D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2016

23

KETAGIHAN MAKAN DI NASI JAMBLANG IBU NUR

nasi jamblang ibu nur

Terserah kalo mau bilang aku telat, basi, ketinggalan dan lainnya, karena baru sekarang ngerasain nasi Jamblang Ibu Nur, dan baru sadar kalo rasanya enaaaak :D!! Kemana ajaa selama iniii -__-.. Nasi Jamblang, yang merupakan makanan  khas Cirebon dan sedikit unik karena nasinya diletakin di atas daun jati. Lauknya sendiri bermacam-macam, jadi sepintas mirip nasi rames. Selama ini aku tuh sering ngelewatin Cirebon, tiap kali mudik ke Solo, tapi ga pernah mampir karena kita selalunya berangkat malam. Otomatis nyampe Cirebon pagi-pagi buta, di mana semua toko belum buka :D.. Makanya, mudik baru-baru ini, aku semangat ngebujukin pak suami untuk berangkat pagi, supaya  nyampe Cirebon bisa sekalian Brunch :D..

Waktu menunjukkan jam 11an saat sampai di kota Udang. Arah menuju rumah makan ibu Nur  udah aku save di aplikasi pencari arah, jadi kita hanya mengikuti arahan Mr Waze. Tempatnya itu yaa, masuk-masuk ke gang kecil, sampe kita sempet  ga yakin, ini bener ga sih jalannya, kok  sempit bener :D.. Ternyata waze memang ga pernah boong ;p.. Kita tiba dengan selamat, sampai depan rumah makan nasi Jamblang Ibu Nur, di jalan Cangkring II no 34, Kejaksaan, Cirebon.

Karena membaca banyak review tempat ini selalu penuh, aku udah persiapin mental untuk menunggu agak lama sampai mendapat tempat, secara ini rumah makan terkenal seantero jagad cuy ;p, dan yang makan ruameee puool.. Tapi, kayaknya berkah karena membawa anak bayi kali yeee, kita langsung cepet bok dapet tempat, dan ga terlalu rame saat itu.. ^o^

Syukurnya lagi ga terlalu rame saat itu ^o^

nasi jamblang ibu nur

Cara order makanannya sama aja kayak di warung nasi rames, tingal tunjuk lauknya ama si staff yang bertugas ngambilin, dan pilihannya itu buanyak bangettt.. Seringnya aku  kalap kalo harus disuruh memilih gitu.. Pilihannya  mulai dari cumi hitam, ikan pari, aneka telur, semur lidah, macam-macam ikan, otak goreng, tumis pare dan masih banyak lagi. Tapi karena aku denger lauk favorit di sini  cumi hitam, kita berempat jadinya mengambil cumi, plus lauk lain sesuai selera masing-masing. Suami yang penyuka otak sapi, udah jelas maunya ya cuma itu.. Dia bilang rasa otaknya enaaak! Digoreng pake telur, sehingga menambah crunchy rasanya. Ukuran otak sapinya sendiri tetep gede.. Biasanya nih, sering banget nemuin otak sapi yang dijual cuma  seuprit, tapi kremesnya yang gede ..

nasi jamblang

Trus lagi, cumi hitam yang aku penasaran dari awal  beneran uenaaaak ^o^..Agak pedes, tapi malah menambah rasa nikmat :D.. Semur ikan Parinya ga bikin kecewa… Susah nemuin masakan dengan lauk ikan Pari sekarang ini.. Aku ngerti sih ikan Pari termasuk saudaranya Hiu yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Tapi  di kampungku Sibolga sana, ikan ini udah sejak  aku kecil jadi santapan di keluarga. Biasanya di gulai ato dibakar.. Dagingnya itu lembuuuut banget dan tulangnya termasuk tulang lunak.. Jadi makannya ga nyusahin.. Yang di Ibu Nur begitu juga… Hanya saja dimasak semur pedas dan aku namboh-namboh saking kangennya dengan lauk ini  :D.

Lauk dengan  ikan pari ^o^

nasi jamblang

Menu lain yang dicoba  suami,  mba ART  dan si babysitter, semuanya lezat gurih, sedikit pedes dan muasin cita rasa.. Serius, aku jadi kepikiran sesekali ke Cirebon cuma untuk makan di sana kalo ada waktu luang :D.. Mumpung udah ada tol Cipali yang mempersingkat waktu tempuh kaaan 😉

nasi jamblang nasi jamblang ibu nur

Untuk harga, aku ga terlalu mencatat detailnya, tapi yang pasti 5 porsi nasi dengan macam-macam lauk dan minuman hanya menghabiskan kurleb Rp 200,000 only!! Ahh, aku cinta kota ini ! ^o^

97 tanggapan untuk “KETAGIHAN MAKAN DI NASI JAMBLANG IBU NUR”

  1. Dita Indrihapsari mengatakan:

    Mbaa, endeees bgt yaa nasi jamblang Bu Nur.. 😀 Aku pas ke sana rame bangeeet, batengan sama rombongan ibu2 arisan kayaknya haha.. Cumi hitam jd favorit org kalo ke Bu Nur ya.. Gak lengkap rasanya kalo gak nyobain cumi itu, ya walopun abis itu giginya jd hitam semua.. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, aku abis makan cumi, lgs buka kaca lipet, liat kondisi gigi dan bibir mbak 😀 bahaya soalnya kalo ga dicek n ricek ;p.. hihihih

      • Mang Lembu mengatakan:

        nasi jamblang jadi inget sama embah yang pernah jadi pengusaha nasi jamblang, saya malah pernah jadi pengupas kentang diusaha beliau…nasi jamblang mah emang sejak jaman dulunya juga udah makjleb baik rasa juga harganya…godong(daun) jatinya itu tuh yang suka bikin kangen

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          itulah mas, aku malah baru tau ttg nasi jamblang ini :D.. ndeso tenan ;p.. kalo tau rasanya enak gini, aku bakal mampir ke cirebon trs kalo mudik ke solo 😀

  2. meriskapw mengatakan:

    Aku kapan hari minta liburan ke Cirebon ke pak suami gara-gara baca cerita kuliner cirebon enak-enak, tapi dia gak mau, huhu.

    Cumi hitamnya menggoda sekali itu mbak.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bujukin lagi mbak… kuliner di sana enak2 kata mamaku… aku br coba nasi jamblang doang.. blm empal gentong, empal asem dll 😀

  3. Anis Hidayah mengatakan:

    Wah ikan parinya itu serius jadi dimakan mbak? eh itu ikan pari yang biasa hidup di laut nggak sieh? Padahal itu langka loh ikannya,,,,
    Aku juga suka kalau yang namanya otak sapi,,, habis enak sieh, 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaa yg di laut ;p.. ikan pari mah enak dagingnya mas ;).. tp krn langka, memang hrsnya ga dimakan… cuma susah nih, sekali udh ngerasain dagingnya yg enak, ga bisa berhenti ;p

  4. Indi Sugar mengatakan:

    Wah, aku belum pernah coba nih. Pilihan untuk yang gak makan daging ada apa, ya? Tahu-tempe kah? Yummy :))

  5. Wisata Malang mengatakan:

    Wah, enak nih. 😮 Pengen icip juga jadinya. Tapi apa emang porsinya segitu doang? Musti nambah lagi dong? ^_^

  6. ericka mengatakan:

    Oh Ikan Pari gak boleh dimakan kah mbak? itu menu favorit kalo di Surabaya 😀 .. itu aroma nasi kalo pake daun jati wanginya khas .. hmmm sayang jauhh dari kotaku tuh Cirebon 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo aku mah ikan pari dimakan mbaaaa ;p.. di kampungku di sibolga ini ikan favorit bgt.. tapiiii para aktivis hewan meminta supaya ikan pari dan hiu tidak dimakan krn merusak ekosistem gitu lah.. hmm… tp gimana yaa, enak sih rasanya ;p

  7. Vety Fakhrudin mengatakan:

    Mbak enak banget sih itu nasinya…sayang aku lagi dalam usaha diet… T.T

  8. Isnaini S Ibiz mengatakan:

    Saya malah belum ngerasain nasi jamblang mbak. 😀

    Ternyata mbak Fanny ke solo kemarin dalam rangka mudik ya. Kirain cuman traveling. Tapi asli sibolga ya mbak. 🙂

  9. Ahmad mengatakan:

    lauknya simple .. tapi kayaknya enak bgt tu .. apalagi sambelnya

  10. Liswanti Pertiwi mengatakan:

    Aku sepertinya pernah makan disini deh, nasi jamblang Ibu Nur memang sudah banyak yang tahu. Suasananya itu sepertinya ga asing.

  11. CatatanRia mengatakan:

    ah jauh cirebon, eh tapi kalo lg udik naik kereta paling suka pas berhenti di stasiun cirebon pasti deh beli nasi ramesnya. enak dan murah 😀

  12. nitalanaf mengatakan:

    Otak dan lidah emang enak banget sih 😀 kalau ikan pari belum pernah nyoba 😀

  13. Yoga Akbar S mengatakan:

    Aku kayaknya lebih telat dari kamu, Mbak. Aku sama sekali gak tau nasi jamblang ini. Wahaha. Kulineran aku belum jauh-jauh.

    Eh, seriusan makan ikan pari? Wahaha. Baru tau kalau boleh dikonsumsi. 😀

    Murah juga itu 5 orang cuma 200.000 udah sama minum.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ikan pari, ikan hiu, itu semua bisa dimakan kok yog.. di sibolga mah itu banya dijumpai… kalo ikan hiu biasanya di gulai.. semua dagingnya enak, ga cuma sirip.. aku tuh paling suka hiu dan pari, krn ga amis… 😉

  14. Dewi Nielsen mengatakan:

    Cumi hitamnya penasaran..alot nggak kak?

  15. Cey mengatakan:

    aku belom pernah ke cirebon! super ndeso ya.. paling lewat doang kalo pas pulang ke sby, itu pun naik kereta ahaha.. nanti kalo ada waktu main ke cirebon ah, sekalian beli batik trus makan disini 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      akupun baru kemarin itu mampir cirebon mbak ;p.. slama ini numpang lwat doang ;p.. ga nyesel.. kamu jg hrs cobain kuliner di sana 😉

  16. Zizy Damanik mengatakan:

    Aku ke tempat ini nih awal tahun.
    Memang ramai, dan nagih dengan lauk pauknya….
    Harus ingat untuk gak makan banyak-banyak, bahaya untuk kesehatan juga karena kandungan lemak dan kolesterolnya tinggi…. 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya sih mbak ;p.. aku jg milih lauknya secukupnya aja, sisanya cuma icip2 punya suami ;p.. walo kyknya pgn semua, tp sadar diri kolesterol udh mulai nongol di bdn soalnya ;p

  17. Siti mudrikah mengatakan:

    Aku tertarik sm ikan parinya ka, aku suka banget ikan ini, drumah mamahku suka di sayur santen atau disemur

  18. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Aku pernah makan Nasi Jamblang, sambelnya pas banget dan enak hahahhaha

  19. Hairi Yanti mengatakan:

    Waktu PON kemarin kan pertandingan bulutangkis di Cirebon tuh, Mbak. Saya suka kepoin IG para atlet dan mereka pada makan nasi jamblang. Aduh kepengiiin. Lihat postingan ini tambah pengin deh 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku juga jd sukaaa bgt ama tuh nasi mbak :D.. kyknya mulai skr, kalo mudik ke solo lagi, aku wajib mampir cirebon dulu ! ;p

  20. paint adhesion mengatakan:

    enaknya liat makanan ini

  21. Maya mengatakan:

    Jadi ingin liburan ke daerah ini hehe,
    menikmati nasi jamblang Uni Nur
    terima kasih sharenya
    salam kenal

  22. Keke Naima mengatakan:

    Yang bikin saya betah di Cirebon karena harga kulinernya murah-murah hahaha

  23. cumilebay.com mengatakan:

    Ini nasi jamblang paling ngehits se cirebon yessss, duch kangen kulineran kesana
    dan itu cumi item kenapa menggoda banget

  24. starleery mengatakan:

    salah fokus sama Mr. Waze. aku ketinggalan banget nih gak tau aplikasi ini :v
    btw pagi ini udah dua kali mampir ke blog teman teman dan menemukan postingan tentang makanan.
    Nasiiibbb yang belum sarapan, jadi kelaparan gini deh :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sekarang aku ama suami kemanapun pergi, cuma waze aja mbak ;p.. hihihi, ini paling membantu dibandingin google maps malah.

  25. Sandra Nova mengatakan:

    Aku dah bilang suami, lain kali kita ke Cirebon buat wiskul aja hahahha… Kemarin ngga sempet ke Cirebon dah kecapean & bosen di mobil muluk XD

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeer mbak.. ini aja aku nyesel ga sempet icip empal asem ama empal gentong.. next pokoknya harus de

  26. Mayasitha Arifin mengatakan:

    sambelnya menggodaaa kak! 🙂

  27. sulis mengatakan:

    Bedanya ma Nasi biasa…di Nasi atau lauknya si mbak? Hi..hi, blm pernah nyoba aku.

    Btw, mbak Fanny..suka makan..tapi kok langsing yaa… Kpn2 bagi tipsnya dunk!😀😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo kata temenku nih mbak, aku prlu berobat untuk ngecek cacingan ato ga hihihihihi ;p.. ntahlah… masalah berat bdn ini sbnrnya aku pusing jg, krn aku termasuk underweight kata dokter… cuma udh diusahain makan banyakpun, ttp aja bdn segini -__-

  28. fika anaira mengatakan:

    mba fanny nih selalu nemu aja tempat kulineran 😀 setiap main ke blog mba, selalu nambah informasinya hehehe…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hihihihi,moga2 aku msih bisa terus nemuin tempat2 yg lain ya mbak :D.. blog mu lbh aktif lagi info2nya.. 😉

  29. ijeverson.com mengatakan:

    oke nasi jamblang, di catat. hahaha, kayaknya saya juga ikut penasaran sama rasa kuliner ciptaan ibu nur ini. saya bahkan nggak tau kalau nasi ini makanan khas Cirebon, saya terlalu ketinggalan zaman. akh.. itu cumi hitam menjadi hidangan yang paling bikin saya penasaran. serius deh. duh.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ayooo ke cirebon jev.. naik mobil ato kereta aja.. udh cepet skr ke sana… pulang hari bisalah… 😉 banyak makanan enak di cirebon, sayangnya aku baru coba nasi jamblang ini aja..

  30. nur rochma mengatakan:

    Temanku orang Cirebon suka ngomongin nasi jamblang. Kupikir ya kayak nasi campur gitu. Eh, lauknya ternyata bisa dipilih sendiri ya.

    Dan cuminya begitu menggoda…

  31. Ami Hamni mengatakan:

    Hoalaaah rasanya nikmat banget, jadi pengen nyoba *emot ngiler*

  32. Sri Mulyani mengatakan:

    Orang Sibolga ko Dek?😁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya kakaaaak :D.. aku sibolga asli, tapi lama merantau hahahaha ;p.. cuma kalo lebaran masih lah nyempetin kesana 😉

  33. Gustyanita mengatakan:

    Ternyata itu cumi item, takkirain kayak bumbu bebek madura eheee
    Wuaaah aku pnasaran, dari dulu pengen ngicip nasi jamblang gitu cumak ya klo mudik naeknya kereta en ga mampir ke sindang hihi
    Klo mnurut aku segala nasi2an yang dibungkus dedaunan, entah itu daun pisang, daun jati, or lainnya kerasa enak…aromanya jadi wangi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa itu cumi, gedeee nit cuminyaaa… ^o^.. tapi g alot dagingnya.. enak pokoknya.. sesekali naik mobil aja, biar bisa mampir 😉

  34. Helena mengatakan:

    Makan beralas daun jati itu bikin beda rasanya, lho. Kakaku sampe ngidam makan pecel yang dibungkus daun jati

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeer… aku jg baru tau kalo makan alas daun jati sama enaknya kyk makan pake alas daun pisang 😀

  35. baiq rosmala mengatakan:

    wiih sambelnya menggoda sekali hmmm

  36. Lutfiretno mengatakan:

    Aku blum pernah ke Cirebon malah. Padahal kota tadi cuma berapa jam dari Jakarta.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulah mbaaak.. aku aja selama ini cuma ngeleatin doang kalo cirebon.. ga pernah mampir berhenti.. baru kali itu aja kita berhenti krn penasaran ama si jamblang ;D

  37. lianny hendrawati mengatakan:

    Salah satu makanan yg pengin kucicipi itu ya si cumi hitam. Gimana ya rasanya? Kapan hari waktu ke surabaya ada yg jual tapi udah habis menu itu.
    Hhmm nasi jamblang, namanya unik juga ya. Belum pernah ke cirebon nih.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enaaaak cumi itam itu.. tp yg masak hrs pinter mbak.. krn aku pernah ngerasain cumi hitam yg amis :(.. ga bisa masaknya tuh.. males bgt jdnya mau ngabisin.. tp yg ibu nur ini ga amis samasekali, gurih dan sedikiit aja pedes 😉

  38. Yessi Greena mengatakan:

    aku malah baru dengar, shay…eheheheheh…
    simple tapi kayanya menggodah gituh ya 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ini makanan wajib kalo ke cirebon mbak :D.. ama empal gentongnya ituu… yg aku tau, kalo empal gentong yg fav di sana empal gentong h.apud .. enak katanya

  39. Fubuki Aida mengatakan:

    Kelihatannya enak banget mbak belum pernah ke cir3bon

  40. Nefertite Fatriyanti mengatakan:

    Nasi jamblang ini hanya enak kalau di Cirebon ya, hehehe. makan di kota lain kayanya rasanya beda.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sepertinya memang begitu mbak ;p.. aku blm prnh cobain nasi jamblang di kota lain.. tp ga berminat juga, krn buatku pasti yg enak di kota asalnya ;p

  41. evrinasp mengatakan:

    paling suka sama sambal cabenya itu mbak, kalau sama pak suami bisa nambah itu sambalnya, kalau ke cirebon mesti nyoba ini

  42. Adriana Dian mengatakan:

    Ya ampun enaknyaaaa, *nelen ludah* plus murmer juga yaaaa. Duh, tiap mampir kesini jadi laper terus nih bawaannyaaaaa x)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Iyaaa, murmernya makanan di solo itu ga kuatin mbak ;p.. bikin rencana nabung dan diet buyar semua ;p

  43. Larasati Neisia mengatakan:

    Seketika langsung inget ibuku karena namanya sama Ibu Nur. Hahaha :))
    semur ikan pari ya mba? baru denger.. dan lagi bayangin rasanya kek gimana..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      enaaaaak rasanya ;).. daging ikan pari itu lembuuuut banget.. trs tulangnya lunak mbak ;).. aku slalu ngabisin banyak kalo udh makan ikan pari

  44. dwi ananta mengatakan:

    Aku malah baru dengar nasi jamblang mbak >.<
    Konsepnya seperti rumah makan padang ya bisa milih-milih lauknya gitu. Bedanya karena alasnya daun jati aja atau gimana?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa mirip gitu… tp di sini lauknya kita pilih dari awal mbak.. ntr diambilin ama mas2nya… alas piringnya diksh daun jati gitu…

  45. Wuri Wulandari mengatakan:

    Wah itu nasi jamblangnya menggoda sekali mbak 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.