D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Agu 2013

16

COCOL-COCOL KERANG REBUS

kerang-rebus
Berhubung perut sepertinya masih bisa diajak kompromi untuk nyemilin makanan kecil setelah makan besar di IKAN BAKAR MASTO tadi, kitapun  berhenti di Kerang Rebus Sumatera, juga di daerah Ring road. Tempatnya luas, walo sangat sederhana. Tapi ga mengurangi minat orang-orang untuk makan di sana. Terbukti dari banyak sekali pengunjung saat kita datang. Susunan meja kursinya dibuat sesantai mungkin. Beberapa diletakkan di luar, dan sebagian lagi berada di bawah terpal, mengantisipasi kalo hujan turun. Bagi yang ingin melihat kerang-kerang yang dijual, bisa langsung menuju bagian depan tenda dan memilih kerang-kerangnya. Ada beberapa jenis kerang, yang bahkan beberapa di antaranya belum pernah aku liat, apalagi coba. Dan setelah bertanya ke si abang penjual, dipilihlah kerang dara, kerang ijo, panggang pulut, piso lipat dan siput macam untuk menu cemilan kita.
Lokasi Kerang Rebus Sumatra
Lumayan Enak Untuk Nyantai

Kerang-kerang ini ditaro dalam piring kecil yang cukup untuk 1 orang. Seporsi kurang lebih Rp 10,000 – Rp 15,000. Ada 2 saus untuk menemani cocolan kerang-kerang ini. 1 saus berwarna hijau, terbuat dari cabe dan rasanya pedas, dan 1nya saus campuran nenas dan kacang. Jadi kalo ingin rasanya lebih pedas, campurkan saus hijau tadi ke dalam saus nenas dan kacangnya. Dijamin, hot and slurpyyy bangettt..
Saus Hijaunya Yang Pedas
Saus Nenas + Kacang yang Gurih

Kerang dara dan kerang ijonya, biasalah ya… Sama aja kayak yang dijual di Jakarta. Tapi di sini jadi lebih nikmat karena sausnya itu yang beda ama saus di Jakarta. Jauhh lebih enak. Daging kerang dara dan kerang ijonya juga gede-gede. Makan 2-3 piring aja perut udah mulai kenyang.
Kerang Dara
Kerang Ijo

Kerang panggang pulut, haven’t tasted this kind of clam before. Yang menarik perhatian, cangkangnya itu besaaarrr.. Tapi daging di dalamnya juga jauh lebih besar dari kerang dara dan kerang ijo. Pantes aja mereka cuma kasih 3 potongan untuk seporsi. Rasanya ya…. lembut, dan pasti mouth watering sekalliiiii ^o^. Belum lagi perpaduan rasa sausnya yang cocok banget untuk kerang-kerang ini. Dan menurutku, kerang panggang pulut ini yang juara dari semua kerang lainnya.
Kerang Panggang Pulut
Besar dan Mantep Digigit ^o^
Porsi Pertama yang Kita Santap 😉

Kerang piso lipat. Ntah kenapa dinamakan piso lipat. Tapi saat disajikan kerangnya  udah dipotong-potong, dan lepas dari cangkang. Jadi kita bener-bener cuma tinggal makan tanpa harus repot-repot lagi. Dagingnya lebih tidak berair daripada kerang-kerang yang lain. Tapi tetep enak kalo dimakan dengan sausnya. Tanpa saus, rasanya agak sedikit seret di mulut.
Kerang Piso Lipat

Siput macan. Nahhh, ini yang sebenernya agak-agak jijik untuk dimakan ;p. Secara ya… bekicot hidup yang berlendir aja udah bikin aku kelojotan, karena basically aku benci ama semua binatang yang jalan pake perut gitu. Tapi dipikir-pikir, sekali seumur idup ga ada salahnya nyobain makanan yang ga biasa ;). Dan akupun memesan seporsi siput macan. Dagingnya dikeluarkan dengan menggunakan lidi, dan thank God, karena saat itu malam dan penerangan juga cuma remang-remang, aku ga perlu melihat secara jelas bentuk dagingnya. Bisa-bisa langsung ga napsu makan. Jadi cepet-cepet tarik dagingnya dengan lidi, lalu tusuk pake garpu dan celupin ke saus. Makan deh… Rasanya, mmmmm…not bad sih. Asal jangan dibayangin bentuk aslinya ;p. Cuma saat piring kedua dari siput ini kupesan, mulai deh agak-agak eneg gitu. Ntah karena kekenyangan, ato gara-gara siputnya. Jadi aku stop daripada muntah-muntah nantinya.
Siput Macan
Jangan Bayangin Bentuk Hidupnya Saat Makan ;p

So in overall, warung KERANG REBUS SUMATRA ini wajiblah untuk didatengin kalo nanti ke Medan lagi. Apalagi untuk pecinta kerang-kerangan. Nyobain semua macam jenis kerang yang dijual, bisa milih sendiri, dengan harga terjangkau lagi 😉

Tapi katanya nih, menurut adikku, ada 1 tempat lain yang menjual kerang rebus dengan sambel yang jaauuuhhh lebih enak daripada saus kerang rebus Sumatra. Namanya KERANG REBUS MURNI. Beda lainnya, kerang yang dijual cuma 1 macam, kerang dara only.. Sayang aku ga sempet kesana untuk nyicipin sensasi sausnya yang enak banget itu. Next time , pasti 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.