D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Agu 2013

20

NOSTALGIA RESTORAN TUA, TIP TOP

tip top
Awalnya sih ga niat mau makan di restoran yang udah lama berdiri ini. Niat awal kita itu pengen makan di soto udang Kesawan sana, yang sederetlah ama Tip Top Resto. Apa daya, karena si abang penjual soto masih dalam libur lebaran, warung sotonya ditutup dulu.

Soto Sinar Pagi yang kita datangin selanjutnyapun juga ga buka. Karena ga ada pilihan lain, kitapun mampir di Tip Top Restaurant.
Suasana Bagian Luar

Berdiri sejak tahun 1934, restoran ini favorit para tua dan muda untuk menikmati santapan lezat dan es krim klasik olahan sendiri. Dan memang yang terkenal dari menunya adalah es krim dan nasi goreng.
Pilihan Macam Es Krim

Appetizer pertama yang kita pilih adalah,

Sup jagung kepiting (Rp 17,000). Mangkoknya ukuran sedang, tapi masih cukuplah dicicipi oleh kita ber5. Kuahnya ga begitu kental, tapi jagungnya terasa dan cacahan daging kepitingnya lumayan banyak. Enak..:)
Sup Jagung Kepiting

Sup tomat sapi (Rp 13,000), appetizer yang aku pilih. Daridulu ntah kenapa aku paling suka dengan sup tomat. Bisa jadi karena pengaruh cerita novel remaja Lima Sekawan yang sering kali berpiknik dengan dibekali sup tomat ;p. Dan sup tomat sapi ala Tip Top inipun ga kalah enak. Dengan harga yang sangat murah, tapi porsi yang ngenyangin, beneran ga bakal nyesel untuk order menu ini. Rasa supnya sendiri, sedikit asam tapi segar, dan ada campuran kacang polongjuga jamur di dalam. Juga of course, daging sapi cincang  yang bikin rasa gurih kaldunya makin terasa. Perut mulai kenyang sebenernya setelah mencicipi 2 appetizer sop ini.
Sup Tomat Sapi

Untuk makanan beratnya, masing-masing dari kita memilih,

Nasi goreng udang (Rp 26,000). Udangnya lumayan banyak, rasa nasi gorengnya enak, dan karena kita minta yang pedes, terlihat taburan cabe rawit potong disebar di antara nasinya. Whoooaaa, mantebh!!  Masih panas, dan pedas yang membakar gini makanan yang paling aku suka.
Nasi Goreng Udang

Kwetiau kuah (Rp 23,000) pesanan suamiku juga enak. Mienya kayak melting di tenggorokan. Ada udang, sayuran dan telur dicampur ke dalamnya. Kuahnya itu ajjiiibb ^o^ dan segeerr banget. Tapi menurutku sih ya, porsi kwetiaunya terlalu gede. Secara karena kandungan karbonya tinggi, semangkok gede kwetiau udah pasti bikin cepet kenyang.
Kwetiau Rebus

Ifumie goreng (Rp 23,000). Buatku, ini yang paling enak dari semuanya. Daging, udang, sayuran, toge dan taburan bawang goreng, bikin Ifumie ini wangi dan membangkitkan napsu makan. Cara gorengnya juga bagus. Ga berminyak yang bikin tenggorokan gatel. Bumbu Ifumienya mantebbh dan pas. Kasih deh potongan cabe rawit, supaya rasanya kayak mulut sedang keluar api ;p Luv it..
Ifumie Goreng

Nasi goreng ham dan telur. (Rp 26,000). Potongan beef hamnya banyak, dan dengan size yang pas untuk digigit. Ga terlalu kecil. Telurnya sendiri udah diorek-orek ke dalam nasi. Potongan pedas cabe rawit lagi-lagi banyak tersebar di atasnya. Udahlah, ga perlu komen apa-apa. Aku SUKA nasi goreng ini ^o^
Nasi Goreng Ham & Telur

Untuk minuman, kita banyak memesan jus segar seperti terong Belanda (Rp 13,000), semangka (Rp 13,000), Jus alpukat yang enak banget walo diminum tanpa susu kental manis coklat (Rp 15,000), juga kita pesen soda susu dengan soda cap badak (Rp 14,000), yang di Jakarta kayaknya udah langka banget tuh barang. Terakhir untuk suamiku, dia memesan es Johor ( Rp 17,000), yang kalo aku liat sepintas sih mirip es campur. Ada es serut yang dituangi susu kental manis dan sirup, lalu di dalamnya dimasukkan potongan-potongan cincau, peach, apel, dan buah-buahan segar lainnya. Refreshing di hari yang panas terik seperti cuaca di Medan.
Ki-ka: Soda susu, jus semangka dan jus terong Belanda
Jus alpukat
Es Johor

Untuk dessert, jelaslah kita memilih es krim andalan restoran ini ^o^. Ada banyak pilihan  dan jenis. Semuanya terlihat menggoda dan menggugah selera. Tapi akhirnya kita memilih,

Es krim Carmen (Rp 16,000). Dihidangkan dalam gelas kecil aluminium berkaki tinggi. Es krim olahan sendiri yang berwarna kuning, ditaburi kacang yang dicacah kasar, susu coklat, dan potongan peach. Hiasan buah cherry merahpun diletakkan di puncak es krim. Tapi aku bingung menentukan rasa es krim bikinan sendiri yang berwarna kuning ini. Manis, tapi hanya itu. Ga ada rasa jeruk ato peach ato apalah. Teksturnya juga beda ama es krim-es krim seperti  Walls ato yang lain. Sedikit kasar, tapi sebenernya tetep enak.
Es Carmen

Morkop (Rp 16,000), ini yang paling enak dari es krim-es krim lain yang kita pesen. Bentuknya juga unik, seperti jamur yang kepalanya dituang coklat kental :). Bagian atas dan bawahnya itu terbuat dari biskuit yang lembut. Es krim rumahannya juga sama seperti yang punyaku, berwarna kuning. Kayaknya cirikhas homemade ice creamnya begini semua ya??
Es krim Morkop

Mexicaner Ice Cream (Rp 16,000). Ini hampir sama ama Carmen. Bedanya, ga ada taburan kacang parut aja di sekeliling es krimnya.
Mexicaner Ice cream

Ystaart ( Rp 17,000). Lebih cocok dibilang Ice cream cake 😉 Di dasarnya bolu yang dipotong setinggi  1.5 cm, lalu di atasnya terdiri dari susunan 3 lapis es krim, coklat, vanilla, dan strawberry. Not bad, lumayan suka ama rasanya. Potongan slicenya juga lumayan gede.
Ystaart

Sayangnya nih, kue basah seperti risol, kroket dan lain-lain lagi ga dijual. Padahal menurut adikku, kue-kue basah Tip Top ini juga juara. Mungkin kalo ga bisa nyicipin sekarang, itu artinya, aku bakal datang lagi ke sini untuk mencicipi kue-kuenya 😉
Potongan Artikel Tentang Tip Top

2 tanggapan untuk “NOSTALGIA RESTORAN TUA, TIP TOP”

  1. alfi kamal fikri mengatakan:

    Komentarmu seperti pakar kuliner profesional dengan jutaan bahasa ala farah queen yang agak sulit dipahami orang awam yang hanya mengerti kenyang…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.