D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2016

30

NYOBAIN 3 KULINER ENAK DI SOLO ;)

AYAM GORENG MBAH KARTO TEMBEL

Solo itu udah kayak rumah kedua. Saking seringnya kesana, dan udah nyobain banyak warung ato restoran baru yang kayak cendawan di musim hujan, alias banyak banget di mana-mana, kesempatan short weekend kali ini ke kampung halaman suami, jadi bingung nyobain apa lagi ;p.. Kayaknya semua warung soto, angkringan dan jajanan khas Solo lainnya udah aku jelajahin. Sampe akhirnya, nanya-nanya ke temen harus makan di mana lagi  saat  di Solo, 3 tempat di bawah ini bisa jadi rekomendasi 😉

Markobar

Ntah Café ini tergolong masih baru atau tidak,  dan kebetulan dimiliki oleh anak dari orang nomor 1 di Indonesia ;), yang pasti tempatnya lumayan rame saat kita datang. Kebanyakan sih anak muda, karena memang sasarannya lebih ke mereka.. Kita yang membawa keluarga saat itu  penasaran aja, gimana sih rasa makanan di sana ;). Dan sttt, ini karena mama penggemar berat pak Jokowi, makanya kita kesana 😀

Mama pengen foto depan Markobar

markobar solo

Dari namanya, MARKOBAR (Martabak Kota Barat), udah jelas di sini hanya menjual Martabak. Dilihat dari buku menu, jenis yang dijual ternyata martabak manis. Toppingnya aneka macam, mulai dari ceres, keju, ovomaltine,nutella dan aneka coklat lainnya. Martabak yang kita pesan, martabak 8 rasa, yang porsinya gede dan pasti cukup untuk kita yang datang  berenam.  Dinamakan 8 rasa, karena memang ada 8 rasa di tiap iris, dan semuanya chocolaty byangettt..

Martabak 8 rasa coklat!

martabak 8 rasa markobar

Harga mah cuma Rp 50,000 . Termasuk murah  sih kalo dibandingin martabak Jakarta ;p. Apalagi coklatnya luber dan tebel  begini.. Martabaknya empuk, dengan  topping coklat yang  enak.. Tapi buatku yang bukan penggemar coklat, 1 iris cukuplah , bisa diabetes kalo dilahap semua 😀 Jadi mendingan untuk rame-rame ya makan begini ;)..

Jus yang dipesan juga segar. Kalo ga salah namanya Kawista punch, sengaja aku memesan yang asam, supaya ga eneg karena martabaknya semua serba manis ;)..

jus Kawista sebagai penolak eneg

jus kawista markobar

Intinya, café ini cocok untuk yang  ga sedang kelaperan, ato hanya ingin cemal-cemil makanan ringan. Tempat cozy dengan iringan music, bikin makin betah buat yang muda duduk berlama-lama di sana 😉

Tempat cozy dengan tulisan lucu-lucu di dindingnya ;D

IMG_20150927_205502 MARKOBAR

Alamat: 

  1. Jl. Dr. Moewardi Solo (depan Masjid Kota Barat).

  2. Jl. Duwet Raya Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.(kawasan kampus UMS/ pertigaan Pondok Pesantren Assalam).

  3. Jl. Slamet Riyadi Surakarta Sebelah barat Solo Grand Mall.

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel (SUKOHARJO)

Kalo ditanya, sebenernya aku ga terlalu suka ayam goreng. Kebanyakan rasanya hambar, dan terlalu kering. Sambelnya juga jarang ada yang enak banget. Tapi seorang temen di Path  nyaranin Ayam Goreng Sukoharjo WAJIB BANGET DICOBA dan dijamin KETAGIHAN. Hmmm… ga terlalu antusias sih, karena mikirnya, “ah, masa sih?” Tapi berhubung kita kehabisan ide mau makan di mana, okelah, boleh juga nih depot ayam goreng dicoba. Tempatnya rada masuk ke dalam gang. Tapi mobil-mobil yang parkir, termasuk motor, ruamee tenan :D. Kita sempet harus menunggu sebentar sebelum akhirnya mendapat meja.

AYAM GORENG MBAH KARTO TEMBEL

Walo rame, namun pelayanan di sana super cepat. Si mbak langsung mencatat pesanan kita, ayam goreng beserta sambal dan lalapan. Ga perlu menunggu lama, sepiring penuh ayam goreng kampung yang masih panas, langsung terhidang.. Sumpah baunya langsung bikin kelaperan. Sambelnya disajikan 2 jenis. Yang berwarna gelap dan merah. Setelah dicicip 1-1, yang merah jauh lebih pedas dan yang gelap gurih tapi kurang pedas. Cuma menurutku rada asin. Jadi aku coba mencampur 2 jenis sambal ini, lalu dicocol ke ayam panas.. Maa meennnn..rasanya nikmat tiada taraaa ^o^.. !!! Apalagi dimakan dengan nasi panas, namboh-namboh jadinya ;p.. Daging ayamnya gurih, dan moist banget dalamnya..Empuk, dan ga perlu susah-susah motong. Bumbu ga cuma di permukaan, tapi meresap sampe ke tulang.

Ayamnya enak bangettt, dan sambelnya juara!

AYAM GORENG MBAH KARTO TEMBEL

sambel ayam goreng 2 rasa

Lalapannyapun segar.. Yang mentah, enak dimakan bareng sambel, dan satunya lagi seperti urap, tapi di Solo disebut Terancam. Potongan kacang panjang, kol dan serutan kelapa menambah enak rasanya ;). Ah sudahlah, aku jadi pengen balik lagi ke Solo Cuma untuk nyicipin ayam goreng ini ^o^

Terancam, urapnya Solo

terancam

Alamat: Jalan Jaksa Agung R. Suprapto No. 8, Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah

 

Pempek Ny  Kamto

Walopun pempek bukan berasal dari  Solo, tapi bagi penggemar makanan Sumatera Selatan, ga usah jauh-jauh ke Palembang kalo ngidam masakan ini  dan menu khas Sumsel lainnya. Restoran Ny Kamto sudah mempunyai banyak cabang di Solo. Ada di The Park mall, Paragon dan yang kita datangin di daerah Yosodipuro, Solo.

pempek ny kamto solo

Tempatnya ga terlalu gede, tapi bersih dan nyaman.. Setiap pembeli harus datang ke counter depan terlebih dahulu untuk memesan dan langsung membayar. Aneka pempek seperti pempek kulit, lenjer, kapal selam, tekwan, model, dan pempek pastel, langsung kita pesan.. Dibandingin harga Jakarta, di sini lumayan lebih murah. Total semua, aku hanya perlu membayar Rp 127,000 sudah termasuk minuman.

pempek Kulit dan kapal selampmpek kulit dan kapal selam

tekwan

tekwan

Model isi Tahu

model isi tahu

Pempek Pastel isi pepaya muda

pempek pastel

Semua menunya enak!! Kuah cukanya berasa asam segar dan pedas.. Enak diseruput walo pempeknya udah habis. Tapi favoritku di antara semuanya, Model.. Semacam olahan ikan tenggiri, yang dalamnya diisi tahu. Kuahnya seger, dan tahunya lembuuut. Kalo suka yang pedas, tinggal tambahin cabe hijau ke cuko.

Kuah Cuko yang segar 😉

kuah cuko ny kamto

Pempek kapal selam, kulit dan lenjer juga juara. Digoreng renyah luarnya, tapi dalamnya soft.. Rasa pempeknya tanpa maupun dengan kuah, tetap lezat. Jadi, yang kangen makanan Palembang saat sedang di Solo, wajiblah datang ke Pempek Ny Kamto ini 😉

Alamat: Jl Yosodipuro 100,  Solo

64 Tanggapan untuk “NYOBAIN 3 KULINER ENAK DI SOLO ;)”

  1. Liberto Amin mengatakan:

    Aduuuhh ituu ayam :’D

  2. cumilebay.com mengatakan:

    Markobar kok 50 ??? murah amat, bukan 80 an yaaaa
    Aku sempet nyobain yg di cikini tapi tipis banget kurang tebel hahaha

  3. Dessy Natalia mengatakan:

    topping martabaknya banyak bangeet.. (ngences)
    ayamnya bikin perut kukuruyuk..
    pempeknya bikin….
    aaah aku laper baca postingan ini.. 😀

  4. Anisa AE mengatakan:

    Martabaknya enak banget tuh. Kalo main ke Solo bisa nyobain semua deh.

  5. Ranny mengatakan:

    Fan, postingan ini bisa di pejwan gugel, tinggal modif judul hehehhe 😀
    yang sering makan ya pempek, emang enaak. Hooh baru tau markobar ada deket SGM *efek kelamaan pulkam* yang di sukoharjo harus dicoba tuh. O iya, tengkleng Mbak Diah tuh enak sampe masuk kuliner di Transtv, Selat Mbak Lies, sama soto apa itu *duh lupa* enaakk, murce pulak.
    Solo.. i will be comeback soon…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tengkleng mba diah, selat lies udh semua Ran ;).. makanya aku bingung kalo ke solo mau makan apa lagi… rata2 semua udh dicoba ;p hahaha… btw, di pejwan gugel mksdnya opo toh?

      makanya balik lg k solo Ran 😀

  6. Een Endah mengatakan:

    Saya baru sekali ke kota Sola, jadi penasaran rasa Kawista puch, spertinya cocok dengan kota Solo yang panas.

  7. oka nurlaila mengatakan:

    Udah dua kali bikin rencana ke Solo. Tapi selalu nggak jadi. Sedih T^T *jadi curcol*

    Boleh juga nih, kalau suatu saat kesampaian jalan-jalan ke Solo, wisata kuliner dimari..Paling bikin ngiler ayam goreng sukoharjonya Hehehe…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa…itu yg paling enaakkk mbaaa ^o^… ayamnya kampung, lembut, dan moist dalamnya.. sumpah, blm lagi sambelnya 😉

  8. empie mengatakan:

    itu ayamnya menggoda banget deh 😀

  9. Kania mengatakan:

    Martabaknya bikin ngilerr

  10. khairiah mengatakan:

    Kan lapar lagi lihat postingan mbak fany, ah besok request papa vinka suruh beli martabak

  11. evrinasp mengatakan:

    duhhh ini makanan kenapa enak semua ya, tadinya mau pilih salah satu tapi gak jadi, kudu dicobain semua deh

  12. istiana mengatakan:

    waah.. suami udah sering ngajakin ke Solo. Kapan2 kalo ke sana cobain ini aaah, thanks mbaak infonyaa 😉

  13. Dewi Ratih mengatakan:

    Wah, ngiler martabaknya mak, ramah d kantong ya, hi2. Sering dines k solo ya mak?aq baru skali main k solo, boljug rekomennya:)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      solo kampung hlaman suami mba… jd kita sering kesana :D.. tp di antara semua aku paling suka yg ayam goreng nya.. itu juaaraaa 😉

  14. Viviyelind mengatakan:

    Duh Mba. Markobar itu selalu bikin ngiler deh mana di sana murah pulak trus bonusnya kali aja bisa ketemu anak Pak Presiden pas nongkrong di sana ya hehe sayang wkt dulu ke Solo belom ada. Klo nyonya kamto pernah nyobain pas di Jogja hehe lumayan ngobatin rindu sama makanan daerah asal.

  15. beautyasti1 mengatakan:

    Markobar nya… Menggiurkan sekali mba.. Cuma 50.000 aja dapat 8 rasa, kalau gak salah di jakarta juga ada, pernah masuk acara kuliner, tapi aku lupa dimana ya lokasi nya hehhe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      di cikini mba.. deket hotel apaaa gitu… jl raden saleh.. tp hrgnya di jkt beda… 80 rb… :D.. solo yg paling murah kyknya

  16. Dedew mengatakan:

    di semarang dah ada pempek ny.kamto dan katanya ada markobar, pengen ciciip juga jadinyaa..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Oh iyaa di semarang ada markobar… tp ga tau harganya apa sama kyk solo ato ga ya mba.. soalnya di jkt aja hrgnya 80 rb… solo emg paling murah…

  17. Emakmbolang mengatakan:

    Belum pernah ke Makobar, Nungguin diundang sama pemiliknya:)))) Eaaaaaa

  18. Vhoy Syazwana mengatakan:

    Ayamnya bikin ngilerr Mbak Fanny 😀

  19. Keke Naima mengatakan:

    Makobar kayaknya enak ngobrol-ngobrol di sana :)

  20. Liswanti mengatakan:

    Markobar dan pempeknya bikin saya ngiler tengah malam begini neh mba

  21. @dodon_jerry mengatakan:

    huaaahhhh kangen banget ama terancaaammmmm…. deuh itu makanan surga bangeeettt!

  22. Yoga Akbar S mengatakan:

    Gue belum pernah sama sekali nyobain Markobar. Iya, di Jakarta rada mahal. Paling murah sekitar 65 ribu. Itu cuma 50. Mau! :(

    Woaaahhh, pempeknya terlihat enak. Nanti deh kalo maen ke Solo gue lihat lagi tulisan ini. Ehehe.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nah emang tuh…. harga2 jkt pasti lebih mahal dr tempat asalnya -__-.. dan katanya sih, martabaknya ga semantep yg di solo.. katanya loh… soalnya aku blm nyobain yg jkt punya

  23. Solihin mengatakan:

    Ya Allah liat baksonya jadi ngiler 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahahaha itu bukan bakso mas ;p.. itu tekwan, terbuat dr ikan tenggiri ;p ..tp bener, rasanya endeeuus

  24. Hairi Yanti mengatakan:

    Martabaknyaaaaa…. Menggiurkan banget. Trus ayamnya juga. Mpek2nya juga… Tapi Solo jauh. Huhuhu…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihi… mba di mana sih?? Kalo yg martabak ada cabangnya di semarang dan jkt… kalo yg ayam goreng baru deh cuma ada di solo :p

  25. Dita Indrihapsari mengatakan:

    Huaaah, baru aja dari Solo pingin nyobain Markobar belum kesampaian.. Tapi tetep senneg karna sempet nyobain soto gading mba.. hehe suka jg gak mba? :)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sukaaa dooong ;).. semua soto di solo mah enak2 mba… soto gading, soto triwindu, soto mbok giyem, soto kirana aaghhhhhh jd kgn solooo

  26. Efi Fitriyyah mengatakan:

    Aku baru sekali ke Solo dan ga punya waktu banyak wiskul. Pengen nyobain markobarnya, ih.

  27. RaisaHakim mengatakan:

    ngiler baca postingan ini. hehehe
    mba fanny pengalaman kulinernya keren bikin ngiler lapar hujan-hujan 😀

  28. Vixalexa mengatakan:

    Martabak nya bener2 menggoda banget ya >_<

  29. @nurulrahma mengatakan:

    Gegara liat MARKOBAR di Mata Najwa aku jadi kepengeeeen mbak.
    Dan makin kepengin karena harganya yang murceee

  30. Sakinah mengatakan:

    Kapan ya aku bisa ke solo? :(
    Itu ayam goreng+sambelnya bikin ngiler deh

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu ayam gorengnya emang yahuuud mbak ^o^.. aku aja tiap makan ayam goreng di rumah slalu kebayang ama ayam goreng solo ini… sayangnya ART ku blm bisa bikin yg semantep itu

Tinggalkan Balasan

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.