D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Okt 2013

19

HIDUPKU SEHAT DAN TERATUR SELAMA BOOTCAMP ^o^

bootcamp
Saking susahnya nyusun cuti di kantor, kesempatan 2 hari 1 malam untuk training di Sukabumipun, langsung aku sambut dengan gembira. Berangkat pagi jam 7.30 pas dari Jakarta, menggunakan bus charter Bluebird, yang nyaman dan bersih. Tujuan kita kali ini Cicurug, tempat training Service Quality Centre bootcamp berada.
Selamat datang di Bootcamp 😉

 

Perjalanan yang harusnya hanya 2 jam, agak sedikit molor dikarenakan ada jembatan ambruk sore kemarinnya, sehingga jalur yang tadinya 2 arah, ditutup, sehingga hanya tersisa yang satunya. Saling bergantian jalan antara arah yang 1 dengan sebaliknya, mau ga mau harus dilakukan.

Tempatnya ternyata masuk kedalam. Jadi setelah melewati TAMAN ANGSA, belokan pertama di kiri, kita langsung masuk. Lalu jalan terus sampe akhirnya melewati SERVICE QUALITY CENTRE yang luasnya mencapai 7 hektar.  Training centre ini merupakan salah satu cabang yang dibuka di Indonesia, dengan pusatnya di Singapura. Merupakan Service training centre yang dipunyai oleh Maskapai penerbangan Singapore Airlines untuk mendidik staffs mereka mengenai service excellent yang harus senantiasa diterapkan dalam pelayanan penerbangannya. Ga heran, SQ selalu bisa menjadi top maskapai dengan pelayanan mereka yang sangat memuaskan, dan yang terpenting KONSISTEN. 

Itu juga yang menjadi alasan HSBC untuk menyewa jasa SQC, supaya staffs HSBC kedepannya memiliki visi yang sama dalam melayani nasabah dengan tagline barunya, ‘I CARE, DO YOU?’, menggantikan tagline lama yang berbunyi, ‘HSBC, THE WORLD’S LOCAL BANK’

Aku ga bakal nulis poin per poin yang diajarkan oleh trainer di sana ke dalam blog. Cuma mau menggambarkan apa yang kita rasain selama 2 hari 1 malam training di sana.

Seru…Seru…Seru…. ^o^ Kayaknya 2 hari 1 malam malah kurang untuk semua peserta. Banyak yang meminta training batch 2 dan 3 nantinya akan lebih lama dari yang pertama. Bukan hanya materi yang disampaikan dengan cara yang luarbiasa menarik, ga bosenin dan sangat interaktif, tapi juga suasana bootcamp yang sejuk, bersih, makanan banyak melimpah dan enak, juga pemandangan gunung Salak yang terlihat jelas dari taman depan Bootcamp.
Pemandangan Gunung Salak yang bisa dilihat tiap pagi
Salah satu bangunan untuk training
Bagian atas kamar-kamar, dan bawahnya ruang makan dan belajar

 

Begitu sampai di lokasi, kita di briefing singkat oleh trainer, Pak Joseph, yang menjelaskan lokasi bootcamp ini seluas 7 hektar in total, tapi yang baru dibangun hanya 3 hektar. Jadi masih ada sisa 4 hektar lagi yang berupa tanah dan pepohonan dibiarkan kosong. Untuk wilayah seluas itu, mereka hanya memiliki 4 staff utama, kurang lebih 4 orang yang dipanggil untuk bersih-bersih dan 12 penjaga ato satpam. Agak sedikit shocked sih.. Karena tempatnya ga bisa dibilang kecil dengan hanya 4 orang yang bertugas bersih-bersih. Udah kebayang beratnya menjaga tempat sebesar ini agar bisa selalu terjaga, dan rapi. Karena saat aku datang, semua yang terlihat, mulai dari taman, jalan, toilet, ruang mandi, ruangan-ruangan yang akan kita pakai belajar dan makan, semuanya bersih dan tertata baik. Hebat, mereka semua bisa total bekerja membereskan itu semua.
Bagi yang ingin berolahraga
Hijau di mana-mana

 

Saat pembagian kamar, kita diinstruksikan untuk memasang sendiri sepre dan sarung bantal yang sudah disediakan. Dan itu wajib dilakukan oleh semua peserta , termasuk CEO HSBC yang nantinya juga ikut dalam training di hari yang berbeda dengan kita.

Bukan hanya memasang seprei, kita juga dibagi ke dalam 3 team, untuk mempersiapkan makan siang, malam, dan makan pagi esok harinya, yang akan disajikan untuk semua peserta training. Makanannya sendiri udah dimasak dan disediakan oleh pihak katering. Tugas kita hanya menyajikan layaknya di restoran dan melayani semua peserta layaknya tamu. Di akhir acaranya, apa yang telah dilakukan oleh team serving tadi akan dinilai oleh team yang dilayani. Apa kekurangannya, apa kelebihannya. Dan itu semua akan jadi masukan di team selanjutnya yang bertugas melayani. Seru!!

Saat makan yang selalu ditunggu

 

Beberapa games yang diadakan juga berkaitan dengan Service Quality. Di mana kekompakan, kecepatan, dan kreativitas peserta diuji. Kita yang mengikuti training bener-bener merasa ga bosan dan menunggu-nunggu waktu belajar selanjutnya.

Waktunya berolahraga

 

Besok paginya, jam 6 tepat kita mulai keluar untuk olahraga pagi. Menikmati sejuknya lokasi training, hijau pohon dan suara burung, dengan pemandangan gunung Salak yang spektakuler, rasa-rasanya ga pengen pulang balik ke Jakarta. Gila ya…apa pensiun ntar aku tinggal di sini aja ;p Adem, sejuk, stress ilang….

 

Yang lumayan berkesan saat bootcamp, di akhir acara, kita dikumpulin semua dan dibagi kembali ke dalam 3 team. Tujuannya untuk………Membersihkan WC yang jumlahnya banyak ;p, ngebersihan ruang belajar kita yang luasnya juga banget-banget, dan ngebersihin lantai 2 di mana kamar-kamar kita terletak. Buahahahaha….langsung bingung pilih yang mana.. Secara 3-3 nya lumayan gede dan luas. Tapi setelah diundi, aku mendapat kehormatan untuk bergabung dengan team yang membersihkan…………………Jeeeengg..jeeeengggggg…….. WC!! Gubrak…

Deretan kamar mandi yang harus kita bersihin
Ruang makan dan belajar (paling ujung) yang juga harus dibersihkan

Semua peralatan udah disediakan, dan kita ber-6 langsung menuju ke arah kamar mandi untuk ngebersihin semuanya. Di situ, aku baru ngerasain beratnya menjaga dan bikin area 3 hektar yang udah dibangun agar tetap bersih dan terawat. Gila maaannnn….capek bangettt. Padahal itu baru ngebersihin WC yang ada di bangunan tempat kita belajar doang. Dan cuma 1 deret yang kanan aja lagi… Jadi deret yang kiri itu akan dibersihin ama peserta training dari perusahaan lain yang kebetulan juga bareng ama kita. Salutttt ama penjaga-penjaga di sini. Dengan staff yang sangat sedikit tapi bisa merawat area bootcamp tetep bersih, kinclong dan well maintained. Aku dan team langsung tepar abis bersihin itu WC.

Satu-satunya POJOK ASAP untuk merokok yang ada 1 di tiap bangunan

 

1 lagi yang ga bisa dilupain dari bootcamp, bener-bener ya bokk.. hidup terjamin ;p Makan pagi siang malam plus snack yang enak-enak di sela-sela belajar, dan jadwal yang on time bikin kita  semangat tiap belajar. Bener-bener bebas stress dari tekanan kerjaan dan nasabah gila yang kadang meneror hidup kita ;p.

 

Anyway, rencananya bootcamp ini bakal diadain lagi untuk  part 2 dan 3. Mungkin tahun 2014 nanti. Yang pasti, ga sabar untuk ikutannn!!! ^o^

Bersih, dan terawat baik, meski staffnya sedikit

 

 

2 tanggapan untuk “HIDUPKU SEHAT DAN TERATUR SELAMA BOOTCAMP ^o^”

  1. cumilebay.com mengatakan:

    Eh busyet disuruh masang seprei + bersihin kamar mandi sendiri ???? Oh tidakkkkk #malesss

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.