D'Cat Queen

Because Travelling is not just a passion, it is a life need!

MENU

Jan 2014

15

CEMAL CEMIL ANEKA JAJANAN DI SOLO

yumende
Ke Solo, ga lengkap rasanya kalo ga mengeksplor aneka macam kulinernya , mulai dari kelas makanan berat, sampai yang hanya sekedar cemilan. Selalu aja ada yang baru tiap kali datang ke kota satu ini. Dan apa yang aku tulis sekarang, itu hanya sebagian kecil dari banyak sekali jenis ragam makanan di Solo 😉

 NASI LIWET YU MENDE
Nasi liwet, ato dikenal dengan nasi uduk di Jakarta, adalah makanan yang banyak banget dijumpai kalo ke Solo. Bedanya dengan nasi uduk, mungkin dari variasi lauknya.  Kalo nasi liwet, biasanya memakai suwiran ayam, ato potongan ayam utuh, telur, kumut, dan sayur labu. Biasa dibungkus pake daun pisang, sehingga mengeluarkan aroma khas saat dimakan. Salah satu nasi liwet langganan keluarga suamiku, ya nasi liwet Yu Mende  ini. Jualannya deketan ama SATE AYAM PA SYAM yang aku ceritakan di postingan sebelumnya. Bedanya, Yu Mende jualan pagi hari, dan P Syam jualan malam hari.  

Adeknya Yu Mende menyiapkan pesanan nasi liwet kita
2.

Aaakkkk..liat cabe rawit di sayur labunya ^o^!!!
 

Nasinya gurih, ayamnya empuk, campur deh ama sayur labu cabe rawit tadi 😉

     

   

     JENANG LEMU + CEKER
Jenang itu berarti bubur. Lemu artinya gemuk. Jenang lemu berarti bubur gemuk ?? ;p Kalo menurutku sih artinya bubur berlemak tinggi yang bisa bikin gemuk , hihihii… Tapi gimana ga berlemak, kalo buburnya dikasih lauk gudeg lengkap dengan krecek dan telur, plus lagi CEKER!! Kolesterol tinggi semua kan ??! Makanan ini banyak ditemui di pasar-pasar tradisional Solo. Soal rasa, aku sih suka ya. Tapi opini jujur untuk cekernya, ga gitu doyan yang 1 itu. Soalnya gede-gede, jadi geli pas mau makan.  Kaki ayam broiler banget nih ;p. Emang sih dagingnya jadi lebih banyak, tapi rasa bumbunya kurang meresep. Cuma di permukaannya aja.

Jenang lemu
3.

Gudeg ceker

 

    
     BAKSO KLEWER
Saat lagi berburu batik di pasar Klewer deket rumah, ga sengaja kita malah nemuin warung bakso yang lumayan rame di dalam pasarnya. Berhubung badan udah capek dari tadi ngiderin pasar, duduk dulu deh sebentar sambil  nyeruput bakso panas. Apalagi di luar hujan lagi deras-derasnya ;p

Sepintas baksonya sama aja dengan bakso-bakso yang lain. Bedanya, bakso di sini dikasih pangsit goreng dan babat!! Rada takjub melihat babatnya bisa berwarna putih bersih begini ;p. Rasa kuahnya gurih, baksonya juga enak. Tambahan tetelan daging malah menambah sedap rasa baksonya.

Semangkuk bakso Klewer 😉

Aku ga begitu tau harga aslinya. Tapi 3 mangkok bakso yang kita pesen, es jeruk dan teh manis panas, plus gorengan-gorengan, hanya menghabiskan total Rp 45,000 saja 😉 Surga banget ya jajan di Solo…

2 tanggapan untuk “CEMAL CEMIL ANEKA JAJANAN DI SOLO”

  1. Alfi kamal fikri mengatakan:

    Jadi telan ludah sendiri… semaunya kelihatan enak…XD tapi agak aneh juga tampilan jenang lemunya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

«

About Me

Fanny Fristhika Nila

Email: fannyfristhika@gmail.com

My Twitter: @f4nf4n

Lihat profil lengkapku

Follow Me

Subscribe Tulisanku


Delivered by FeedBurner

Archive

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.