D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Des 2015

06

ANEKA HIDANGAN LEZAT , DI BELITUNG…

ikan masak tauco

Karena Belitung jelas daerah kepulauan yang dikelilingi banyak pantai, kuliner di sanapun ga jauh-jauh dari yang namanya seafood ;). Untunglah…jadi setidaknya, aku yang benci ama pantai dan tempat-tempat panas begini, rada bisa terhibur, karena seafood biasanya slalu enak 😀 ..

Rm Rindu Pantai

Ini rumah makan seafood pertama yang kita datangi saat di Belitung. Letaknya ga jauh dari pantai Tanjung Kelayang. Tempatnya sih sederhana banget, walo berkesan lega. Mungkin juga karena kita datang di luar jam makan biasa, jadi restoran masih sepi. Menu yang dihidang lumayan banyak, dan semuanya enak!! ^o^ Mulai dari Ikan bakar, cumi goreng tepung, udang bakar kecap, gangan ikan, tumis kangkung yang segar dan gede-gede, dan ikan bakar yang aku ga tau namanya, dengan kulit luar yang keras, namun lembuuut banget dagingnya.. Jangan tanya total harga yang kita habiskan di sini, karena semuanya toh gratis dari HSBC… Yang pasti semuanya habis diganyang tak bersisa :D. Ditambah tempat makannya yang pas di pinggir pantai gitu, dengan hembusan angin laut yang bener-bener bikin ngantuk sehabis makan ;p

 RM RINDU PANTAI

DSCN0438 DSCN0441 DSCN0440 DSCN0442 DSCN0444 MENU HIDANGAN RM RINDU PANTAI

Rm Berage

Malamnya, kita semua dijamu di RM Berage yang berlokasi di jl Raya Sijuk no 31, Tanjung Pandan Belitung.. Kurang lebih 30 menit perjalanan naik bus dari hotel kita di BW Suites (dulunya Aston). Dan sayangnya pas datang, serombongan peserta outing lain dari perusahaan ntah apa, sudah mendahului duduk di sana dengan suara ributnya ngalah-ngalahin pasar malam.. Heran bener, makan aja kok ya sampe teriak-teriak gitu -__-.. Jadi rada ga nyaman sih. Untungnya, kita terhibur dengan kuliner yang lagi-lagi seafood enak nan segaaar ^o^!.. Ga perlu ribut-ribut menyantap semuanya, cukup mulut dan indera perasa yang bekerja. Hidangan seperti Ikan masak tauco, sup daging, cumi goreng tepung, udang saus Padang plus lalapan dan sambel jadi menu ga terkalahkan malam itu. Semua hidangan dimasak dengan bumbu pas, sambel yang pedas, lauk dan lalapan segar.. Ah… Kenyangnya…Tidur enak malam ini.

 ikan masak tauco DSCN0453 DSCN0454 DSCN0455 MENU RM BERAGE

Rm Fega

Hari terakhir di Belitung, RM Fega jadi tempat perhentian terakhir sebelum bertolak ke bandara dan balik Jakarta. Di banding 2 resto sebelumnya, yang 1 ini termasuk paling luas dan paling bagus. Berlokasi di pinggiran sungai, tempat makannya dibagi dalam beberapa tempat, dan kebetulan yang kita dapat, interiornya dibikin seolah-olah pengunjung berada dalam kapal . Ada kemudi nahkoda dan tiang-tiang tinggi .. Unik sih… Makanan yang dihidang juga sama enaknya.. Dimulai dari ikan bakar yang bumbunya asoy banget enak’e, cumi goreng tepung yang rada sedikit less crispy tapi tetep nikmat disantap, sate ayam, dan sop tulang yang sedikiiiit aja keasinan… Tapi masih kemakanlah..

DSCN0467 DSCN0468 DSCN0469 DSCN0470

Dan yang kita lakuin sehabis menikmati semua hidangan ini, udah jelas pada ingin bernarsis ria di lingkungan restoran yang memang cantik untuk foto-foto 😉

FM FEGA

Mie Atep

Begitu kaki meminjak tanah Belitung, tempat pertama sekali yang kita datangin langsung dari bandara, itu warung makan mie Atep yang sudah melegenda. Sebenernya sih, aku ga terlalu berminat datang kesana, karena dari apa yang dibaca, rasa mie Atep ini juga ga enak-enak banget, cendrung manis.. Pecinta pedes kayak aku, udh jelas ga bakal doyan ;p

Tempat makannya kecil.. Tapi ruameenya ga ketulungan.. Untungnya nih , rombongan HSBC dikasih tempat private di belakang, yang isinya memang hanya kita :D.. Haseek… jadi ga keganggu ama tamu-tamu lain..

DSC_0254 MIE ATEP

Menu untuk kita semua jelas udah ditentuin dari awal..Apalagi kalo bukan mie Atep dan es jeruk kunci ;). Seporsi mie Atep cepat terhidang.. Sesuai review dari beberapa blog yang udah aku baca, mie ini rasanya manis. Potongan tahu, kentang , udang dan emping menjadi topping dari mie Atep.. Kuahnya sedikit kental, yang sepintas menjadikannya mirip mie kocok Medan. Walopun sudah ditambah sambel, tetep aja, rasa manisnya ga ilang.. -__-. Ini yang bikin aku ga terlalu doyan ama mie ini.

MIE ATEP

Es jeruk kunci

es jeruk kunci

Selain mie Atep, kita disuguhin segelas es jeruk kunci yang merupakan buah khas daerah sini. Jujur aja ya, pertama kali melihat es jeruk ini yang dituang dalam gelas plastik biasa, sehingga terlihat, biji-biji jeruknya yang ga ikut kebuang, warna air yang butek putih, aku samasekali ga napsu untuk nyobain.. mikirnya, “buset dah… Ini kebanyakan air banget kayaknya.. pasti hambar deh -___-“. Tapi ternyata sodara-sodara….. pas disruput, es jeruk kunci ini UEENNNAAKKKKK ^O^ .. Samasekali ga hambar, manis asemnya pas, dan warnanya butek begitu bukan karena kebanyakan air.. Uwooohhh.. nyesel banget udah underestimate-in ;p. Dan jeruk ini banyak dijual di toko-toko souvenir Belitung dalam bentuk botolan.. Jadi kita tinggal bikin sendiri di rumah… Cuma seperti biasa yaaa… Pas nyampe Jakarta dan mau ngerasain es jeruk kunci bikinan sendiri, ntah kenapa rasanya ga bisa seenak ama yang di bikinin ituuu 🙁 .. Hiiihh…

64 tanggapan untuk “ANEKA HIDANGAN LEZAT , DI BELITUNG…”

  1. rita asmaraningsih mengatakan:

    Aku pengen sekali ke Belitung.. Sering lihat2 dan baca2 infonya banyak tempat wisata yg menarik di Belitung.. Ragam kulinernya juga tak kalah enak katanya.. Duhh jadi pengen banget mewujudkan mimpi ke Belitung..

  2. Anis Hidayah mengatakan:

    Penasaran sama mie atep dan es jeruk kuncinya mbak aku,,,, buthek buthek biasanya malah lezat lo mbak,,, satu lagi, mbaknya latihan terus buat sendiri es jeruk kunci,,, ntar kalau sudah enak panggil aku mbak untuk mencobanya,, hehehe. Tapi kalau belum ya jangan panggil. Nggak mau aku jadi bahan percobaan,,, hahahaha

  3. mawi wijna mengatakan:

    Penasaran sama itu mie atep. Dirimu bilang manis, apa ya semanis masakan Jogja sini sih? Apa jangan2 juru masaknya ada keturunan Jogja jadinya manis? Hahaha 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      menurutku manisan mie atep mas.. kalo jogja, manisnya enak sih.. ada gurih2nya, dan kalo dikasih cabe, manisnya ga keikut… ini ttp ada rasa manis -__-

  4. Anisa AE mengatakan:

    Wiiih jadi pingin ke Belitung deh. 😀

  5. ijeverson.com mengatakan:

    pingin nyobain belitung. katanya enak… paling jauh ke sumater cuma nyampe palembang sama lampung. kuliner mah.. sumatera enak-enak deh kebanyakan. mungkin es jeruk kunci jakarta sama belitung beda, yang dijakarta udah teremar polusi :”)

  6. puputs mengatakan:

    sebentar2.. jeruk kunci itu kayak gimana ya, googling dulu ah.. kok kedengerannya enak dan seger.. emang gitu sie kalo udah di bawah kerumah.. rasanya bisa ilang ya

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bentuk jeruknya sih biasa ya mba, kalo aku liat pas di dapurnya sana… tapi rasanya segeer ;)..cuma, kalo bikin sendiri sepertinya lgs berubah ;p

  7. beautyasti1 mengatakan:

    waahh,, di endorse HSBC ya mba.. asiknya makan kenyang gretongan pulakk.. mauuu.. mana jam segini ngeliat makanan enak enak kayak gini tuh, bikin pengen early dinner deh hehehe..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tiap tahun semua staff HSBC memang dikasih budget utk outing seperti ini mba… jd ini jatah tahunan…

  8. Aiy Ayumna mengatakan:

    Waa jadi pengen ke Mie Atep soalnya aku juga suka pedes..
    Tapi jauh ya.. hihii

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      mie atep ini saya tulisnya manis loh mba… samasekali ga pedes… dikasih cabepun buat saya masih manis -__-..makanya saya ga doyan

  9. Windah saputro mengatakan:

    Nahhh, aku juga pernah tuh dapet oleh oleh sirup jeruk kunci. Rasanya kurang nyoss. Aku pikir emang rasanya ga enak

  10. Mugniar mengatakan:

    Huaaaa naksir sama ikan rica2 itu, Mbak … fotonya keren, bikin saya ngiler 😀

  11. Efenerr mengatakan:

    Favorit saya di Mie Atep Mbak..favorit selalu dan rasanya takpernah terlupa,

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahaha, bagi penyuka manis pasti suka mas ;). Sayangnya aku memang lbh suka rasa gurih dan pedas.. dan krn mie atep ini manis, jd ga begitu doyan 😀

  12. Emakmbolang mengatakan:

    Aku jadi ngiler sember lihat ikan masak tauco. cumi goreng tepung itu dicamil endang gulindang.
    Hehehe Untung ya mbak pas sepi waktu datang ke Mie atep, coba kalau rame, antriiiiii ampe kelaperan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      eh, pas kita dateng mah rameee bgttt mbaaa… tapiii kantor udh reserve tempat.. makanya kita dpt private 😉

  13. Nathalia DP mengatakan:

    duh… ikan, udang, sama cuminya menggoda banget…

  14. Keke Naima mengatakan:

    ini fotonya menggiurkan banget. Apalagi, saya memang penggemar ikan. 😀

  15. cumilebay.com mengatakan:

    Semua resto diatas juga aku cobain waktu ke belitung hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      aku baca review mie atep mu, kamu ga doyan juga kaan ;)??? Makanya aku lgs ga gitu napsu makan mie itu -__-.. beneran ya, manis bgtttt

  16. Alid Abdul mengatakan:

    LANGSUNG TUTUP BROWSER BACA POSTINGAN INI T_______T
    IKAN BAKARNYA YAOWOOOOOOOOOOOOH

  17. Jadi kangen Belitung huaaa *catet semua nama rumah makannya*

  18. turiscantik mengatakan:

    wow jadi pengen jalan ke sana neh

  19. Astin Astanti mengatakan:

    ya ampun, hidangannya bener-bener menggiurkan lidah banget.

  20. Roosvansia mengatakan:

    Hadeuhhhhhhhhhhhhhh.. UDANG CUMI UDANGGGGG.. Bikin ngilerrrrr tengah malammmm.. Salah banget mampir kemari tengah malam begini hhahahahahhaha.. Abis makan itu berasa sehat ya, coz semua freshhhhhhh.. Nice Post Fann..

    roosvansia.com

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      udang sih yang aku paling ga bisa tahan mba ^o^.. kalo cumi masih bisa ga kepengin makan… tp udang, ya ampuuunnnnn beruntung aja aku ga alergian ama seafood 😀

  21. winnymarlina mengatakan:

    sedih rasanya waktu di belitung tidka nemu makanan enak khusunya seafood itu kak

  22. Molly mengatakan:

    Surga kulineeeerr… whoaaaa… liat olahan ikan2nya itu langsung mendadak laper ! Aku penasaran sama Mie Atep nya juga deh mba ?.

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      skr sih aku udh ga penasaran ama mie atep :D.. tp absolutely seafoodnya ga bakal nolak utk makan lagi ^o^

  23. Yoga Akbar S mengatakan:

    Gue malah baru tahu soal mie atep itu, Mbak. Hahaha. Rasanya beneran manis? Aneh banget di lidah gue pasti. Ehehe.

    Dan soal es jeruk ini gue dapet pelajaran. Jangan judge sebelum dirasain, ya. 😀
    Kalo gue seringnya terbalik dari itu, kelihatannya enak, giliran dicobain malah males makan atau minumnya. 🙁

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahahaha.. iya, aku biasanya juga lbh srg dapet yg tampilan oke, tp rasa so-so ;p.. beneran manis Yog.. ga cocoklah ama lidahku kalo mie atep.. tp selain itu makanannya oke kok

  24. Hendi Setiyanto mengatakan:

    sumpah..ini bikin ngiler, biarpun aku alergi udang gitu hehhehe

  25. primastuti satrianto mengatakan:

    maaauuu ke belitung, semogaa dimudahkan tahun depan.. makasih infonya mba…

  26. Keke Naima mengatakan:

    kayaknya saya bakal betah kalau ke belitung. Menu seafood itu biasanya enak-enak

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      bangeeet mba.. dan seger2… kalo harga aku g tau ya, krn kemarin kan semua dibayarin kantor.. jd ga nnya harga 😀

  27. Pungky mengatakan:

    Ikan tauconya terlihat sedap sekaleeeee :3

  28. Vhoy Syazwana mengatakan:

    Aaakkk udangnya bikin ngecess 😛

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      seafood di sana beneran seger mba.. ^o^.. betah aku ama makanannya… bisa2 kolesterol naik deh

  29. ria mengatakan:

    Wadawwww…pameran foto2 makanannya bikin ngeces… apalagi yg plg atas yg foto ikan itu…

  30. lianny hendrawati mengatakan:

    Restorannya banyakan seafood ya.
    Duh ituu es jeruk kuncinya seger banget, kirain ini jeruk dicampur dengan bumbu kunci, ternyata bukan hehe 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      kan daerah laut mba ;)..jd semua rata2 makanannya ya seafood… surga bgt deh utk penyuka seafood

  31. Aya mengatakan:

    Wiiiii…. enak niih..
    Kapan ya bisa ngerasain kuliner belitung
    Secara kami sekeluarga suka banget sama ikan 🙂

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Samaaa… aku sekeluarga juga suka seafood.. kampung di pesisir soalnya ;p.. makanya kalo udh nyobain seafood seger, wiih, lgs suka

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.