D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Feb 2014

23

WEDANGAN MODERN ALA SOLO, CUMA DI TIGA TJERET ;)

DSC04070

Selain soto, ada jenis makanan lain yang juga banyak sekali di Solo. WEDANGAN. Pertamakali denger, langsung mikir kalo wedangan ini hanya tempat di mana kita bisa minum-minum doang. Yang anget-anget gitu. Tapi ternyata  selain minuman anget, wedangan juga menyediakan makanan, yang walopun kecil, tapi banyak ragam dan pilihan yang bisa dipilih 😉

Biasanya, warung-warung wedangan ini terletak di pinggir jalan dan berupa tenda.  Pembeli yang datang nantinya duduk lesehan di atas tikar yang memang udah disediakan. 

Tapi saat balik ke Solo Desember  lalu, sebuah restoran besar dan bagus, yang sepertinya baru dibuka, dan kalo diliat dari interior dan eksteriornya, berdiri dengan mengusung konsep wedangan untuk anak muda dan keluarga.  Restorannya  bernama TIGA TJERET 😉
WEDANGAN TIGA TJERET 😉

 

Bisa dibilang tempatnya SELALU RAME!! Apalagi malam minggu. Pertama kali kesana, kita langsung dihampiri ama security yang mengatakan tempatnya udah penuh. Batal deh mau nyobain… Baru kedatangan kali kedua, kita bisa ngedapetin tempat duduk.
Ini belum seberapa rame waktu kita datang

 

Terbagi atas 2 tingkat, aku dan keluarga  lebih memilih duduk di taman.  Biar lebih adem. Cara memesan makanan, cukup ngantri untuk memilih nasi, lauk dan minuman yang kita mau, bayar di kasir dan kembali lagi ke meja ;p Untungnya pas kita datang, antrian lagi ga terlalu panjang.
Bisa pilih makan di atas ato di bawah..

 

Saat memilih jenis nasi, aku langsung tertarik dengan NASI GRANAT ;p Whooaaa, kesukaanku banget nih, pedes tingkat dewa ;p. Ga bakal mikir ngambil nasi yang lain.. Begitu dicoba, memang pedeess ;p. Bumbu petis di dalam nasinya langsung menyengat indra perasa . Mantep!! Trus untuk lauknya, pilihan jatuh ke  sate bakso , pangsit, martabak mie, pepes tahu telur asin dan sate  daging tiruan!! Sebenernya ini tahu yang diolah sedemikian rupa sehingga tekstur dan rasanya jadi mirip daging. Dan beneran loh, aku kayak lagi ngunyah daging ^o^

Pilihan aneka nasi
Pilihan lauk yang bisa dipilih

Lauk-lauk yang kita pilih di kaunter, hanya tinggal diletakkan di atas piring, yang nantinya dikasih nomor, dan setelah dibayar, kasih deh ke petugasnya untuk dimasak sesuai yang kita mau. Goreng, ato dibakar.

 

Pepes tahu telur asinnya rada aneh… Kok agak pahit ya di lidah… Jadinya aku cuma ngabisin kuning telur asinnya yang lumayan gurih dengan asin yang pas. Sisanya ga kemakan ;p
Pepes tahu telur asin
Nasi granatnya mantepp!!!Campurin deh sambel petisnya dengan nasi 😉
Nasi granat dan lauk yang kupilih

 

Untuk minuman, aku sengaja memesan Es Tape yang ternyata berwarna putih, dan rasanya manis legiiit ^o^ Tapi pas kok, ga sampe bikin eneg karena kemanisan. Cuma minuman mama yang aku ga bisa telan samasekali.  Namanya sih Wedangan Tiga Tjeret. Sekilas mirip bandrek, tapi ‘sampah’ di dalam gelasnya lebih banyak dan aneka ragam ;p. Mulai dari jahe, temulawak….dan jeruk nipis. Pas aku coba, hampir kesedak ama rasanya yang kacau balau ;p
Es tapenya enak ^o^!!
Agghhh, ga sanggub nelan minuman ini ;p Kacau rasanya…

 

Intinya, lumayan asik kok menikmati wedangan di tempat ini. Cozy, nyaman, trus di hari tertentu ada live musicnya juga. 1 lagi yang unik dari resto ini, coba deh perhatiin meja dan lampu-lampunya. Terbuat dari mesin jahit yang udah ga kepake, dan lampu-lampunya dari kreasi botol gelas plastik yang dibentuk menjadi wadah lampu ;).  Aahhh… lumayan kreatif (“,) 
Mejanya dari bekas mesin jahit


Lampu yang terbuat dari gelas plastik

 

 

Alamat TIGA TJERET:
Jl. Ronggowarsito No. 97 (Mangkunegaran), Surakarta, Solo
Telp: +62 271 630078

18 tanggapan untuk “WEDANGAN MODERN ALA SOLO, CUMA DI TIGA TJERET ;)”

  1. Fahmi Deri mengatakan:

    keliatannya enak enak tuh makanannya :9 bagi dong.. hahaha

  2. turiscantik.com mengatakan:

    ngiler berat abis baca postingan ini hiks 🙁

  3. Linda Leenk mengatakan:

    Lauknya banyak :)))
    Eh tp kalau makan kayak gini suka ga sadar sih pas ngambil lauknya..semua pgn dimakan

  4. ronal mengatakan:

    Pas baca judulnya kirain isinya akan bahas kayak wedang jahe atau wedang ronde gitu..ternyata aneka jajanan gitu ya Mba hehe
    Btw itu pepes telur asinnya bisa pahit gitu ya…mungkin krn proses mengkukusnya ngak sempurna kali ya hahaha
    Es tape ketannya mancaaap kayaknya itu..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      yg orang Solo kan sebenernya suamiku ya mas. Nah, aku dulu mikirnya juga gitu. Wedangan itu ya minuman. Tapi trnyata bukan cuma itu ;p

      Ga ngerti de kenapa pepesnya rada pahit… Padahal telur asinnya udah mantepp ^o^

  5. cumilebay mztoro mengatakan:

    Eh tempat nya kece badai banget, kerennnn …. Makanan nya bikin ngiler, nasi granat nya kayak nya boleh di coba 🙂

  6. Alfi kamal fikri mengatakan:

    Wuiiih tempatnya oke punya…XD enak banget kalau bisa milih… sepertinya nasi granatnya wajib dicoba… kalau lauknya banyak gini jadi binggung milih apalagi kelihatannya enak semua..

  7. BACKPACKTOR.COM mengatakan:

    tempat yang anti banget ku datengin ya tiga tjeret ini, mahal seoalnya hehehehehe :S

  8. ilham irwinansyah mengatakan:

    Salut deh sama konsep tempatnya yang ngejadiin meja mesin jait dan sampah plastik jadi berguna lagi, nice post!

  9. Creno mengatakan:

    Saya orang solo sendiri malah belum pernah coba di 3 ceret… ;-( lokasi pasnya aja ga tau… #kuper

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      cobain mas ;)… eh tapi agak hati2 ya kalo makan di sana.. soalnya trakhir makan di sana aku dpt pengalaman g enak… bill nya itu dimasukin hrg makanan yg ga kita pesen.. untung aku tipe yg rajin meriksa bill… trs gara2 itu, temenku juga jd ikutan periksa bill dia, dan di bill nya juga dimasukin hrg makanan yg ga dipesen dong… kalo sekali kita bisa mikir positif kasirnya khilaf.. tapi 2x, aku curiga itu disengaja

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.