D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2017

15

BAKMI KETOPRAK YU NANI, KULINER KAMPUNG YANG BERTAHAN HINGGA KINI

bakmi ketoprak

Bakmi ketoprak, kalo denger nama kuliner begitu, apa sih yang terbersit pertama kali? Kalo aku, langsung ngebayangin ketoprak yang disiram kuah mie hihihihi ;p.. Ga kebayang kayak apa rasanya…

Gara-gara bakmi ketoprak ini juga, papa mama mertua sempet adu argumen segala.. Si papa nolak makan di sana karena mikirnya ga enak dan aneh, sementara mama  maksa harus nyobain dan dijamin pasti suka, secara ini jajanan favoritnya sejak mama masih gadis :D.  Aku sendiri cendrung penasaran dengan kuliner yang belum pernah aku rasain sebelumnya. Apalagi dengan nama unik begitu.

Warung bakmi ketoprak dari tahun 1955

bakmi ketoprak

Tempatnya ternyata  warung tenda doang. Kita kecepetan dong datangnya, jam 10, padahal warung baru akan dibuka jam 11 ;p.. Penjualnya sih udah ada, masih sibuk beres-beres nyiapin masakannya.. Kalo memang ga buru-buru, menunggu sebenernya  bisa, toh cemilan aneka rupa sudah tersedia di meja.. Aku  yang telanjur melihat, langsung kenyang duluan nyemilin kue-kuenya :D.

bakmi ketoprak

bakmi ketoprak yu nani

Tapi akhirnya, kita balik lagi keesokan hari. Datang jam 11, kali ini warungnya udah ruameeee blaas ;p.. Buset dah, ini orang-orang nunggu dari jam berapa :D. Untungnya kita ga lama harus antri karena ada 1 keluarga yang kebetulan sudah selesai makan, jadi mejanya bisa kita ambil. Wangi kuah bakmi ketoprak menguar di udara dan membuat perut semakin laper.. Beruntung aku duduk di dekat sepanci kuah dengan tetelan daging yang sedang dipanasin. Gosh, makin ga sabar untuk mencicipi bakminya..

Sepanci kuah kaldu sapi

bakmi ketoprak

Seporsi bakmi ketoprak terdiri dari mie, bihun, kerupuk karak, tahu, sosis solo, daging, tempe, irisan kol  dan taburan kacang tanah goreng. Bagi yang suka rasa pedes, potongan cabe rawit merah siap sedia untuk disendok . Rasa pedes menyengat malah membuat kuah super gurih dari bakmi ketoprak ini semakin mantap disruput.. Cuma bisa bilang gini ke mama, “Mam, ini the best bakmi yang pernah Fanny coba. Kenapa ga dari kemarin mama ajakin kita makan di sini sih ?” .

Bakmi ketoprak komplit

bakmi ketoprak

Bisa mesen kuah dan dagingnya aja

bakmi ketoprak

Supaya lebih pedes, pake irisan cabe rawit merah ini 😉

bakmi ketoprak

Walo pake nama ketoprak, jangan harap ngebayangin kuah kacang ketoprak disiram ke mie, ga ada samasekali. Karena kuah bakminya agak-agak mirip kuah kaldu sapi yang jernih dan gurih. Apalagi ditutup dengan minuman es kelapa muda dengan gula merah, yang seger dan manisnya pas!

bakmi ketoprak

 Dan sumpah aku nyesel cuma mesen seporsi (Rp 16,000) dibagi dua pula ama suami, hanya karena kita udah kekenyangan makan di soto seger hj Fatimah  sebelum nyarap di sana -__-.. Ini gara-gara suami yang underestimate  bakmi ketoprak, dan ngusulin makan soto dulu, in case dia ga doyan ama rasanya, setidaknya perut udah terisi ;p.. Next time, aku ga bakal percaya dengan saran-sarannya ;p.

Yang pasti, bakmi ketoprak Yu Nani ini bakal jadi top pilihan sarapan kalo kembali ke Solo  😀 Serius, ini WAJIB COBA banget 😉 !!

 

 

Alamat:

Bakmi Ketoprak Yu Nani Sejak 1955

Wirotamtomo 9

Belakang SDN Kartodipuran 21

111 tanggapan untuk “BAKMI KETOPRAK YU NANI, KULINER KAMPUNG YANG BERTAHAN HINGGA KINI”

  1. Adriana Dian mengatakan:

    Bakmi ketoprak, kayanya kao tanpa foto diatas bakal ngebayangn sesuatu yang nggak menggugah selera deh. Tapiiii pas liat penampakannya langsuuuunggg. Doooohhhh, kok cuma ada di solo aja siiihhhhhhhhh. Hiksssss. Pengeeeennnnnnnn. Kalo ke solo berarti fix harus nyobain iniiihhhh. Makasi sudah menambah wawasan kulinerku ya mbak Fanny <3

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, iya mbaaa.. aku aja ga kebayang pas diksh tau mama ;p.. mikirnya bener2 ketoprak jakarta ;p.. ternyata eh ternyata… enaaaak ^o^.. pokoknya tiap ke solo nanti, aku bkl hrs brunch di sana ;p. harus cobain deh kalo ke solo mbak

  2. Tia mengatakan:

    Pertamax gak ya ini?
    Gegara posting di keb jd lgsg cuss kemari. Dan ini adl kuliner favorit aq jg waktu tgl di solo mba. Unik dan seger, apalagi aq fans berat tetelan dan gajih2 penuh dosa itu. Yampuunn kapan ke solo lagi yaa….

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahahaha, iyaaaa tetelannya bener2 sangat berdosa ya mbaaa ;p.. hihihihi.. pokoknya kalo ke solo, dijamin timbanganku naik, tapi pas balik jkt lgs turun lagi -__- .. stress ama kotanya kali ya ;p

  3. dede mengatakan:

    Aku juga td penasaran kok bakmi ketoprak sih hehe ternyata kuahnya bening ya mbak. mngkin klo d kampung halaman saya bisa disebut mie kopyok..penampilannya mirip banget..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iya mbak, ga ketebak banget awalnya ;p… mie kopyok aku blm coba… ntr aku browsing itu seperti apa.. jd penasaran juga.. aku tuh kalo diksh tau kuliner yg namanya unik2, pasti jd pengen ;p

  4. Hastira mengatakan:

    baru tahu nih kuliner ini jadi penasaran

  5. Dewi Nielsen mengatakan:

    Bakmi ketopraknya menggoda banget maaak 🙂 nampak segar banget yak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      sangat mbaaa ;).. mana isiannya banyak gitu, dan aku seneng krn ada kacang tanahnya.. bikin lbh gurih.. cabe rawitnya mantap lah ;p

  6. Ety Abdoel mengatakan:

    Pokoknya jangan ngeremehin warung tenda. Siapa tahu rasa makanannya, enaak.
    Bakmi toprak yu nani belum pernah nyoba mba..moga kapan-kapan bisa kesana.

  7. prananingrum mengatakan:

    cuma warung tenda gitu kalau masakan enak byk yg beli ya mbk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      lidah ga bisa bohong ya mbak ;p.. pokoknya kalo emg enak, mau terpencilpun, pasti dicari orang 😉

  8. Molly mengatakan:

    Aduh itu mie campurannya rame gitu ya mba Fanny. Penasaran aku! Irisan cabe rawitnya itu bikin pingin ngeces… huaaaaaa?. Sayangnya jauh… ihik.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, iyaaaa… org medan yg suka pedes, pasti doyan deh mbak ;p.. akukan lidahnya medan juga ;p.. enak kok ini, harus coba kalo ke solo

  9. Sari mengatakan:

    Yummy keliatannya, mirip2 bakso gitu ya?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mirip yaaa ;p… tp aku lebih suka ini mba.. lbh gurih :D… dan krn ada kacang tanahnya itu, jd gurih banget

  10. Ika Puspitasari mengatakan:

    Waah..unik juga namanya. meskipun sering ke Solo, kok aku nggak ngeh ya…ada makanan ini? Lain kali kudu nyoba nih, kayaknya enak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      itulah mba… aku aja bener2 bingung pas denger namanya.. pdhl udh sering bgt ke solo :D.. mama mertua telat bgt nih ceritanya

  11. Mukhsin Pro mengatakan:

    Makan-makan terus.

  12. Sandra Nova mengatakan:

    OMG salaaah.. salah banget ngitip tulisan ini pas lagi puasa hahahaha.. #glegh jadi kepikiran ini nanti buka puasa pengen bakmi ketoprak tapi beli dimana di Jakarta coba hahaha toloong XD 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      HIHIHIHIHIHI…. itulah mbak… akupun kaklo inget ini cuma bisa nelan ludah ;p.. jauuuh hrs ke solo :D..nunggu lebaran… tp itu jg berdoa semoga si mbok yu nani ga tutup lebaran 🙁

  13. Dita Indrihapsari mengatakan:

    Yu Naniii.. Aku waktu ke Solo jg diajak mamaku makan di situ mba.. Ternyata seger banget yah itu bakmi ketoprak. Segala bahan dicampur jadi satu tp kok ya enak yaa.. Satu porsi aja buat aku kurang pengen nambah lagi mba, apalagi mba Fan cuma makan setengah hihihi 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha, makanyaaa.. aku males bgt itu makan setengah.. tp apa daya, perutku udh kenyang juga mkn soto ;p.. mana besoknya udh harus balik jakarta.. jd cuma sekali doang nyoba bakmi itu 😀

  14. Turis Cantik mengatakan:

    Nelen ludah sambil lihat cabenya duhh enak banget tuh kyknya mbaakk

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Bangeeeet mbak ;).. seger, pedes, enaaak :D.. skr pokoknya tiap ke solo aku hrs makan di sana ;p

  15. Miftha kaje mengatakan:

    Mbaakk… Jadi kangen solooo… Aku suka ngetz ama bakmi toprak.. 4 tahun nih gak makan itu.. Pengeeen… Bakmi toprak segerrr… Isiannya banyak.. Kenyang deh… Ditambah minumnya es cendol pleret.. Gerrr…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kamu org solo jg ya mbaaa ;).. aku juga nyeseeel baru tau bakmi ketoprak kok ya baru2 ini ;p.. pdhl dulu2 sering bgt bolak balik solo 😀

  16. Mei Wulandari mengatakan:

    Hahaha kok ya pakai sarapan soto dulu, jadinya nyesel kan mb 🙂
    Btw meskipun aku bertahun2 di Solo kok baru dengar bakmi ketoprak? Ya ampun kulinerku kurang jauh hufh
    Lain kali coba akh ke warung tenda yu nani

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      apaaaaaa!! kamu di solo tp blm pernah kesana ??:D hahahaha… toss dulu lah kita ;p.. aku aja sering bgt ke solo baru kmrn itu dikasih tau mama mbak ;p.. harus cobalah pokoknyaaa 😉

  17. Yoga Akbar S mengatakan:

    Eh, nggak ada bumbu kacangnya? Oalah, pas baca judulnya udah ngebayangin gitu juga aku, Mbak. Wahaha.
    Giliran dateng kecepetan, belum siap. Dateng siangan dikit udah rame. Gokil, ya. 😀

    Tapi nggak ada salahnya juga, sih. Jaga-jaga makan dulu takut rasanya aneh. Aku juga sering gitu, kok. Wqwq.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahahaha, kayak suamiku banget deeh ;p. dia gitu tuh, kurang suka bereksperimen soal rasa :D.. makanya susah ngajakin dia makan yg aneh2 ;p. bujukinnya hrs kenceng banget ;p.. sementara aku suka nyobain yg aneh2 yog.. kalo ternyata ga enak , ya udh.. at lest udh nyoba ;p

  18. lianny hendrawati mengatakan:

    Bakmi ketopraknya menggoda banget Fan. Itu cabenya banyak amat hahahaha.
    Tapi bukanya siang ya, kalo jam 11 siang sih nggak bisa buat sarapan, buat makan siang aja.
    Kecuali diniatin deh sarapan di sini, paginya cuma nyemil kue2 aja biar nggak kelaparan nunggu 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahahaha, kalo aku mah lgs berbinar2 liat cabenya mbaaa ;p. iya, ini menurutku mah utk brunch ;p.. bukan sarapan :D.. tp ini abis makan siang biasanya lgs abis mbaaa… cepet banget lakunya

  19. travelling addict mengatakan:

    Duh Bakmi ketopraknya bikin ngiler….

  20. nitalanaf mengatakan:

    Haha si mas suami sih ya, pake ngajak makan soto dulu 😀 Bakmi ketoprak bayangan saya ketoprak beneran kayak di sini digabung dengan bakmi, hahah… Unik juga menunya.

  21. nur rochma mengatakan:

    Baca judulnya yang kebayang adalah ketopraknya.

    Btw…yang penting rasanya juara ya mba. Noted deh kalau ke Solo.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      samaaaa… aku tuh kebayang ketoprak jakata duluan.. pas liat penampakan lgs bengong ;p. tp enaaaak ^o^

  22. cumilebay.com mengatakan:

    Yaaa allah itu irisan cabe dan jeruk nipis kayak nya menggugah selera banget

  23. Emakmbolang mengatakan:

    Ada sosis solo dan daging juga, must try iki. Dan irisan cabe sama jeruk nya itu bikin nggak nahan.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      beneeeeer ;p.. awalnya aku pikir ga ada cabe.. kuahnya udh enak, tp ga pedes, kyk ada yg kurang kaaaan ;p.. eh ternyata si mboknya punya rawit iris ;p.. lgs aku minta deh

  24. Nabila Putri Karimah mengatakan:

    Enak banget ya mba keliatannya, kebayang gurih tetelannya hihi. Bulan depan rencananya mau ke Solo, nanti coba mampir kesini ahh :))

  25. Rotun DF mengatakan:

    Aku pas baru buka terpaku sama judulnya. Bakmi ketoprak? Maksudnya gimana?
    Terus jadi bolak balik liatin judul sama gambar, ahahahaha.

    Baca deskripsi Mba Fanny aku beneran ngiler. Kapan gitu pindah ke Jawa yang masakannya kaya rempah dan kaya rasa. Huhuhuu…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kamu tinggal di mana mbak? tapi di manapun, makanan indonesia mah ttp enak dan beraneka ;).. aku aja kepengin bgt rasain makanan daerah2 lain apalagi yg terpencil…

      bingung kan dengernya ;p.. aku juga pas dikasih tau mama ;p.. ternyata, setelah tau, malah jd sukaa 😀

  26. Ucig mengatakan:

    Aku suka banget mie ayam dan ketoprak lho mbaaa fan. Haduh ini makanan kecilnya rame yaa berjejer :))
    Mana aku bw pas jam laper ibu menyusui.
    Jadi di Solo ya iniii, di Jkt ada nggak sih mba, haha penasaran banget rasain makanan ini..

  27. Wian mengatakan:

    Ituuuu cabenya pedes banget keliatannya. Nah, ak cuma kenal ketoprak yang pake bumbu kacang. Disini gak ada yang kaya gitu mba. Unik juga ya. Tapi kenapa namanya ketoprak ya??

  28. mayasitha arifin mengatakan:

    Ini blog, adalah blog yang tiap kali liat bikin orang laper ????

  29. Nasirullah Sitam mengatakan:

    Seminggu ini aku makan ketoprak 2 x hahahha.
    DI dekat kantor ada ketoprak Jakarta dan enak 😀

  30. fika mengatakan:

    serius itu cuma 16ribu dan isinya banyak huhuhuhu aku penasaran dan pengen banget mba.

  31. Grace Melia mengatakan:

    Ah aku belom pernah makan inii, ngiler huhuhu. Kapan ke Jogja lagi mba Fanny? Kemaren aku belom puas huhuhu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kalo ke solo nginepnya agak lama ges ;)… kayaknya pas lebaran ntr aku ke solo lagi… nah bisa singgah deh ke jogja ;).. ketemuan lagi yaaa 😀

  32. Lindaleenk mengatakan:

    deretan gorengan menggoda amat ya :))

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bangeeetttt ;p.. jd harus tahan diri, supaya ga kekenyangan gorengan mbak ;p.. ntr malah bakmi ketopraknya ga abis ;p

  33. Rudi Chandra mengatakan:

    Bikin ngiler banget tuh.
    Pengen nyobain juga.

  34. Johanes Anggoro mengatakan:

    duh kok ya baca ginian pas jam makan siang -_-

  35. ijeverson.com mengatakan:

    wih, kulinernya solo melulu. Bakmi ketoprak? serius baru pernah denger.. kayaknya mantep juga tuh. inovasi banget yak, cuma.. kalau saya sih mie campur bihun kurang doyan. rasanya rada gimana gitu soalnya… hohoho. pelajaran hidup: kalau mau makan bakmi ketoprak Yu Nani, jangan makan soto di tempat lain.. :”)

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      krn kemarin lg liburan di solo aja jev ;p.. makanya kulineran solo mulu :D.. tingal bilang aja, jgn dicampur bihun ama mie nya ;p.. bisa kok diminta sesuai keinginan kita 😀

  36. Ahmad mengatakan:

    mau donk bakmi ketopraknya Mbak ……..

  37. Yasinta Astuti mengatakan:

    Beuh laper, lewat ke blog mba Fanny tiap tengah malam entah kenapa.
    dan itu es kelapa gula merahnya kenapa menggoda sekali >.<

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Hahahahaha, segeeeer banget mba es kelapa gula merahnya ;).. abis hot2 nya makan bakmi ketoprak, minum es kelapa kyk lgs nyeessss banget ;p

  38. De pita mengatakan:

    Aduh salah salah salah nih bumil+busui buka ini pagi2. Jadi pengeeeeeen….

  39. Keke Naima mengatakan:

    Saya jadi ikutan penasaran karena saya pun taunya ketoprak yang disiram saus kacang aja hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaa kaaaan :D.. aku juga mikirnya gitu.. trnyata ini mienya berkuah.. seger pula… mungkin disebut ketoprak karna isiannya bnyk bgt ya mbak.. macem2 ada, kayak ketorprak ;p

  40. Lidha Maul mengatakan:

    wihhhh, ini favorit laki saya banget dengan Go-reng-an dan suasana warung begitu bisa hidup 24 jam dia 😀
    Itu yang jeruk nipis ama potongan cabe itu penderitaan buat saya yang suka pedes (walau gak level 10). Menderita kalau gak disentuh. Seru ini rasanya.
    Solo ya? serius saya mau ke Solo, catet ini ah

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahahah, samaaaa mbak… akupun ambil irisan rawitnya lumayan bnyk loh ;).. biar makin hot makannya ;p.. ama jeruk nipis biar makin seger ;p

  41. Lihat gambarnya sepertinya enakkk banget, laperr dan ngiler jadinya 😀 .
    Wah jauhhh ya mbak, kupikir di Jakarta loh 😀 .
    Ga berat tuh mba sarapan bakmi ketoprak?, klo aku sih sptnya enak buat makan sore hari hehe.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Di solo mbaa ;).. Wahhh, kalo kamu ke solo, bakal takjub ama makanan sarapan di sana… semuanya kls berat ;p.. bubur lemu, soto, bakmi ketoprak, malah ada yg buka dr jam 7 pagi jualnya ayam goreng ama nasi ;p.. kyknya org2 di sana hobi makan mbak 😀

  42. febridwicahya mengatakan:

    Waktu pertama baca judulnya ya gitu, kirain perpaduan antara ketoprak dan bakmi. Ternyata ya bukan ya wkwkwk kuahnya kuah kaldu sapi. Kebayang gimana rasanyaaaaa. Aaaaaakh paraaaah. mauuuuuk :3

  43. Alvi Kamal Fikri mengatakan:

    behhhhhh lihat bakminya jadi ingin… blog yang paling kuhindari buka saat lapat

  44. Ria mengatakan:

    16000 tapi isinya buanyak ya 🙂 ngomong2, pas ke sana harga cabe belom naik? heheheehe

  45. Ilham mengatakan:

    mau donk bakmi ketopraknya … liatnya aja bikin ngiler

  46. studioznak mengatakan:

    wah… boleh lah kali kali mampir… kayaknya enak

  47. Gustyanita mengatakan:

    Mb faann foto fotonya makin awesome
    Makin ke sini makin kliatan dimensinya, rasanya aku kayak lagi tatap tatapan sama piring isi makanan itu huhuhu

    Btw rawitnyan mervon amat yak hihi
    Isiannya kan ada kerupuk karaknya tu, karak teh apaan yak?

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kerupuk karak itu, kerupuk nasi Nit :D.. dari sisa2 nasi… enak deh rasanya… di jawa bnyk ini

  48. bunda aisyah mengatakan:

    langsung bikin ngiler, masakan solo itu enak, murah meriah lagi

  49. Belum pernah nyicip ini..aiiih… pengen

  50. liat fotonya, kaya soto mie bogor y mbak? duuuhhh, ini mbak fanny postingan2 kuinernya menggoda iman bangeeeeettt….

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      iyaaaa, mirip yaaa…tapi yg ini toppingnya lebih rame, dan kuah kaldunya lbh soft rasanya mbak 😉

  51. Helena mengatakan:

    Aku cari saus kacangnya kok ga ada. Ternyata beda versi dengan ketoprak di Jakarta

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahaha, iya mba… aku aja ngebayangin ketoprak jakarta, pas nyampe ternyata malah kyk soto mie ;p

  52. fajar mengatakan:

    bikin ngiler aja nih, bikin penasaran rasanya seperti apa, kalau ketoprak susah sekali dicari di tempat tinggalku.. hadeh

  53. afifuddin mengatakan:

    Kalau makan ketopraknya pasti itu enak, yang mbikin lebih enak kalau ada gorengan dan es tehnya… ya kan mbak…

  54. ibnu asmara mengatakan:

    saya suka banget sama bakmi. palagi yang ini kyaknya walaupun murah tapi rasanya gak murahan tuh..
    bi bagi info lokasinya bun??
    heheheee

  55. rumput sintetis mengatakan:

    Bikin ngiler Maaaaak, jadi pengen makan

  56. abahadil mengatakan:

    jadi pengen kesana ngiler banget ngeliat
    bisa jadi refensi kalo kesana tuh

  57. alihamdan mengatakan:

    weew urih2 nyoyy spertinya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.