D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Okt 2014

14

KUSUMA SARI, HARUS RADA BARBAR MAKAN DI SINI…

kroket mayo dan kroket mini

Kalo ada restoran di mana kita harus berlaku sedikit barbar, Kusuma Sari mungkin bisa dijadiin contoh. Gimana ga, ni restoran selalu rame, terlebih jam makan siang ato malam. Tapi yang bikin gondok dan emosi jiwa, masa ga ada gitu sistem waiting list dari restorannya. Mbok ya diatur itu pembeli yang lagi antri. Karena  pas kita datang kesana, sempet bingung banget ini kenapa udah kayak pasar dalam restoran. Pas nanya ke kasirnya, malah dijawab, “Ga ada sistem antri Bu. Jadi Ibu tungguin aja meja mana yang mau selesai.”

Buset dah, rebutan  dong jadinya ama pembeli lain yang mungkin juga ngincer meja yang sama. Hufftt…Males gila tauuu. Belum lagi ngebayangin, emang enak ya makan sambil ditungguin ama orang lain di deket kita, karena dia mau mencaplok itu meja begitu kita selesai makan??! Tapi berhubung mama mertua udah mempromosiin restoran ini dari kemarin dan bilang wajib dicoba karena rame banget, akupun terpaksa nahan-nahanin diri untuk ga BT ngeliat kerumunan massa begini.

Akhirnya… setelah tanteku berhasil berjibaku memperebutkan meja dari pembeli yang udah mau selesai, kitapun dapat meja dan bisa duduk. Pelayan langsung datang dan membawa sebuah buku menu yang ‘ya ampun kumel banget dan plastik laminatingnya udah mulai terkelupas gitu’

DSC05646 buku menu kusuma sari

Jadi, restoran Kusuma Sari  selain bergerak di bidang restoran, juga sering menjadi catering langganan acara pernikahan di Solo. Makanya porsi yang disajikan cendrung kecil sesuai porsi makanan di acara wedding. Tapi range harga yang ditawarkan  juga ga mahal. Mulai dari Rp 5,500 – Rp 15,000 only!! Murah banget kan! ^o^

Aku memesan Kroket Mini dan Kroket Mayo yang katanya wajib dibeli kalo makan di sini :). Lalu soup Gelantine, Setup Makaroni, Steak Lidah, Selat Solo, dan Soup KusumaSari. Semuanya tanpa nasi. Porsinya setelah diliat sendiri emang kecil, tapi sebenernya malah pas dan bikin perut nyaman karena ga bikin begah.

DSC05639 kroket mayo dan kroket mini

Kroket Mini dan Kroket Mayo, hanya beda ukuran dan penyajian. Sesuai nama, mini, kroket ini lebih kecil daripada kroket satunya. Tapi rasa identik sama. Aku pikir Kroket Mayo itu bakal ada Mayo sebagai isian. Tapi ternyata mayonya dijadikan cocolan terpisah, yang sepintas aku kira gel Nenas. Mayo nya orang Solo ini ga berwarna putih kayak Mayonaise biasa, tapi berwarna kuning dan rasanya manis sedikit gurih. Enak sih dan ga terasa amis samasekali mengingat bahan bakunya yang terbuat dari telur. Saat dimakan barengan ama kroket, malah bikin rasa kroket yang udah gurih dan lembut, jadi makin kaya rasa dengan campuran manis yang pas.

Steak lidah  jadi pesananku. Porsi pas, ga terlalu gede, tapi padat dengan potongan wortel, kentang, kacang polong, tomat, telur, selada dan mayo kuning tadi. Lidahnya empuk dan ga berasa bau hanyir sapi. Dengan kuah yang  light , ga bikin eneg. Rasa manis dari Mayo kuning membuat hidangan ini jadi tambah gurih.

steak lidah

Selat Solo yang jadi pesanan Tante, sekilas mirip banget ama steak lidahku, hanya ditambah keripik kentang dan bombay. Soal rasa ga jauh bedalah..Sama-sama enak 😉

selat solo

Setup makaroni yang tadinya untuk Fylly, yang rada biasa, malah cendrung ga enak. Pas dicicip hambar bok. Trus lagi… paling sebel deh, kalo nemuin makaroni masih dalam bentuk panjang-panjang gini. Ga menarik jadinya..

setup makaroni

Lalu ada Soup Gelantine punya suami yang  walo sekilas ga menarik, tapi pas dicoba ternyata lumayan seger. Kuahnya  ga hambar, masih hangat, ada potongan jamur, wortel, dan polong yang masih seger dan irisan daging gulung yang mantep sizenya. Rasa daging not bad lah, sayang ga ada nasi ;p Padahal udah cocok banget dimakan ama nasi panas 😉

soup gelantine

Sedikit berbeda dengan Soup Kusumasari. Daging gulungnya lebih kecil dan di tengah-tengah dimasukkan sosis. Rasa sih samalah…

soup kusumasari

And the last one, makan siang kita kali ini ditutup dengan menikmati segelas es campur ala KusumaSari, yang disajikan dalam gelas tinggi, berisi kolang kaling, kelapa muda, nenas, cincau hitam, dicampur dengan sirup merah segar. Soal rasa sih ga spesial, tapi lumayanlah untuk nyegerin mulut yang daritadi udah puas nyicipin rasa gurih  mulu.

es campur kusuma sari

Jadi nih,  meski rasa masakan lumayan enak, tapi next time aku ogah datang kesini saat jam makan. Males banget ga sih rebutan tempat duduk ama orang-orang gitu. Barbar bingiiit ;p. Saran aja, mending datang pagi sekalian jadi belum terlalu rame.

 

 

 

Alamat: Jl Yos Sudarso 81 (Baru 12), Solo

Telp: 0271- 656406

18 tanggapan untuk “KUSUMA SARI, HARUS RADA BARBAR MAKAN DI SINI…”

  1. catatannobi mengatakan:

    kangen selat solo jadinya 😀
    btw makasih infonya,bsk nyoba kesini

  2. DebbZie Leksono mengatakan:

    penasaran pengen cobain selat solo 😀
    aku juga, Fan…paling males kalo mau makan mesti rebutan meja gitu

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      tp selat solo yg mantep itu ttp di selat solo mba lis, Mba Deb.. cuma kalo yg ini enak jg..sayang porsinya ga semantep yg Mba lis sana.. lokasi solo juga kok..

  3. Beby mengatakan:

    Males kali Kak, kalok pas lagi makan uda dideketin orang yang mau ambil meja kita.. Kalok aku jadinya bakalan ku lama-lamain. Bahahahah.. 😀

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      makanya Beb, aku rada ga napsu makannya… -__- Pas tau disuruh rebutan gitu, aku milih duduk manis ajalah..Untung tanteku sigap hihihi

  4. fandhy mengatakan:

    wah selat solo :9 kayaknya enak tuh

  5. alvi kamal mengatakan:

    Kayak kriteria restoran di ternate 😀 hahaha… emang rada bikin emosi kalau ada tamu yang datang lebih belakangan dan bisa merebut meja dari kita yang datang duluan….
    Tapi makanannya kali ini kok kayak kurang cocok sama lidahku hahah 😀
    Semangat kaka nulisnya…

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hahh…di Ternate gitu jg di restorannya @_@??

      Kroketnya enak sih Vi ;)…yg lain lumayan, walo memang penampilannya so-so bgt yaa 🙂

      • alvi kamal mengatakan:

        Cari tempat konsumsi yang enak dan kece di ternate itu susah bangett… makanya saya gak pernah mau membuat artikel tentang resto di ternate…
        Selain servicenyayang ancurr rasanya juga so-so

  6. kharis mengatakan:

    Apa ada diskon di hari tertentu??? Saya jadi ikutan lapar neh, tanggung jawab ya….

    Salam Kenal Kawan

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      Setauku sih wktu itu ga ada diskon mas :).. Ah, tapi harganya udah murah banget walo tanpa diskon 😀

  7. armae mengatakan:

    Ngebayanginnya aja udah serem. Kayaknya aku gak bakal kesana juga deh mbak, gak ahli kalo masalah rebutan rebutan. Hehehe

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      hAHAHAHA, Aku jg males mba.. kalo bukan tanteku yg perkasa ngerebutin meja, mnding pulang deh ;p..Untung rasa masakannya lumayan ;p

  8. Yunasri mengatakan:

    Saya dulu lumayan sring makan dibsitu, krna orang solo..sekarang saya tinggal di bekasi jd jarang, pas kesana lagi udah rame n antri bgt..klo dulu tidak..tp ada cara lain..di dekat BCA pusat ada juga kusuma sari, memang cabangnya..ada lagi di samping keraton..memang yg paling rame yg di nonongan..tp klo lg rame larinya kita ke samping BCA pusat di Gladak..he..

    • Fanny Fristhika Nila mengatakan:

      jiaaaah aku baru tau… tx infonya.. kalo ntr mudik ke solo aku mau coba yg samping bca deh ;).. kroketnya emg enaaak 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.