D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Okt 2015

02

CEMAL CEMIL SEAFOOD KAKI LIMA (KULINER MEDAN PART 4)

kerang rebus murni

Masih dalam rangka mengexsplore ragam kuliner Medan yang ga ada habisnya, kali ini ada 2 jenis seafood yang sebenernya udah lama pengen dicoba tiap kali mudik ke Medan, tapi ntah kenapa, selalu aja kelewatan…

Kerang rebus Murni

kerang rebus murni

Di Medan mah, warung kerang rebus itu ada banyak tersebar. Yang sempet aku coba dulu, itu Kerang Rebus Sumatra (Baca di SINI). Kerang rebus Murni termasuk warung yang sudah lama berdiri di Medan.. Berbeda dari kerang rebus Sumatra, kerang Murni hanya menjual 1 jenis kerang, yang biasa disebut kerang dara. Udah, ini tok! Kelebihannya apa dong? Saus kerangnya itu yang ueennaak bangettt dan gurih ^o^! Saus kacang dengan sedikit sambal merah , dan cacahan kacang yang diiris kasar berpadu pas dengan nenas yang digiling halus 😉 .Mau yg pedas, tinggal tambahin cabe hijaunya sesuai selera. Dijamin pedeesnya nampol ^o^ ..

sambel kerang rebus murni

Daging kerangnya sendiri gede-gede, walo jujur aja ya… Awal ngeliat aku rada jijik, karena cangkang kerangnya berbulu, hahaha… Denger-denger sih, para pelaut paling ogah makan kerang yang begini karena sering nempel di bagian bawah kapal mereka hihihi…. Geli sih ngeliatnya, tapi enak kok… Bagi pecinta kerang, biasanya 1 porsi itu ga bakal cukup 😉

kerang rebus murni

Sate Kerang yang juga enak

sate kerang rebus murni

Seafood KC di Jalan Katamso

seafood kc katamso

Tiap kali melewati jalan Katamso yang panjang banget itu, kita pasti berpapasan ama warung seafood kaki lima yang sepertinya selaluuuu aja rame tiap malam. Penasaran dong ama rasanya kalo rame begini ;). Jadi deh, kita berenam nyempetin diri untuk singgah dan nyobain beberapa menu seafoodnya.

Sayangnya, karena datang lewat dari jam 9.30 malam, beberapa jenis ikan sudah banyak yang sold out.. Hanya tersisa Gurame dan Nila. Jadiin ajalah… daripada ga ada :D.. Kepada pelayannya, aku meminta agar ikan-ikan pesanan kita dibakar, plus nasi panas sebagai pelengkap. Untuk sayur, seperti biasa tumis kangkung yang mudah dan murah jadi pilihan:D .Sambil menunggu, tambahan sajian berupa tempe , tahu bacem dan sate kerang ikut disuguhkan. Sayangnya saat dicoba, aku ga sreg ama rasanya. Manis banget cuy.. Heran, jarang-jarang orang Medan suka dengan rasa yang terlalu manis gini.

Tempe Bacem yang kemanisan

tempe bacem

Sate kerangnya juga biasa

sate kerang seafood katamso

Bagitu ikan pesanan datang, aroma yang menguar semakin membuat perut kosong jadi keroncongan.. Walo aku jadi ga bisa ngebedain mana si ikan Nila dan mana yang Gurame karena penampakannya jadi sama persis 😀 . Untuk sambel disajikan 2 jenis, sambel merah dan sambal kecap.. Ga terlalu pedes , tp lumayanlah.. Daging ikannya tebal, dan lembut..Tapi sayangnya, bumbu ikan bakar yang berwarna ke-oren-an ini ga begitu meresap sampai ke daging, jadi bisa dibilang, permukaannya aja yang enak, tapi daging ikannyanya sendiri a bit tasteless. Sayang banget sebenarnya. Tumis kangkungnya juga ga istimewa, enak, tapi ga ada spesialnya. Kita ga begitu kecewa karena toh harga final saat membayar bisa dibilang murah banget :D, hanya sekitar Rp 160,000 untuk 2 ikan ukuran besar, tumis kangkung, 4 nasi dan 6 minuman plus sate kerang dan tahu bacem.

ikan bakar seafood katamsoDSC_0517 DSC_0513

Okelah yaaa, ga rugi-rugi amat 😀 Dan aku mengambil kesimpulan, kalo warung seafood ini rame, lebih karena harganya yang murah meriah, bukan karena rasa 😀

58 tanggapan untuk “CEMAL CEMIL SEAFOOD KAKI LIMA (KULINER MEDAN PART 4)”

  1. ophi ziadah mengatakan:

    wew medan dan seafood…kerang menggoda banget.boleh nih dicatet buat kapan2 ke medan lagi

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mba… bnyk sbnrnya seafood yg lbh enak lg di sana… tp kmrn itu aku cuma mw ngemil2 doang ;p. jd cari yg kaki lima dan ga mahal2

  2. Rullah mengatakan:

    Ngeri-ngeri sedap makanannya 😀

  3. @dodon_jerry mengatakan:

    kalau udah buka beginian dan sudah jam seginian aku kudu piye? kayanya mia instant lagi nih…. tapi ngga ada yg rasa kerang 🙁

  4. Eksa Studio's mengatakan:

    Wah mantap tu gan,,
    ane demen banget yang namanya kerang.. Hehe

  5. Keke Naima mengatakan:

    kenapa, ya, dimana-mana selalu tumis kangkung yang dijadiin teman makan seafood? 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itu dia aku ga ngerti :D.. tapi si kangkung itu memang slalu masuk sih utk seafood mba 😀

  6. Bimo Aji Widyantoro mengatakan:

    Enak juga tuh kayaknya tapi ini gak bikin gemuk kan? gue parno makan makanan kolesterol

  7. Dewi Rieka mengatakan:

    waa kerang kesukaanku sebelum dipantang dokter huhuhu..slurppp…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mba… kerang itu syngnya bnyk bikin penyakit :D.. kalo udh kena asam urat jgn sentuh deh..

  8. Indah Primadona mengatakan:

    ngiler kerangnya… di sini seafood lumayan mahal 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kamu di jepang ya mba…. Eh, aku rencana ada planning kesana, abis lahiran dulu tapi :D.. nanya2 jepang bisa ke kamu yaaa 😉

  9. Goiq mengatakan:

    aku suka banget makan kerang dara di Medan. enyaaak.. bisa nambah sampe 3 porsi. hahahahaha

  10. cumilebay.com mengatakan:

    Ngiler kerang nya 🙂

  11. ijeverson.com mengatakan:

    astaga mak…. nggak nahan liat kerang sama tempe di bacemin gitu.
    belum pernah nyoba sate kerang sih… tapi bisa bayangin rasanya. itu, tapi sih saya bilang kerang padang masih juara. apalagi kerang saud padang… nagih!!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hihihi..aku sih suka kerang, tapi justru yang di sate ga gitu doyan jef… bumbunya udh macem2 soalnya ;p

  12. momtraveler mengatakan:

    kerang rebus enyaaakk….aku sukaaa

  13. Shudai Ajlani mengatakan:

    Jadi kepengen nyicip kerangnya, endes banget tuh 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kerang rebus itu rahasinya di bumbu sausnya itu sih mas…kalo rasa kerang mah cendrung sama di mana2 ;)..

  14. Sate keraaaang. Aku sukaaa banget. Kalo di Palembang, kerang darah kayak gitu juga diolah menjadi pindang (semacam sup khas Palembang) 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      nah, aku blm prnh coba nih makanan pindang kerang…makanan palembang mah palingan yg udh mainstreamnya :p.. pempek, model dan tekwan 😀

  15. Lianny Hendrawati mengatakan:

    Kalo aku lebih suka ikan daripada kerang.
    Ini memang murah ya, pesan makanan segitu cuma 160 ribu aja 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      akupun kalo milih, jg lbh suka ikan kok mba… kerang itu tergantung dr sausnya..sausnya ga enak, ya kerangnya jd ga enak… kalo ikan kan dr kesegaran ikannya 😀

  16. Euisry Noor mengatakan:

    Wiiih, jadi inget kemaren aku ngedatengin warung kerang kiloan, tapi gak jadi beli, karena pada habis, tinggal kerang snow yg gede2 :D. Kayaknya pengen nyobain yg pertama, sambelnya kayak seger :D.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      di jkt ada tuh kerang pak rudi… macemnya banyak, tp aku kok ga sreg ama sausnya… malah jd aneh modifikasinya -_-

  17. Mang Yono mengatakan:

    Wah, saya mah belum pernah tuh makan kerang khas kuliner medan… kalau makan kerang air tawar sih sering “Remis”… Nanti kalau kemedan saya akan coba ah makanan yang satu ini…

  18. Emakmbolang mengatakan:

    Aku malah lebih suka yang dimasak murni dengan cangkangnya dan dimasak dan nggak banyak bumbu. jadi rasa gurihnya lebih terasa. kalau yang disate gitu, malah kurang suka.

    Iya, kerang ini sering nempel dibawah kapal atau dermaga kayu 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      samaaaaa…aku jg lbih milih kerang rebus biasa mba, drpd sate kerang.. krn bumbunya udh macem2 sih -__-.. kdg ga pas ama selera

  19. Keke Naima mengatakan:

    Seafood itu makanan favorit saya. Cuma, saya lebih suka makan seafood tanpa nasi. Kayaknya lebih enak 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo kyk udang, lobster, kerang, aku jg lbh suka tanpa nasi mba.. tp kalo ikan bakar msh suka pake nasi 😀

  20. Febri Dwi Cahya mengatakan:

    Aku kok nggak begitu suka kerang ya mbak ._. pernah makan sekali, rasanya amis. habis tu nggk mau nyoba lagi -_-

    jadi kesimpulannya, tempat makan itu rame karena dua faktor ya mbak? bisa enak sama murah :3

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      ada yg amis feb..aku jg ga doyan kalo yg bau gitu.. iya, ini tmpat makannya rame krn murah utk yg seafood, dan krn memang enak kalo yg kerang 😉

  21. noerazhka mengatakan:

    Ikan bakarnya, slurp!
    Ngomong-ngomong soal kerang, Fan, sini kapan dolan ke Semarang, aku ajakin makan kerang srimping paling enak di dunia. Hahaha. Dijamin ngga berbulu deh cangkangnya. Hihihi ..

    Btw, apa kabar? Lama ngga sapa-sapaan nih .. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Wuaahhh kerang srimping??? blm prnh dgr ^o^.. ntr ya mba kalo aku ke solo, pasi lewatin semarang, aku hubungin dirimu ;).. kita memang suka bingung sndiri mau makan di mana tiap kali ke semarang.. ujung2nya ngemilin lumpia hihihihi

  22. Yoga Akbar S mengatakan:

    Mbak tanggung jawab, Mbak. Lapeeerrr, Mbak. Sate kerangnya. Ahelah. Kenapa gue blogwalking di jam bonus kuota dan ujung-ujungnya laper gini.

  23. Yudi Randa mengatakan:

    Jiaaaah ini mah kesukaan saya kak.. Katanya sebagian besar kerang dara di medan itu dari seputaran langsa. Ntahlah

  24. tikaajahcukup mengatakan:

    Huaaa kerang…sayang saya lg hamil jadi gak boleh mkn kerang kata dokter. Btw, suka sama tampilan web nya lucuk 😀

    Salam kenal ya Mba 🙂

  25. Ria mengatakan:

    Saya biasanya juga gak suka kl kentangnya berbulu… tapi karena rakus pada akhirnya tutup mata dan nyam, nyam aja deh… Soalnya memang tergantung yang bikin masakan sih sama bumbunya itu lohhh…. Paling asik!

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      jijiin kan mbaaa ;p.. akupun geli bgt ngeliatnya kalo tuh kerang ada bulu2nya ;p… untuk sambelnya enak ;p

  26. atanasia.rian mengatakan:

    Wah enak banget tuch, kalau seafood sukanya kepiting sama udang. Wah bikin laper seketika

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      samaaaa…udang aku suka bgt.. kepiting tergantung dr mana…kalo papua dan kalimantan aku suka krn guede2 dan mantep ;p

  27. Miqdad mengatakan:

    kalo kuliner seperti ini (seafood) suka bnget nih mbak saya… tapi saya skrng jarang mkn lagi soalnya lagi di perbukitan…. kangen deh mkn itu… fotonya bikin ngiler nih mbak…. nice mbak…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya nih seafood itu makanan paling enak tapi jg kolesterol tinggi ;p… makanya jgn sering2 ;p

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Visitor Counter

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.