiburan 😀

  48. Indah Primadona mengatakan:

    aku belum pernah ke makassar, pengen lah kalau ada budgetnya, foto di tulisan pantai losari itu wajib kayaknya ya kalau ke makassar 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sepertinya memang begitu.. udh jd trademark makasar bgt yaa ;).. hrs foto di losari hahahaha 😀

  49. Astin Astanti mengatakan:

    sirup markisa seger banget nich untuk buka puasa, Makasar aku pernah dapat oleh oleh minyak tawon

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sirup markisa di sana enaaak ;).. aku suka deh… rasanya beneran seger gitu mbak.. pdhl sirupnya di tuang ga bnyk ya, tp pas dicampur air ttp berasa seger ;), asem manisnya pas..

  50. Ranny mengatakan:

    Beuh udah lama nggak balik ke kota ini 😀 dulu mah sering heheheh belum sempat sih ke tempat wisata macam Malino itu 😀 gak sempat ke Bantimurung, Fan?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga ada di jdwal acaranya Ran :(.. pdhl pgn loh ke banti murung..itu yg ada air terjun di batu2 gitu kan? kita jg cuma jumat malam-minggu sore sih.. jdmemng trbatas bgt tempat2nya

  51. Obat Batuk Anak mengatakan:

    Keren dah

  52. Yasinta Astuti mengatakan:

    Meskipun ga terlalu suka gunung, tapi kalau gunungnya macam Malino Highland kayanya semua orang mendadak sukaa ya mbak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahaha, sejuk soalnya.. dan berasa pikiran lgs tenaaang bgt liat pemandangan gunungnya mbak 🙂

  53. Dita Indrihapsari mengatakan:

    Seruu bgt outing sama temen2 kantor ya Mba Fanny. Dan aku baru tau ad yg namanya Malino Highland, keceee bgt mba.. Kok bisa ya murah2 bgt sayur2 di sana..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku jg baru tau malino stlh kesana mbak.. aku taunya makasar itu pantai semua :D.. ternyata ada dataran tingginya juga ;).. pusat sayur mayurnya dr sana mbak, makanya murah2 byangeettt. tp pas udh masuk ke kota, katanya jd agak mahal juga kok 😀

  54. miyosi mengatakan:

    ah, nyeselll, napa dulu g ikut ke makasar dengan alasan maless
    hiksss
    jd mupengggggggggg

  55. BACKPACKTOR.COM mengatakan:

    Aaaaa Makassarrr…. Dulu juga sudah merencanakan ke Makassar, Sudah beli tiketnya, eh tapi gagal gara2 Air Asia tutup rute penerbangannya 🙁
    Kak, dirimu nggak ke Toraja sekalian?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Ini cuma outing kantor win.. jd cuma pas weekend.. ga cukup waktu kalo ke toraja.. tapi pasti ntr pgn balik lagi :D.. betah aku di sana

  56. Cipu mengatakan:

    Wah main ke kampung halaman saya, senang rasanya kalau pengunjung puas dengan Makassar.

    Terkait Samalona, wah sekarang udah gak terawat yah. Sayang banget kalau udah kotor mbak. Saya sudah lama banget gak kesana.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      rame bgtt mbak.. jdnya foto2 samalona yg aku liat sepii, ga dapet pas ke sana :D..

      tapi gpp, toh aku memang ga suka2 banget ama pantai.. yg ptg kan kuliner dan belanja di makasar itu selalu bikin puas 😉

  57. Bobby Ertanto mengatakan:

    Ada beberapa listnya belum sempat aku kunjungi. Ternyata malino cakep ya kak.
    Yang paling seru dan berkesan ya snorkling di samalona. Trus ga sempat ke tana toraja kah kak?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ga sempet mas.. ini cuma outing kantor.. jd wktunya ya cuma jumat malam ampe minggu doang :D.. next time deh kalo kesana pribadi

  58. evrinasp mengatakan:

    Pengen balik lagi ke makassar, kemarin rasanya cuma sebentar, malino sudah sampai air terjunnya aku mbak, sayang banget di sepanjang jalan ada pengerukkan pasir ya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ihhh next time deh ke malino sampe air terjunnya :D.. ini gara2 sepatu yg tidak mengizinkan ;p hihihihi…mw gaya ceritanyaa ;p

  59. Haryadi Yansyah mengatakan:

    Aku penasaran banget sama Coto Makassarnya. Di Palembang sini setahuku gak ada resto Makassar hiks

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      waaah di palembang ga ada makanan makasar? kalo kamu k jkt cobain resto makasar di sini mas ;).. walopun ga semua seenak di kota asalnya sih :D..

  60. alwi mengatakan:

    wah asyik tu mbak, kapan ya saya bisa kesana. semoga ada kesempatan nisa ke makasar nyobain coto

  61. Frutablend mengatakan:

    Lihat foto-fotonya jadi penegen liburan ke Makassar,,

  62. cindiltravel mengatakan:

    wah desember aku mau ke makassar dan 1 hari free itinerary, boleh dicoba nih lokasinya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Iya mba..kalo cuma sehari, itin yg aku punya ini cocok kok.. krn memang utk liburan singkat aja 😉

  63. Rifqy Faiza Rahman mengatakan:

    Hai Mbak Fanny, salam kenal, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya sebelumnya 🙂

    Membaca tulisan ini, saya jadi kangen Sulawesi Selatan, sendirian hehe. Walau memang perlu bujet lebih tak seperti di Jawa hehehe. Yang belum saya ke Malino sama Samalona 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku aja kgn bgt pgn balik lg mas :).. sumpah itu makasar memang ngangenin.. harga2nya murah, makanan enak2..duuuh surga banget utk pecinta makanan kyk aku 😀

  64. frutablendhwiasli mengatakan:

    saya ke makasar cuma ke pantai Losari, sekarang jadi pengen Malino Highland..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Iyaa…bagi yg ga suka pantai, malino msh lbh bgs krn sejuuk ;).. tp memang jgn lama2 klo ga mau bosen. kecuali memang mau nyari tempat sepi

  65. nitalanaf mengatakan:

    Aih nice yaaa… Jalan kaki ke air terjun 2 jam? Baiklah… saya pun nyerah, haha… Itu sayur ceban segambreng? haha… saya pun sampe baca ulang 😀

  66. evrinasp mengatakan:

    seruuu bis arame-rame travelingnya, aku ke museum raja goanya aja, di sana pakai baju adat yang disewakan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa seru banget waktu itu.. ^o^.. duuuh sayangnya skr aku udh ga seteam lagi ama temen2 yg ke makasar ini.. jd next year mungkin ga lagi outing bareng mereka 🙁

  67. Catering Tembalang mengatakan:

    Wah sepertinya seru ya jalan-jalan di Makassar

  68. Babang Travengler mengatakan:

    sampe detik ini Makasar masi sebuah mimpi. Moga2 bisa main kesana taun depan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.