D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Agu 2016

21

KECANTOL MENU IKAN MENADO DI KAWASAN RAWASARI

ikan bakar menado

Masih cerita tentang libur lebaran kemarin, aku dan suami, sempet kelabakan saat  si mbak ART masih belum pulang mudik, sementara kita berdua udah mulai masuk kerja. Untungnya yang babysitter sudah siap sedia, sehingga urusan jaga anak ga terlalu bikin kita kelimpungan . Solusi akhir sih, balik lagi jadi rajin mesen makanan ato muter-muter dulu sepulang kantor demi bisa mengisi perut :D. Kalo tadinya  seringan cari makan di kawasan Sudirman dekat kantor, kali ini kita kepengin nyari yang deket-deket rumah aja, di Rawasari. Ndilalah, malah nemu warung tenda kecil banget, dengan tulisan agak tersembunyi, bertulis IKAN BAKAR MENADO di spanduknya. Yang langsung bikin aku tertarik, karena rame, dan mikirnya, pasti pedes nih ;). Menado gitu loh…

Karena ini di pinggir jalan dan kaki lima pula, maklumin aja kalo tempatnya beneran kecil dan panas. Kita langsung diminta untuk memilih ikan  dalam box pendingin berukuran medium, yang penuh dengan aneka ikan seperti Selayang, Bawal, Gurame, Kerapu merah dan ntah jenis apalagi.. Aku hanya memesan 1 ikan Selayang dimasak sop (Rp 25,000) dan Bawal untuk dibakar (Rp 45,000). Sambil menunggu mateng, kita sempet nyicipin Panada, kue khas Menado berbentuk pastel tapi adonannya kayak roti dan isiannya ikan suwir pedes.. Ini termasuk panada paling enak yang pernah aku coba.. Rotinya lembut, dan isian ikannya banyak juga pedes ;)! Makin enak pas dicocol pake sambel, beuuh, aku nyesel beli 1, dan pas mau beli lagi, udah habis dipesen pembeli lain -__-.

Panada sebagai pembuka

panada panada

Begitu  menu kita datang, penampakan  ikan bakarnya aja udah keliatan tempting abis, dan sop nya yang masih mengepul  menguarkan aroma enak yang ga amis, ga seperti kebanyakan sop ikan lainnya.. Aku biasanya anti banget makan sop ikan,  tapi kali ini beneran suka, karena memang ga tercium dan terasa fishy samasekali. Mungkin  juga karena banyak potongan tomat di dalam kuahnya, yang bikin kuah berasa asem, segar dan sedikit pedes ^o^. Kalo masih merasa kurang gigit di lidah, ga usah kuatir, mereka menyediakan  sambel tambahan yang free untuk tamu 😉

Sop ikan yang segar, ga amis dan pedeees ^o^

sop ikan

Ikan bakar di warung ini hanya dimasak simple, seperti kebanyakan menu ikan bakar khas Menado, tapi dikarenakan daging ikan yang manis dan memang udah enak, ditambah sambel 2 jenisnya yang puedees, udah lumayan bikin makan malam kita lumayan keringetan ;p. Sambelnya ada dabu-dabu, dan 1 jenis sambel ulek yang pedesnya puool! Nikmat pokoknya ^o^!!

Ikan Bakar khas Menado 😉

ikan bakar menado

Kabar baik selanjutnya mau tau? Total harga yang kita bayar hanya Rp 87,000  saja untuk semua menu , nasi, kue dan minuman barusan  ;).. Jadi sekarang  udah taulah harus makan di mana kalo kangen seafood dengan sambel mantep dan harga murah di kawasan Rawamangun  ^o^. Gapapa tempatnya sedikit ga nyaman, yang penting bersih dan rasanya toh 😉

Ps: Lokasinya agak susah ditulis, karena beneran cuma tenda, dan buka malam hari.. kemarin sih spanduknya warna putih gitu.. Di kiri kanannya ada banyak banget toko-toko bangunan dan material. Kalo sempet kesana lagi, ntar difotoin tendanya dan lokasi lebih detil 😉

65 tanggapan untuk “KECANTOL MENU IKAN MENADO DI KAWASAN RAWASARI”

  1. MeriskaPW mengatakan:

    Ikan bakarnya menggoda banget.. aku udah lama pengen ikan bakar model begini mbak, gak kebanyakan bumbu.. terakhir makan di Malang selatan, jauh banget, dan kau membuatku semakin ngiler.. huhuhu

    Btw, kapan hari aku liat komenmu di renata mbak,, ternyata kita satu junjungan, haha

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo kamu ke jkt, aku traktir sini mba ;).. aku jg doyannya ikan bakar minim bumbu gini.. lbh terasa daging ikannya..

      OMG, kita satu junjungan yaaah :D.. duuh nek encum, dia bikin aku akhirnya melambaikan tangan ke kamera dan kluar sendiri dr IG nya.. mual parah tiap baca postingan dia ;p.. makanya aku mulai srg komen di renoto ;p.. td nya ga mau, takut ketahuan junjungan trs di block ;p..

  2. Riza Alhusna mengatakan:

    Kok gw ngiler yah ngeliat postingan ini, hahaha

  3. Nunung Yuni mengatakan:

    Sepertinya enak ya Mbak…Saya malah belum pernah sama sekali coba makanan dan masakan Manado.Tapi kalau seafood seafood an favorit suami tuh.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      masakan menado aku emg doyan mbak.. biasanya makan di beautika kebayoran.. tp di sana versi mahaaal.. jd males sering2 ;p.. nah yg deket rumah ini versi murah ;p.. tp menunya ga sekomplit yg di beautika sana 😀

  4. Keke Naima mengatakan:

    kalau rasa ikannya enak padahal dimasak simpel, berarti ikannya maish segar, tuh. Saya juga lebih suka ikan yang dimasak simpel 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbak, dagingnya seger, ga kelamaan disimpen gitu.. pembelinya banyak sih, jd ikannya juga cepet abis..

  5. lisdha mengatakan:

    Jd ngiler mbak…pengin yg pedes2 🙂

  6. Agung Rangga mengatakan:

    saya malah pengen nyobain panada-nya mbak. ?

  7. cputriarty mengatakan:

    belom pernah ngerasain ikan bakar menado ini mba, kayaknya maknyus bgt yaaa yummy 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      maknyuuuus mbak ;). yg masak org menado asli pula ;).. jd rasanya beneran rasa menado yg simple, tapi pedes..

  8. Anis Hidayah mengatakan:

    Hahaha,,, niatnya cuman nyicipin Panada 1 aja ya mbak ya? jadi nyesel setelah tahu kalau enak dan di beli oleh pembeli yang lain.
    Ini beda nggak ya mbak ya, ikan di buat soup dengan pindang yang dari ikan patin. Pernah nyobain nggak? kalau pernah enakan mana Mbak Fanny?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      pernah coba kok pindang patin… sebenernya kalo buatku mas, trgantung yg masak ;p.. aku pernah nyicipin pindang patin yg rasanya amis, dan ga suka samasekali… tp pernah juga makan yg enak… beda sih rasanya sop ikan ini ama pindang patin… tp kalo disuruh mlih, aku lbh seneng yg sop ikan rawasari ini krn kuahnya seger banget…

  9. Sri Wahyuni mengatakan:

    Wiiih lihat gambar makanannya aja serasa mau ngiler mba, pasti enak tuh makanan. Sudah enak murah lagi hehehe….

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulah mbaaa… ditambah pedaaaas ;).. favoritku bangeeett ^o^… deket rumah pula, hahaha bakal sering kesana sih 😀

  10. Wuuus manteb banget nih seafoodnya. Mauuu

  11. Eksapedia mengatakan:

    Ikan bakarnya awesome banget, siang-siang makan ikan bakar + es jeruk dijamin mantaaaaafffffff.. 😀

  12. nitalanaf mengatakan:

    Wadawww… ikan bakarnyaaa… kalau sambel, saya lebih suka sambel ulek. Kayaknya pedes banget itu. Rawasarinya di mana itu, mba? Saya kalau ke rawasari tinggal naik 04, hehe…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa, yg ulek pedes mbak.. yg dabu2 lbh ke seger.. jd pas rasanya, pedes, dicampur seger dari dabunya 😉

  13. CatatanRia mengatakan:

    wah panada udah lama enggak makan makanan satu ini

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku juga jarang sbnrnya makan panada..palingan kalo lg makan di resto menado.. tp skr krn nemu warung kaki lima ini, jd suka deh sering2 mampir 😀

  14. Han Fauziyah mengatakan:

    ya ampuuuunn ikan bakarnya kenapa aromanya sampai kecium ke kamarku!!
    duh alarm lapar banget nih.

    ikannya seriusan mennggoda! daging ikannya kayaknya tebel-tebel gitu ya??
    aaah jadi ngidam ikan bakar, udah lama banget ga makan.
    samba dabu-dabu sama uleknya berbinar banget nih… cocok buat pendamping ikan bakarnyaa

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mba, dagingnya itu enak, tebel, ga cuma kurus2 gitu.. porsinya pas banget, ga gede, tp jg ga kecil.. utk 1 org pasti kenyang lah

  15. ophi ziadah mengatakan:

    waah enyak enyak enyak…aku klo lg kangen ikan khas manado ada nih mba di kantor, cucok dan enak banget, segerrrr

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kantormu daerah mana mbak? iya, sambil menado itu seger2 yaa… mungkin krn ada potongan tomatnya itu :D.. suka bgt aku

  16. Emakmbolang mengatakan:

    Duh jadi pingin makan Bawel, kayaknya makan ikan Bawal/bawel 2 tahun yang lalu. di India nggak ada ikan ginian. Gegara postingan ini pingin makan Bawel

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mbak udh balik ke Indo yaa?aku sempet baca postingannya di blog kyknya ditulis udh balik ke sini :).. kalo iya, puas2in deh mbak.. apalagi bawal yg aku coba ini ga mahal2 bgttt, puas deh makan ikan2nya 😀

  17. Gustyanita mengatakan:

    Aku suka pasrah kalo nyari lauk di sudirman hiks, mihil2..
    Klo rawasari tu jakarta mana mb fan..?
    Sambel dabu2 itu segerr, pengen bikin ndiri tapi kok ya ga pas ya rasanya wakaka

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaaa sudirman mah ga usah ditanyaaa.. mehong semua :D.. rawasari itu jakarta timur.. kamu tau apart green pramuka, yg dulu diprotes pembangunannya, sampe ada org demo ngejahit mulut mereka sendiri? nah itu rawasari 😀

  18. cumilebay.com mengatakan:

    Itu sambel dabu2 nya menggod abanget, aku dulu punya langganan di depan RS abdi waluyo tapi sekarang dah pindah entah kemana

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo model tenda2 gini memang ga bisa diprediksi ya mas.. suka tutup mendadak trs kita pusing deh nyarinya -__-

  19. Isnaini S Ibiz mengatakan:

    Ngelihat foto ikan bakar khas menadonya…hmmmm…bikin laper lagi, mbak 😀

  20. Ranny mengatakan:

    aim kamiing 😀 orang Manado datang hihihih

    Di Manado kayak gini mah udah seperti jamur, di mana-mana ada 😀 lagi banyak jual di Manado tuh ikan bakar tindarung *wah ini gak tau nama Indonesianya hihihi, jadi ikannya full daging. Tuna paling suka. Coba kerapu merah, Fan, enak tuh dibikin bakar.

    Dan itu bukan sop ikan, tapi Kuah Asam kami orang Manado nyebutnya. Bikinnya modal cemplungin aja hehehe pas deh, hari ini aku masak kuah asam juga. Aku suka banyakin kemangi.

    Dabu-dabu itu yang diiris, kami nyebutnya dabu-dabu lilang atau dabu-dabu iris. Untuk yang ulek itu, biasanya dicampur dikit jahe, enaak 😀

    Ish kangen deh ikan bakar gini, susyeh di sini 🙁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ohh kuah asam ya namanya…. iya ran, asem seger gitu… sbnrnya memang beda ama sop ikan.. tp krn bntuknya mirip sop aku pikir sop ikan :D..

      next kalo kesana lagi mw pesen yg kerapu ah… banyak jenis ikannya..tp kmrn aku sengaja cari yg porsinya pas utk 1 org…

      iya tuh, di solo mah aku jg blm nemu makana menado apalagi yg tenda kyk gini… mungkin krn org solo doyannya manis yaa… tapi sbnrnya ga juga, nasi kucingnya ada juga yg pedes… coba ran, kamu jualan dulu makanan menado di Solo 😀

      • Ranny mengatakan:

        Fan, huaa disuruh jualan *pengsan siapa jaga anak wkkwkwkw ini aja aku cari nasi kuning di solo susyehnyaa, di Manado nasi kuning udah maca nasi uduk, tiap meter ada hihihi LOL

        • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

          hahahahaha, iya ya ran..susah.. eh kemarin temenku di solo update nasi kuning banjar ran… di solo jualnya.. ntr deh aku cek lg IG temenku nama restonya apa.. khusus makanan banjar..

  21. Heni Puspita mengatakan:

    Kangen sambel dabu-dabuuu. Orang Manado si pasti doyan pedas. Tetangga saya dulu pusing kalau harga rica (cabe) di Manado naik he he.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, aku pun pusing mba kalo cabe naik… pecinta pedes bgt soanya :D.makanya aku suka ama makanan menado

  22. lianny hendrawati mengatakan:

    Menunya simple tapi menggoda selera, makan dengan nasi anget bisa habis banyak nih, apalagi kalo kepedesen hahaha.
    Aku penasaran dengan panadanya itu, nggak pernah makan. Seperti roti goreng isi ikan gitu ya rasanya?
    Btw harganya murmer nih, nggak sampe 90 ribu segitu.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbak,panada itu roti goreng, isi suwiran ikan cakalang yg pedes ;). ga pedes2 bgt sih, tp terasa dikit.. enaaak ;).. akupun lbh suka menu simple gini drpd yg heboh rame ;p..

  23. momtraveler mengatakan:

    lihat foto ikan bakar pake sambel dabu2 terbit lah air liur ku mbak…
    mupeeenggg….

  24. Wadiyo mengatakan:

    Sambel dan potongan tomatnya menarik banget.

    Untuk potongan tomatnya ada tambahan bumbu apa hanya dipotong-potong saja ya Mbak?
    salam kenal dan terima kasih Mbak

  25. Mukhsin Pro mengatakan:

    Panadanya bikin laper, perut jadi bunyi-bunyi.

  26. Helena mengatakan:

    Kabarin ya detailnya di mana. Lagi kangen masakan manado. Coba kalo ada tinutuan.

  27. De Pita mengatakan:

    salah liat postingan nih di jam segini. Lagi nunggu suamiku bawain makan siang langsung kruyuk2 ini perut hihihi. Aku juga suka banget mba sama masakan menado. Ikan bakarnya bumbu garam ajah tapi kok enyaaaaaaaak pake banget hihihi

  28. Annas mengatakan:

    Duuuh pastel Panada itu joo, bikin saya ketagihan.. apalagi klo cobain masakan ikan cakalang khas manado wuiiih maknyus banget mbaaa…

  29. Ria mengatakan:

    mama saya bilang, kl mau masak ikan biar gak amis, mesti direndam dulu di air yg udah di campur garam dan banyakin peresan jeruk nipis. Dijamin, gak bakal amis…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mama ku jg suka peresin jeruk nipis k ikan sebelum di masak… yg di menado ikan bakar ini ga amis samasekali, makanya aku suka 😉

  30. agen pengiriman mengatakan:

    ngeliat postnya jadi ngiler, hehehe

  31. Japanesian mengatakan:

    ummmm ngileeeer bangeeet, kapan2 nyobain ah sama anak istri 😀

  32. tia mengatakan:

    serius itu ikan bawal bakar mba? kok bentuknya agak beda sama bawal biasanya ya,, dan biasanya aq gak selera sm bawal bakar karena klo dibakar kayak kurang mateng dan padet. tp liat fotonya mba nila kok kayaknya menarik yaa….

    trus ya aslinya dr awl aq pengen nanya lokasinya di rawasari sebelah mana, eeeh udh ditulis dibawah ya klo lokasinya susah. aah nunggu next postingan dong brarti huhuu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bawal mbak :D… hihihihi aku msh utang nulisin lokasinya yaaak.. hahahah lupa2 muluuuu… ntr deh aku lewatin lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.